Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Sektor dan Sub Sektor Saham

El Heze
Saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek dapat dibagi / diklasifikasikan ke dalam sektor-sektor saham / usaha. Sebagai contoh, saham SMGR masuk di sektor industri dasar dan kimia. Saham BBCA masuk di sektor finance. Saham UNVR masuk di sektor manufaktur sub sektor consumer goods dan lain2. 

Jenis2 sektor saham di BEI sudah pernah saya bahas juga disini: Daftar Indeks Sektoral Saham di Indonesia. Kalau anda sedang melakukan analisa2 saham, khususnya analisa yang berkaitan dengan membandingkan satu saham dengan saham lain, maka anda harus paham dengan klasifikasi sektor saham. 

Misalnya, anda ingin menganalisa apakah PER saham TKIM sudah murah atau masih mahal, maka anda harus mengetahui TKIM masuk di sektor mana dan saham2 apa saja yang ada di satu sektor yang sama dengan TKIM untuk dijadikan perbandingan analisa.  

Jadi di pos ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mencari sektor saham, sub sektor saham beserta daftar2 sahamnya. 

Cara Mencari Sektor dan Sub Sektor Saham 

1. Mencari sektor dan sub sektor saham beserta daftar2 saham yang ada di dalamnya bisa anda cari dengan mudah melalui situs: idnfinancial.com/id. Anda bisa buka situsnya. 

2. Untuk mencari sektor saham di BEI beserta daftar2 sahamnya, anda bisa buka menu Perusahaan. Tampilannya seperti dibawah ini: 

Sektor Saham
Yang saya beri tanda warna biru adalah sektor sahamnya, sedangkan tanda kuning adalah sub sektor saham. Jadi katakanlah meskipun saham CPIN dan saham SMGR masuk di satu serktor yang sama yaitu industri dasar dan kimia, tetapi kedua saham tersebut berada di sub sektor yang berbeda. 

Itu artinya, kalau anda mau melakukan analisa perbandingan PER, PBV atau analisa2 yang membandingkan saham2 di satu sektor yang sama, maka anda harus melakukan perbandingan berdasarkan sub sektor-nya, bukan berdasarkan sektornya saja. Anda harus membandingkan secara apple to apple. 

Seperti contoh analisa valuasi saham yang saya tulis disini: Cara Mengetahui Saham yang Undervalue (Valuasi Saham), maka kita membandingkan PER berdasarkan sub sektor saham, bukan berdasarkan sektor utamanya. 

3. Sekarang kita coba buka salah satu sub sektor saham. Disini saya akan melihat saham2 apa saja yang ada di sektor pertanian sub sektor perkebunan. 


Itulah saham2 yang masuk dalam daftar sub sektor perkebunan. Jadi kalau anda mau menganalisa perbandingan saham secara apple to apple, kelompokkan saham berdasarkan sub sektornya seperti langkah2 yang saya sebutkan diatas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.