Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Perlukah Nabung Saham?

El Heze
Nabung saham merupakan program investasi saham yang dilakukan dengan membeli saham secara bertahap dan rutin dengan modal kecil. 



Sehingga, kalau anda ingin investasi saham tetapi modal anda masih relatif kecil, anda tetap bisa investasi saham. Caranya dengan menabung saham itu tadi. Anda beli saham sedikit demi sedikit dan lakukan secara rutin tiap bulan. Konsepnya mirip seperti menabung.  

Anda bisa pelajari juga lebih jelas tentang menabung saham disini: Nabung Saham, Apakah Harus Beli Saham Rutin? dan Penjelasan Cara Menabung Saham.   

Dengan gencarnya program nabung saham dari Bursa Efek dan kantor sekuritas, maka tren nabung saham sepertinya meningkat. Semakin banyak investor saham pemula yang ingin mulai menabung saham. 

Pertanyaannya: Apakah nabung saham itu diperlukan? Apakah dengan menabung saham, profit anda dalam jangka panjang semakin besar? Apakah ketika anda membuka rekening saham, sebaiknya anda juga mulai menyisihkan modal untuk nabung saham?

Kalau anda sudah belajar saham dan memutuskan untuk beli saham, maka anda tidak harus menabung saham. Menabung saham itu bagus, namun tentu saja bukanlah kewajiban. 

Karena faktanya, banyak rekan yang memaksakan untuk nabung saham, padahal nabung saham sebenarnya bukan karakternya. Di pos ini, kita akan bahas dalam hal apa anda sebaiknya mulai menabung saham, dan dalam hal apa sebaiknya anda nggak perlu nabung saham.  

ANDA PERLU MENABUNG SAHAM JIKA: 

1. Anda punya tujuan investasi di saham 

Buat anda yang memang punya tujuan untuk investasi jangka panjang.. Anda memulai investasi dengan modal kecil. Maka nabung saham merupakan strategi yang tepat untuk anda terapkan. 

2. Anda lebih tertarik dengan analisa fundamental

Analisa teknikal (chart) dan anaisa fundamental adalah dua analisa utama yang harus anda kuasai untuk memilih saham bagus. Anda harus cross cek, apakah anda lebih cocok menjadi seorang teknikalis atau fundamentalist. 

Kalau anda lebih suka menyimpan saham dalam jangka panjang. Anda lebih suka mempelajari laporan keuangan, kondisi perusahaan, dibandingkan membaca grafik saham dan mengamati market. 

Maka anda bisa membeli saham untuk investasi. Nabung saham adalah strategi investasi yang cocok untuk anda (membeli saham secara bertahap). 

Nabung saham juga harus dilakukan dengan strategi yang benar. Anda harus memilih saham yang baik (bagus secara fundamental, dan menguntungkan buat jangka panjang). Anda harus membeli saham dengan momentum yang tepat. 

Karena strategi nabung saham yang salah dan mengabaikan analisa fundamental & momentum, tidak akan menghasilkan profit dalam jangka panjang. 

Anda bisa pelajari strategi-strategi nabung saham dan cara memilih saham untuk investasi jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Pemula - Expert. 

ANDA TIDAK PERLU MENABUNG SAHAM JIKA:

1. Anda lebih suka trading jangka pendek

Buat anda yang suka trading, mengamati market, menganalisa pergerakan saham2 melalui analisa chart, maka ada baiknya anda tetap fokus di trading saham. Anda tidak perlu memaksakan untuk menabung saham jangka panjang. 

Kecuali memang anda sudah membagi modal, misalnya sebagian untuk trading saham dan sebagian lagi buat nabung saham, maka anda bisa menerapkan strategi kombinasi yaitu trading dan investasi saham.  

2. Anda tidak bisa menyimpan saham terlalu lama 

Menabung saham berarti anda harus menyimpan saham jangka panjang (paling tidak 9 bulan sampai 1 tahun). Kalau anda tidak tahan untuk menjual saham yang sudah naik, kemungkinan besar anda kurang cocok menerapkan strategi nabung saham. Anda lebih cocok menjadi trader. 

3. Anda nabung saham sekedar ikut-ikutan 

Banyak orang yang memaksakan untuk menabung saham karena mendengar slogan dan ajakan2 untuk menabung saham. Ajakan2 menabung saham menurut saya bagus, dan tujuannya positif. 

Tapi anda juga harus menganalisa dan evaluasi diri sendiri. Karena tidak semua orang punya karakter yang cocok untuk nabung saham jangka panjang. Banyak juga trader yang lebih cocok untuk trading jangka pendek. 

Jadi menabung saham itu bukanlah kewajiban. Walaupun banyak ajakan, edukasi tentang nabung saham, anda nggak harus mengikutinya. Kalau anda memang lebih cocok trading jangka pendek, fokuslah ke analisa teknikal. Kalau anda cocok nabung saham, fokuslah ke analisa fundamental. 

Saham bisa menghasilkan profit, baik untuk jangka pendek maupun panjang asalkan anda menggunakan strategi yang nyaman dan bisa diterapkan untuk anda pribadi. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.