Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Breakout untuk Trading

Saham yang awalnya harganya sulit naik dari resisten tertentu, tetapi dalam waktu dekat, tiba-tiba harganya berhasil menjebol resisten, dan harganya naik drastis.


Itulah yang dinamakan dengan SAHAM BREAKOUT. Anda juga bisa pelajari tentang saham breakout pada ulasan berikut: Strategi Trading Saham: Buy On Breakout. Saham breakout seringkali menjadi indikasi bahwa harga saham akan melanjutkan kenaikan tren.

Karena saham sudah berhasil menembus resisten yang sebelumnya sulit dilewati, maka itu artinya pelaku pasar sudah mulai banyak membeli sahamnya. 

Tapi dalam praktikknya, tidak semua saham breakout adalah saham yang pasti akan naik terus. Perlu anda ketahui, saham breakout ibarat pedang bermata dua, karena seringkali kita menemukan saham false breakout. 

Alias breakout tipuan. Jadi katakanlah suatu saham berhasil menembus resisten kuat 1.000. Harga saham naik sampai 1.080. Ternyata besok sahamnya nggak lanjut naik, tapi malah balik lagi ke 1.000. 

Sama seperti strategi trading lainnya, jika anda ingin trading di saham yang lagi breakout, anda harus menggunakan analisa dan strategi yang benar. 

Untuk anda yang ingin membeli saham breakout, saran saya pilihlah saham2 breakout dengan kriteria2 berikut:    

1. Saham breakout yang chartnya murah 

Cari saham2 breakout yang secara teknikal, analisa tren-nya harganya sudah murah. Sebagai contoh perhatikan chart BBRI berikut: 

Saham Breakout - BBRI

Perhatikan tanda persegi. Saham breakout biasanya diawali dengan tren turun, kemudian membentuk tren sideways. Setelah itu, harga saham keluar dari tren sideways-nya (lihat tanda panah).

Saham yang keluar dari tren sideways inilah yang dinamakan dengan breakout. Tetapi seberapa lama saham bisa breakout, kita tidak bisa memastikannya. 

Namun saham2 yang bisa breakout dalam jangka waktu lebih lama, biasanya adalah saham2 yang secara tren memang sudah terdiskon. Pada chart BBRI diatas misalnya, di mana saham BBRI sudah turun banyak, dan tidak jatuh di area support kuatnya. 

Maka ketika breakout, tren saham BBRI bisa berbalik menjadi bullish. Kemudian perhatikan juga saham CPIN yang sedang breakout berikut:  

Saham breakout - CPIN

Tren saham CPIN yang sudah turun banyak (persegi), dan kemudian setelah breakout, sahamnya bisa naik dalam waktu diatas 1 minggu. 

Sehingga, saham2 breakout seperti ini bisa anda gunakan strategi trading buy and hold diatas 1 minggu, alias buat SWING TRADING.    

Satu lagi, pilihlah saham breakout yang punya teknikal, tren, historis harga sahamnya bagus, dan kalau bisa fundamentalnya juga bagus. Kalau ada 'saham tidur' tiba-tiba breakout dan naik tinggi tanpa alasan yang jelas, bisa jadi saham tersebut hanya false breakout. 

Anda bisa pelajari cara-cara simpel dan efektif untuk memilih saham-saham bagus buat trading disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus + Swing Trading.

2. Saham breakout saat market lagi bagus / naik 

Saham breakout biasanya punya peluang besar untuk melanjutkan kenaikan lebih lama jika kondisi market (IHSG) sedang naik (bullish) atau rally. 

Jadi dalam kondisi market yang lagi bullish, memang pengujian saham breakout akan lebih akurat. Kalau market lagi sideways atau downtrend, breakout saham biasanya hanya terjadi beberapa hari atau bahkan hanya naik sehari (false breakout). 

Sehingga ketika IHSG masih turun / downtrend, maka strategi trading yang cocok diterapkan adalah trading harian, dengan membeli dan menjual saham jangka pendek.  Pelajari juga: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Oke mungkin cukup disini dulu ulasan tentang peluang2 saham breakout buat trading. Soalnya kalau kita bahas semua soal pergerakan saham breakout, tentu akan sangat panjang. 

Tapi analisa saham breakout di pos ini sebenarnya sudah bisa mewakili dan digunakan untuk analisa trading anda pribadi. 

Buat anda yang ingin bisa mencari saham2 yang bagus dan layak trading, anda bisa pelajari full praktik screening saham dan strategi2 mencari saham2 untuk dimasukkan dalam stock pick pada Ebook Screening Saham berikut: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.