Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Data Jumlah Saham yang Diperdagangkan

El Heze
Anda mungkin sedang mencari data jumlah saham yang diperdagangkan. Sebelum saya membahas lebih lanjut, jumlah saham yang diperdagangkan merupakan jumlah saham yang diperdagangkan oleh trader setiap harinya. 

Jumlah saham perusahaan yang beredar yang diperdagangkan oleh trader itulah yang dinamakan dengan saham yang diperdagangkan. Pada umumnya, sebagian besar saham di Bursa Efek akan diperdagangkan oleh trader. 

Jumlah saham yang diperdagangkan disebut juga dengan VOLUME TRANSAKSI. Jumlah saham yang diperdagangkan bisa dilihat berdasarkan jumlah saham yang diperdagangkan pada time frame harian, mingguan maupun bulanan. 

Kalau anda ingin mencari data jumlah saham yang diperdagangkan, anda bisa mencarinya dengan mudah melalui situs Yahoo Finance. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buka finance.yahoo.com

2. Anda akan melihat tampilan situs Yahoo finance dibawah ini.


(Klik gambar untuk memperbesar)

Pada menu diatas di-sebelah 'search' pilih kode saham yang ingin anda cari data volume transaksinya. Misalnya anda ingin memilih PT Astra International, maka ketikkan kode sahamnya, yaitu ASII. 

Jangan lupa untuk tambahkan .JK setelah kode saham. JK ini menunjukkan Jakarta Composite Index. Jika anda tidak menambahkan kode .JK setelah kode saham, maka data tidak akan muncul. Misalnya anda ingin mencari data volume transaksi ASII, maka ketikkan ASII.JK setelah itu klik Search. Maka akan muncul beberapa pilihan. 

3. Pilih historical data



Untuk menampilkan data jumlah saham yang diperdagangkan, klik historical data dan kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini: 


(Klik gambar untuk memperbesar)

'Volume' pada sisi kanan sendiri itulah jumlah saham yang diperdagangkan. Anda bisa mengubah frequency jumlah saham yang diperdagangkan menjadi Daily, Weekly atau Monthly. 

Kemudian anda juga bisa setting time period sesuai kebutuhan anda. Misalnya anda ingin mencari data 1 bulan saja, anda bisa mengubah sendiri time periodnya. 

Itulah cara mencari data jumlah saham yang diperdagangkan... Semoga bermanfaat.. 

16 komentar:

  1. mencari jumlah saham yang beredar gimana ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencari jumlah saham beredar bisa dibaca disini:

      http://www.sahamgain.com/2016/12/cara-mendapatkan-data-jumlah-saham.html

      Delete
  2. Selamat siang, saya mau bertanya dengan tentang saham.. cara untuk mencari saham orang dalam bagaimana ya.. terima kasihnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Desi Putri,

      Mencari saham orang dalam (insider trading) tidaklah mudah. Yang dimaksud dengan insider trading adalah orang dalam yang memainkan saham perusahaan sendiri. Bisa jadi direksi, karyawan, komisaris, sekper, manajer dan lain2..

      Nah, di Laporan Keuangan tentu saja tidak mungkin ditampilkan siapa2 saja orang dalam perusahaan yang terlibat dalam trading saham. Kalau anda mau tahu langsung, anda harus tanya ke perusahaannya. Masalahnya, (hampir) pasti perusahaan tidak akan memberikan data terkait insider trading..

      Kalau yang biasa kita lihat di LK, kita hanya bisa melihat kepemilikan manajerial. Kepemilikan manajerial juga belum tentu insider trading.

      jadi, cukup sulit untuk mengetahui data insider trading SECARA AKURAT

      Delete
  3. kalau mau cari saham yang diperdagangkan dalam satu tahun gimana? apakah yang perbulan dijumlah langsung? atau gimana. kalau dijumlah langsung dia nanti jadi lebih besar dari pada jumlah saham yang berdar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari data jumlah saham yang diperdagangkan selama satu tahun berarti anda harus cari datanya per hari, bukan di jumlah. Kalau mau di rata-rata, berarti di jumlah semua, kemudian dibagi dengan total hari perdagangan saham selama setahun.

      Semoga membantu

      Delete
  4. mohon maaf mau tanya. kalau mau cari data bid offer tahunan ada tau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bid offer di saham terjadi setiap hari (selama market buka), jadi tidak ada yang tahunan...

      Kalau mau cari rata2 tahunan, tinggal saja short periode Januari - Desember, lalu dirata-rata bid-offernya..

      Cara cari bid offer lainnya bisa lihat di situs IDX: http://www.sahamgain.com/2017/06/cara-mencari-data-spread-bid-offer-saham.html

      Delete
  5. Anonymous16:36

    pak, mau tanya.. jika saya ingin melihat jumlah saham yang diperdagangkan melalui website idx, apakah bisa? jika bisa, langkah-langkahnya bagaimana ya?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa..

      Caranya tinggal klik saja menu Data Pasar --> Ringkasan Perdagangan --> Ringkasan Saham..

      Nah nanti ada banyak pilihan, anda centang yang "tradeable share".. Itulah jumlah saham yang diperdagangkan

      Semoga membantu

      Delete
    2. Permisi mau tanya, kalau yang ini hanya untuk data hari ini saja ya? maksutnya tidak bisa melihat ringkasan perdagangan secara historis?

      Delete
    3. Bisa, itu kan bisa di setting tanggalnya. Kalau mau lihat ringkasan keseluruhan tinggal di average atau di jumlah sesuai kebutuhan (convert ke excel)

      Delete
  6. Pak itu kan mencari nya per saham perusahaan, nah kalau mau lihat volume transaksi secara keseluruhan saham per perusahaan nya gmana ya? (Maksudnya ada tabel/daftarnya volume transaksi setiap saham?)

    Soalnya saya ingin mencari data saham yg tidak aktif (volume transaksi < 300 per thn)

    #terimakasih

    ReplyDelete
  7. Kalau mencari volume transaksi per saham, tinggal cari di IDX.

    Ke menu Data Pasar --> Ringkasan Perdagangan --> Ringkasan Saham. Lalu centang menu Volume

    ReplyDelete
  8. MAU TANYA CARA MENCARI HARGA SAHAM IT DAN HARGA SAHAM T-1 DONK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah-langkahnya seperti pada pos diatas, tinggal cari saja harga saham hari ini dan satu hari sebelumnya (T-1), pakai harga closing

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.