Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Sektor Perusahaan di IDX (Bursa Efek Indonesia)

El Heze
Jumlah perusahaan di IDX / Bursa Efek Indonesia (BEI) dari waktu ke waktu semakin bertambah. Maka dari itu, anda yang ingin mencari daftar perusahaan go public di Indonesia berdasarkan sektor usahanya, anda harus mencarinya melalui situs IDX, yaitu di www.idx.co.id. Karena di situs IDX inilah semua emiten2 yang baru masuk maupun keluar dari Bursa (delisting) akan langsung dicatat / dikeluarkan. 

Tapi, bagaimana caranya mencari daftar klasifikasi perusahaan berdasarkan sektor perusahaan di IDX? Dulu di situs IDX lama, IDX tidak menyediakan menu untuk mengklasifikasikan perusahaan berdasarkan sektornya. 

Namun tenang saja karena sekarang dengan tampilan situs IDX yang baru, anda sudah bisa mencari perusahaan berdasarkan klasifikasi per sektornya. 

Jadi misalnya, anda ingin mencari daftar perusahaan-perusahaan go public yang terdaftar di sektor FINANCE, maka anda tidak perlu mencari susah payah, karena anda sudah bisa langsung mencarinya dengan cepat di IDX. Oke kita langsung saja mulai cara mencari sektor perusahaan di IDX. 

1. Buka situs www.idx.co.id  

2. Pilih menu Data Pasar --> Daftar Saham. Tampilannya seperti dibawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar

3. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Disini anda bisa memilih perusahaan2 berdasarkan klasifikasi sektor usaha. Cara klik pilih sektor. Nanti di menu IDX tersebut, ada pilihan sektor-sektor saham IDX. Selain itu, anda juga bisa melakukan cluster perusahaan berdasarkan jenis papannya. Anda bisa memilih perusahaan2 di papan utama atau papan pengembangan. Baca juga: Indeks Papan Utama dan Papan Pengembangan di Bursa Efek.  

Sebagai contoh, anda ingin mencari daftar perusahaan di sektor mining (pertambangan). Maka anda bisa pilih sektor mining. Anda juga bisa pilih papan utama / papan pengembangan atau menampilkan semuanya. Maka, semua kode saham di sektor mining akan tampil. Perhatikan tampilannya seperti dibawah ini: 



Bisa anda lihat pada tampilan diatas, ketika anda pilih sektor mining, maka emiten2 di sektor mining akan tampil semua. Anda juga melihat tanggal pencatatannya (tanggal listing)  dan jumlah saham yang beredar.  

Itulah cara mencari sektor perusahaan di IDX. Anda yang selama ini kesulitan mengklasifikasikan perusahaan2 berdasarkan sektornya, untuk analisa fundamental, anda bisa mencarinya seperti pada langkah2 diatas, melalui situs IDX. 

Dengan demikian, anda bisa melakukan penelitian atau ingin meng-cluster perusahaan berdasarkan sektor-sektornya untuk analisa fundamental anda (membandingkan kinerja satu perusahaan dengan perusahaan lain) dengan lebih mudah. 

10 komentar:

  1. Assalamualaikum pak, saya mahasiswi yang sedang menyusun proposal skripsi. Bagaimana cara mengetahui daftar perusahaan berdasarkan subsektornya? kebetulan saya meneliti sektor pertambangan sub sektor Batu bara. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Bisa cari di situs https://www.idnfinancials.com/id lalu masuk menu Perusahaan disitu lengkap ada daftar semua perusahaan, sektor plus sub sektornya

      Delete
  2. Anonymous02:50

    terima kasih banyak...sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Anonymous21:32

    makasih bos

    ReplyDelete
  4. Anonymous13:05

    Saya ingin bertanya pak, jika ingin melihat sektor perusahaan beserta tahun periodenya bagaimana ya? Misal perusahaan pertambangan periode 2018? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lihat di: idnfinancials.com/id

      Disitu dirinci perusahaan berdasarkan sektor dan sub sektornya

      Delete
  5. Anonymous13:06

    terimakasih

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.