Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Pengertian dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Laporan keuangan perusahaan (terutama laporan keuangan go public), terdiri dari empat komponen utama, yaitu laporan neraca (posisi keuangan), laba rugi, perubahan ekuitas dan arus kas. Namun setelah laporan arus kas, di halaman setelahnya anda akan menemukan: Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). 

Jadi CALK di laporan keuangan perusahaan go public akan anda temukan setelah laporan arus kas. 

Yap, CALK ini jumlah halaman cukup tebal (bahkan jauh lebih tebal dari laporan keuangannya itu sendiri). Lalu, apa kegunaan CALK? Mari kita bahas. 

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) adalah catatan yang memuat detail dan informasi mengenai profil perusahaan, kebijakan akuntansi dan angka-angka yang terdapat pada laporan keuangan.

Masih bingung? Mari kita langsung masuk ke contoh CALK. Disini saya akan menggunakan laporan keuangan PT Unilever Tbk (UNVR). Anda bisa download laporan keuangannya disini: Laporan Keuangan UNVR. 

Contoh CALK

Di laporan keuangan, CALK bisa anda lihat pada nomor-nomor yang tertera disebelah angka2 yang disajikan pada laporan. Misalnya, perhatikan laporan keuangan laba rugi Unilever dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

Anda bisa lihat yang saya kasih tanda lingkaran, hampir di setiap akun ada 'catatan' berupa nomor-nomor. Misalnya pada akun Penjualan Bersih, di sebelahnya ada catatan dengan nomor 2o, 23. Demikian juga dengan yang lain.

Inilah yang dinamakan dengan CALK. Catatan ini memberikan arti: Penjelasan, angka-angka dan detail lebih rinci tentang Penjualan Bersih sebesar Rp41.802.073 bisa dilihat di CALK nomor 2o dan nomor 23. 

Dengan kata lain, kalau anda ingin mengetahui dari mana angka Penjualan Bersih sebesar Rp41.802.073 didapatkan, anda bisa membaca rincian dan informasinya pada CALK nomor 2o dan 23. Oke, sekarang kita coba lihat informasi CALK di catatan 2o.


Catatan 2o memberikan informasi mengenai pengakuan penjualan secara keseluruhan dan penjualan ekspor. Pada catatan 2o tersebut, memberikan rincian dalam hal apa penjualan diterima dari pelanggan, dari mana pendapatan neto disajikan dan masih banyajk informasi lainnya yang bisa anda baca. 

Lalu, kita akan masuk ke catatan 23. Coba perhatikan catatan 23 laporan keuangan UNVR dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar


Di catatan 23 merinci lebih detail tentang perolehan penjualan bersih sebesar Rp41.802.073 yang ada di laporan laba rugi. Di catatan 23 dirinci mengenai berapa besar penjualan lokal dan ekspor, serta informasi tentang penjualan yang berasal dari pihak-pihak berelasi.  

Jadi kalau anda mau mencari informasi sebesar besar persentase penjualan ekspor dan lokal, anda bisa lihat informasinya pada CALK. Semua sudah disediakan. 

Demikian juga dengan akun-akun yang lain. Nggak cuma laba rugi, namun juga laporan neraca dan ekuitas. Misalnya kalau anda mau tahu rincian lebih detail tentang akun persediaan di aset lancar, maka cara-caranya sama seperti diatas tadi. 

Itulah pengertian, contoh dan cara menginterpretasikan CALK. CALK ini berguna buat informasi tambahan, terutama untuk anda calon investor saham yang ingin menginterpretasikan lebih detail mengenai laporan keuangan tersebut.       

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.