Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dividend Trap pada Dividen Interim

El Heze
Kalau anda sering berkunjung ke web Saham Gain, kita sudah beberapa kali mengulas tentang dividen trap saham. Anda bisa pelajari disini: Dividend Trap Saham: Contoh dan Pola. Dividen trap seringkali terjadi pada saham-saham yang rajin bagi dividen, saham2 yang dividen per sahamnya besar. 


Biasanya dividen trap terjadi saat momen perusahaan membagikan dividen tahunan. Jadi sebelum tanggal ex date, harga saham akan tinggi sampai dengan tanggal cum date. Namun pada saat ex date, harga saham akan jatuh mengikuti nilai dividennya. 

Bagaimana kalau perusahaan membagikan dividen interim? Apakah dividen interim juga bisa menyebabkan dividen trap? Berdasarkan pengalaman saya: Ya. 

Baik dividen tahunan maupun dividen interim bisa menyebabkan dividend trap. Walaupun tidak 100% dividend trap itu ada, namun hal ini bisa terjadi saat dividen interim.     

Beberapa waktu lalu saham ASII akan membagikan dividen interim. Yap, ASII adalah salah satu saham yang rajin dan rutin membagikan dividen interim dan tahunan.

Sekarang kita akan lihat, apakah terjadi dividen trap pada saham ASII. Anda bisa perhatikan chart ASII beberapa hari sebelum ex date: 


Beberapa hari sebelum ex date dividen tidak ada tanda-tanda kenaikan harga saham yang signifikan. Pada tanggal cum date (lihat tanda panah), saham ASII juga hanya naik sedikit. Kenaikan ASII saat itu salah satunya juga dikarenakan faktor technical rebound market. 

Karena harga saham ASII cenderung stagnan menjelang pengumuman dividen, maka kita lihat harga saham ASII keesokan harinya saat ex date dividen:  


Perhatikan tanda panah. Pada saat ex date, saham ASII hanya koreksi sedikit, harga sahamnya nyaris tidak ada perubahan / sideways. Ternyata pembagian dividen interim tidak selalu membuat harga sahamnya jatuh saat ex date. Kesimpulannya, dividend trap tidak selalu terbukti, walaupun sahamnya rajin bagi dividen. 

"Bung Heze, berarti kalau dividen interim itu nggak ada dividend trap-nya ya? Sedangkan kalau dividen tahunan kemungkinan dividend trap lebih besar" Tanya anda penasaran. 

Tidak selalu. Ingat, bahwa dividend trap itu selalu terjadi, tidak peduli momennya tahunan atau interim. Jadi jangan salah beranggapan bahwa dividen interim berarti tidak ada dividend trap. 

Saham BBCA dan UNVR yang juga rajin bagi dividen interim, terkadang terkena dividend trap. Namun nilai penurunan harga saham akibat dividend trap yang terjadi saat dividen interim biasanya memang tidak sebesar saat dividen tahun. 

Mengapa? 

Karena nilai dividend per share (DPS) yang dibagikan saat dividen interim biasanya relatif lebih kecil dibandingkan nilai dividen tahunan. Nah, penurunan saham saat ex date, sehingga menyebabkan gap down, biasanya mengikuti nilai dividennya. 

Semakin besar nilai dividen per saham, maka penurunan harga saham saat ex date juga semakin banyak. Kalau dividen interim, biasanya nilai dividen tidak setinggi saat dividen tahunan. Jadi umumnya dividend trap-nya juga tidak terlalu signifikan.  

Tapi kalau harga sahamnya 'tenang-tenang' saja menjelang pengumuman dividen, seperti pada contoh saham ASII diatas, maka kemungkinan besar dividend trap saat ex date tidak terjadi. 

Hal ini berlaku baik untuk dividen interim maupun dividen tahunan. Sebagai trader saham, anda harus jeli mengamati pergerakan saham menjelang pengumuman dividen (jika anda mmebeli sahamnya). 

Kalau tujuan anda mendapatkan dividen, anda tidak perlu jual sahamnya saat cum date. Kalau anda tidak ada tujuan dapat dividen, dan harga saham anda naik drastis saat cum date, ada baiknya anda segera take profit, karena ada kemungkinan terjadi dividend trap.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.