Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Pergerakan Saham BBRI

El Heze

Beberapa kali saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan trader untuk membahas analisis saham BBRI, khususnya secara teknikal. Karena fluktuatif yang cukup tinggi, sehingga tren saham BBRI sering berubah  


Jadi di pos ini kita akan coba ulas singkat saham BBRI beserta beberapa analisa saham BBRI. Kita juga akan sedikit perbandingan saham BBRI dengan saham-saham blue chip bank lainnya yaitu BBCA, BBNI dan BMRI. 

Sejak stock split 1:5, harga saham BBRI memang menjadi lebih atraktif. Selain itu, BBRI juga merupakan saham blue chip yang punya market cap besar, sehingga harga sahamnya juga cukup sensitif terhadap sentimen market. 

Kalau IHSG lagi drop, saham BBRI juga ikut turun. Kalau IHSG sedang naik, BBRI bisa rebound. Demikian juga ketika IHSG relatif sideeways, maka saham BBRI pun akan bergerak konsolidasi. Untuk lebih memudahkan praktikknya, anda bisa perhatikan chart saham BBRI berikut: 

Analisis saham BBRI

Pada chart BBRI diatas, kita bisa melihat semua tren saham yang terjadi. Yap, saham BBRI memiliki tren turun (downtrend), tren naik (uptrend) dan juga tren mendatar (sideways, lihat tanda persegi). 

Pada saat IHSG banyak sentimen negatif, tren saham BBRI turun drastis. Namun kita juga bisa perhatikan bahwa harga saham BBRI sebelumnya sudah naik kencang. Setelah saham BBRI turun drastis, BBRI mulai membentuk tren naik. 

Di dalam trennya, BBRI juga mengalami tren sideways, di mana pergerakan BBRI hanya bergerak di range support resisten yang kurang lebih saham, sehingga tidak ada perubahan tren signifikan. 

Tapi berhubung BBRI ini adalah saham yang likuid yang fluktuatifnya cepat, maka walaupun trennya sideways, BBRI juga bisa anda manfaatkan untuk trading. Pelajari juga: Cara & Strategi Trading di Saham Sideways. 

Sekarang anda bisa perhatikan kembali chart BBRI selama 6 bulanan, kita akan coba lihat tren sideways-nya: 


Di dalam tren sideways, BBRI masih sideways di range 3.000-3.200. Artinya range sideways yang cukup lebar ini bisa anda manfaatkan untuk trading. Nah, beberapa rekan trader pernah bertanya ke saya sepert ini: 

"Bung Heze tren saham BBRI ini sering berubah. Bagaimana strategi trading yang paling bagus supaya profitnya bisa lebih maksimal?"

ANALISIS DAN STRATEGI TRADING SAHAM BBRI 

Jika anda menemukan saham yang mengalami perubahan tren, maka anda harus bisa menyesuaikan dengan strategi trading. Ketika saham BBRI sedang berada tren turun akibat IHSG lagi jelek, maka trading harian (hit and run) merupakan strategi yang bagus untuk diterapkan di BBRI. 

Karena dalam kondisi market yang turun, volatilitas saham BBRI biasanya sangat tinggi. Anda bisa meraih profit jangka pendek secara berulang. Cara menerapkan trading cepat di saham, bisa anda praktikkan contoh-contohnya disini: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Sedangkan dalam kondisi market yang bullish, saham BBRI biasanya akan rally. Nah, dalam hal ini anda bisa curi start ambil BBRI di harga yang bagus, dan hold sahamnya dengan strategi SWING TRADING. Pelajari juga: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus + Swing Trading. 

Ketika market sideways, anda juga bisa manfaatkan support resisten BBRI untuk trading jangka pendek dibawah 1 minggu. Pelajari juga: Full Praktik Strategi Trading di Saham Sideways. 

Jadi saham BBRI ini bagus diterapkan berbagai macam strategi trading. Sama juga dengan beberapa saham blue chip dan saham2 LQ45 lainnya. 

Tapi untuk meraih profit di saham, apapun sahamnya, anda haus mengambil momentum dan analisa yang tepat. Karena tidak jaminan anda pasti untung jika anda membeli saham pada harga yang salah / tidak tepat. 

SAHAM BBRI UNTUK JANGKA PANJANG  

Tapi kalau anda perhatikan historis BBRI jangka panjang, yaitu jangka waktu 5 tahun keatas saham BBRI secara historis trennya naik. Tapi dalam jangka pendek, jangka waktu beberapa bulan, sangat mungkin saham BBRI mengalami fluktuatif-fluktuatif. 

Buat anda yang punya tujuan investasi saham BBRI yang tidak terlalu suka dengan fluktuatif market, anda bisa pertimbangkan untuk menyimpan BBRI untuk jangka waktu lebih panjang. Anda juga bisa mendapatkan dividen rutin dari saham BBRI.

Itulah ulasan pergerakan saham BBRI. Jadi dengan memahami pergerakan saham BBRI, anda juga bisa menentukan strategi apa yang akan anda terapkan. Hal ini juga berlaku untuk saham-saham yang lain. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.