Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Batubara

El Heze
Di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan batu bara yang go public / mencatatkan sahamnya di Bursa Efek. Artinya, sebagai investor saham, anda memiliki kesempatan untuk membeli saham batu bara yang listing di Bursa Efek.



Bagaimana cara membeli saham batubara? Sebelum kita membahas lebih lanjut, perlu anda ketahui bahwa untuk bisa membeli saham, semuanya dilakukan secara online yaitu melalui software online trading. 

Oleh karena itu, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas terlebih dahulu. Panduan cara membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online, bisa anda pelajari langkah2nya pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Kalau anda sudah memiliki akun saham, anda bisa langsung perhatikan langkah-langkah selanjutnya. Berikut adalah langkah-langkah cara membeli saham batubara

1. Mencari saham-saham di sub sektor batu bara 


Jumlah saham di sektor batu bara cukup banyak. Jadi anda harus mencari terlebih dahulu daftar saham apa saja yang ada di sektor batu bara. Setelah itu, anda bisa memutuskan untuk membeli 1 atau beberapa saham di sektor tersebut. 

Anda bisa lihat daftar saham batubara disini: Daftar Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI (belum terbit... Coming soon). 

2. Klik menu Buy -->Trade


Untuk bisa membeli saham batubara, anda harus login ke software trading dan pilih menu Buy --> Trade. Tampilannya kurang lebih seperti diatas. Semua software saham memiliki menu yang sama, hanya berbeda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software trading masing-masing. 

3. Kemudian muncul menu order buy seperti berikut: 

Cara membeli saham batubara
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham batubara, anda harus ketikkan kode sahamnya. Disini saya mengambil salah satu contoh saham batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Kode sahamnya adalah ADRO. 

Demikian juga untuk saham-saham batu bara lainnya, semua memiliki kode saham sendiri. Kode saham terdiri dari 4 simbol kode perusahaan. Anda bisa googling kode saham masing-masing perusahaan. 

Setelah anda ketikkan kode sahamnya, maka akan muncul tampilan harga saham permintaan (bid) dan penawaran (offer) seperti pada tanda persegi ungu diatas. Untuk melihat harga saham ADRO terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas, yaitu harga 1.105. 

Jika anda belum paham cara membaca antrian harga saham (bid dan offer), anda bisa pelajari disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham - Part I.

Perhatikan nomor 2. Untuk membeli saham batubara, anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Katakanlah anda ingin membeli saham ADRO pada harga Rp1.105 sebanyak 12 lot. 

Maka jumlah modal yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan saham ADRO adalah: Rp1.105 x 12 lot x 100 lembar saham = Rp1.326.000. Jangan lupa untuk menambahkan fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

4. Analisis teknikal dan fundamental saham batu bara 

Tujuan anda membeli saham adalah untuk mendapatkan keuntungan (profit). Oleh karena itu, sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis teknikal (grafik) jika ingin trading dan analisis fundamntal jika anda ingin investasi jangka panjang. 


Grafik saham batubara
Grafik saham (analisis teknikal) diperlukan agar anda bisa mengetahui apakah harga saham saat itu sudah bagus untuk dibeli, harga sudah murah atau masih terlalu mahal. Analisa grafik ini diperlukan supaya anda bisa membeli saham di harga yang bagus. 

Analisis-analisis yang perlu dipelajari yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental bisa anda pelajari disini: 
Itulah panduan cara membeli saham batubara. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.