Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Analisa Saham untuk Pekerja Kantoran

Di pos ini: Main Saham untuk Pekerja Kantoran, saya pernah menulis tips yang bisa anda lakukan untuk tetap bisa beli saham jika anda adalah pekerja kantoran atau anda mungkin anda berwirausaha, sehingga anda tidak punya banyak waktu untuk memantau pergerakan harga saham. Dari pos yang saya tulis tersebut, kemudian ada beberapa rekan yang bertanya: 

"Pak Heze, di pos tersebut kan Pak Heze menulis strategi beli jual saham untuk investasi atau jangka menengah. Bagaimana kalau saya ingin trading jangka pendek, tapi saya nggak punya banyak waktu untuk menganalisa? Bagaimana cara saya bisa tetap membeli saham yang bagus kalau nggak punya banyak waktu analisa real time?" 

Di pos tersebut memang saya menuliskan strategi main saham dalam konteks investasi. Faktanya, banyak sekali trader yang tetap ingin bisa trading walaupun mereka punya kesibukan2 lain. 

Nah kalau anda juga ingin bisa mendapatkan penghasilan dari trading jangka pendek, namun anda punya banyak kesibukan, di pos ini saya akan memberikan beberapa tips / cara melakukan analisa saham bagi anda yang tidak sempat memantau harga saham real time. 

1. Analisa setelah market tutup atau hari libur 

Kebanyakan orang yang sibuk, mereka tidak punya waktu menganalisa saat jam trading. Maka dari itu, waktu yang paling bagus untuk melakukan analisa saham adalah saat jam market tutup (setelah pukul 16:15).

Nah, setelah market tutup, anda bisa memilih saham2 yang misalnya harganya sudah berada di harga bottom, saham yang sudah mau breakout, saham2 yang ada potensi naik untuk besok dan sebagainya. Baca juga: Panduan Memilih Saham Bagus. 

Sebenarnya menganalisa market setelah tutup bukan hanya bagus dilakukan untuk part time trader. Analisa saham setelah market tutup juga sangat bermanfaat untuk semua trader, karena setelah market tutup, posisi candle sudah tidak berubah lagi, dan anda punya lebih banyak waktu santai untuk mencermati pola2 grafik. 

Dengan demikian, anda sudah punya pilihan saham untuk keesokan harinya, tanpa harus banyak memilih saham lagi saat jam trading. 

Analisa saham / grafik juga bisa anda lakukan saat hari libur, jika anda tidak punya banyak waktu. Luangkan waktu anda misalnya di hari minggu entah 10 menit atau 20 menit, untuk memilih saham yang akan anda beli untuk keesokan harinya. 

2. Membeli saham sebelum market buka, atau saat jam istirahat 

Poin 1 adalah cara menganalisa saham untuk anda yang sibuk. Lalu, bagaimana caranya agar anda bisa beli / eksekusi saham saat jam trading, di satu sisi anda punya kesibukan lain? 

Caranya, anda bisa memasang order beli sebelum market buka (market buka pre opening jam 08:55). Setelah itu, anda bisa tinggal order beli anda. Nanti kalau saat jam market buka dan saham anda menyentuh di harga beli yang sudah anda pasang, order anda akan 'matched' sendiri. Jadi anda tidak perlu memantau terus setiap saat. 

3. Menjual saham dengan sistem advanced order 

Bagi anda yang tidak punya banyak waktu, anda saya sarankan untuk memasang order beli ataupun menjual saham dengan sistem advanced order (setiap sekuritas pasti menyediakan fasilitas ini). Seperti apa itu advanced order? 

Misalnya anda mau jual saham PGAS di harga 2.100. Jika anda pasang order jual di hari ini dan PGAS harganya masih belum sampai ke harga 2.100, maka keesokan harinya anda harus pasang order jual lagi. Nah, supaya anda tidak repot memasang order setiap hari, anda bisa menggunakan advanced order tersebut. 

Anda bisa menjual saham PGAS di harga 2.100 dengan rentang waktu, misalnya, untuk satu bulan kedepan. Jadi jika PGAS anda belum sampai ke harga 2.100 di hari itu, maka order anda akan tetap terpasang sampai satu bulan kedepan. Dan katakanlah PGAS naik sampai 2.100 dalam seminggu kedepan, maka order anda akan matched tanpa anda harus memasang order jual setiap hari dan pantegin layar. 

4. Beli saham untuk trading jangka menengah atau swing trading (mingguan sampai 1 bulan)

Belilah saham2 yang yang bagus untuk disimpan jangka menengah. Saham2 bagus dan mudah di screening pernah saya bahas materinya disini: Cara Screening Saham Bagus. 

Dengan membeli saham yang bagus dan harganya terjangkau serta punya potensi naik, maka anda tidak perlu terus memantau harga saham anda, apalagi sampai takut jika harga saham turun terus dan tidak rebound lagi. Membeli saham2 bagus juga mendatangkan banyak keuntungan untuk anda trader jangka menengah, yaitu sebagai pasif income (dividen). 

Itulah beberapa cara melakukan analisa saham dan teknikal (tanpa harus memantau market setiap saat). Keempat langkah ini bisa anda terapkan untuk anda yang punya kesibukan dan nyaris tidak punya waktu memantau market.. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.