Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Bagus untuk Analisis Saham

Anda yang menggunakan software, aplikasi atau tool-tool lainnya yang bisa digunakan untuk menganalisis saham, anda mungkin mendapatkan aplikasi-aplikasi analisis saham, namun sifatnya hanya untuk trial alias ada jangka waktunya. 

Sebenarnya menganalisis saham termasuk menampilkan indikator2 saham juga bisa anda lakukan melalui situs Yahoo Finance. Saya pernah membahasnya disini: Cara Mencari Data Harga Saham Yahoo Finance. Namun, ada satu lagi tool untuk analisa saham yang cukup bagus friendly yang bisa langsung anda gunakan, asalkan anda ada koneksi internet. 

Sebagian dari anda mungkin sudah mengerti aplikasi / tool yang saya maksud. Aplikasi yang saya maksud berasal dari situs Investing. Anda bisa langsung menuju linknya disini: https://www.investing.com/charts/stocks-charts.

Seperti aplikasi pada umumnya, alat2 analisis yang tersedia di Investing Charts ini lumayan lengkap dan sudah cukup untuk anda gunakan analisis teknikal. Berikut adalah tampilan grafik di Investing.


Ketika anda membuka Investing Chart, tampilannya akan muncul seperti diatas. Untuk mengubah grafik menjadi grafik candle, anda bisa klik candlestick di sisi kiri (lingkaran orange). Kemudian jika ingin menampilkan indikator, klik gambar grafik (perhatikan tanda lingkaran biru). 

Indikator2 umum seperti volume, stochastic, moving average, accumulation/distribution, RSI, MACD dan lain2 semuanya tersedia. Kemudian ada juga garis tren yang digunakan untuk menarik garis support dan resisten. 

Anda juga bisa mencari kode saham yang anda inginkan. Namun yang perlu anda perhatikan, ketika mencari kode saham, anda harus memilih kode saham yang ada keterangan : Stock - Jakarta. Perhatikan contoh dibawah ini: 


Misalnya anda mau mencari saham BUMI, carilah yang keterangannya: Stock-Jakarta, karena ada juga kode BUMI yang keterangannya bukan Stock-Jakarta tetapi Singapore. Demikian juga dengan kode saham lainnya. Hal ini karena Investing Chart tidak hanya menampilkan kode saham Indonesia, tapi juga kode saham luar negeri. 

Jadi, kalau anda ingin menganalisis kode saham luar negeri, anda bisa menggunakan tool Investing Chart ini.  

Itulah tentang tool yang cukup lengkap dan bagus untuk melakukan analisis saham. Hampir sama dengan aplikasi2 trading, alat analisis di Investing ini lengkap dan cukup membantu anda untuk menganalisis saham. Anda yang masih baru belajar saham, bisa coba mengutak-atik grafik di Investing, dan melakukan analisis saham. 

Agar anda bisa menyimpan indikator2 yang sudah anda pasang, anda bisa langsung melakukan register  / free sign up. Jadi, anda nggak perlu setting ulang indikator dari awal.

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang strategi-strategi trading, psikologis saham, indikator, dan memprediksi saham2 yang berpotensi rebound menggunakan analisis candlestick dari pemula-sexpert anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.