Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Kalbe Farma Vs Kimia Farma

El Heze
Saham-saham di sektor farmasi yang sering menjadi perhatian investor dan trader adalah saham Kalbe Farma (KLBF) dan Kimia Farma (KAEF). Mana yang lebih anda pilih untuk dibeli? KLBF atau KAEF?


 
Saya beberapa kali juga mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan terkait saham KLBF dan KAEF, mana yang lebih bagus untuk dibeli? Jadi di pos ini kita akan membahasnya perbandingan kedua saham tersebut.

Kita akan bandingkan dari sisi analisa fundamental sederhana dan analisa teknikalnya (kecenderungan pola dan pergerakan kedua saham di market). 

Kalbe Farma Vs Kimia Farma: ANALISIS FUNDAMENTAL 

Perhatikan beberapa paramter perbandingan analisa fundamental kedua saham berikut: 


Dari segi ukuran perusahaan, Kalbe Farma memiliki aset total yang lebih besar (Rp20,3 triliun) dibandingkan Kimia Farma (Rp18,3 triliun). KLBF juga mampu meraih laba bersih secara nominal juga jauh lebih dibandingkan KAEF (Rp2,5 triliun vs Rp15,8 miliar).  

KLBF juga memiliki ROE jauh diatas KAEF. Hal ini menunjukkan pengembalian ekuitas KLBF jauh lebih tinggi dibandingkan KAEF, serta kemampuan KLBF untuk memuaskan pemegang saham dari segi dividen lebih besar. 

DER KLBF juga jauh lebih rendah dibawah 1 kali sedangkan KAEF 1,47 kali. Dari segi DER, hal ini menunjukkan KLBF lebih mampu menjaga rasio utang yang sehat. 

PER KLBF dibandingkan rata-rata sektornya cukup tinggi sekitar 30 kali, namun PER KAEF jauh lebih besar sekitar 1.171 kali. Hal ini dikarenakan salah satunya penurunan laba bersih KAEF, sehingga berpengaruh pada EPS dan PER. 

Yap, kita bisa perhatikan juga EPS KLBF yang jauh lebih besar dibandingkan KAEF yaitu Rp53,48 per saham vs Rp2,86 per saham. Lalu kita lihat dari segi kapitalisasi pasar, KLBF juga jauh lebih besar (76,17 triliun) dibandingkan 18,61 triliun. 

Kapitalisasi pasar (Market cap) yang besar dapat berpengaruh terhadap likuid tidaknya saham, karena market cap salah satu komponennya adalah jumlah saham beredar. Semakin besar saham beredar, semakin banyak saham yang bisa ditradingkan. 

Terakhir, dari segi dividend yield KLBF juga lebih tinggi dibandingkan KAEF yaitu 1,23% dibandingkan 0,45%. Kemudian kita coba lihat laporan laba rugi KLBF Vs KAEF: 

Laporan keuangan KAEF

Laporan keuangan KLBF
KLBF mampu meraih laba yang lebih konsisten dibandingkan KAEF. Secara penjualan bersih (omzet), keduanya sama-sama naik. Namun laba bersih KAEF lebih fluktuatif dibandingkan KLBF yang naik secara stabil. 

Salah satu penyebab penurunan laba bersih KAEF karena adanya Beban Usaha dan Beban Keuangan yang tinggi (perhatikan tanda persegi merah), sehingga mempengaruhi laba bersih KAEF. 

Dari perbandingan analisa fundamental kedua, saham dapat disimpulkan bahwa KLBF jauh lebih unggul dibandingkan KAEF. Sekarang kita coba lihat analisa teknikal kedua saham tersebut. 

Kalbe Farma Vs Kimia Farma: ANALISIS TEKNIKAL 

Saham KAEF

Saham KLBF
Kalau anda sering mengamati kedua saham ini saat jam trading, anda pasti menemukan perbedaan volatilitas harga yang signifikan. Hal ini sebenarnya sudah bisa terlihat dari pola-pola grafiknya, di mana saham KAEF memiliki volatilitas harga yang sangat tinggi. 

Harga sahamnya seringkali turun tajam, lalu sideways lama, dan kemudian harganya bisa naik puluhan-ratusan persen dalam waktu singkat. Namun pola seperti jarang kita temukan di saham KLBF. Saham KLBF pergerakan harganya lebih stabil, dan volatilitasnya tidak secepat KAEF. 

Pada grafik KAEF diatas pada tanda lingkaran misalnya, di mana harga sahamnya naik dari 1.500 ke 3.500 hanya dalam kurun waktu sekitar 2 minggu. Sebuah kenaikan yang sangat fantastis. 

Namun di saat yang bersamaan, hal ini tidak terjadi pada saham KLBF, karena KLBF "hanya" naik dari 1.500 ke 1.700. Yap, jadi anda bisa bandingkan sendiri berapa selisih profit jangka pendek dari KAEF dan KLBF jika anda mentradingkan sahamnya saat itu. 

KALBE FARMA ATAU KIMIA FARMA? 

Kita sudah membahas kedua saham ini dari segi analisa fundamental dan analisa teknikal. Mana yang sebaiknya anda pilih? 

Jika anda ingin menjadi investor saham, anda bisa pertimbangkan untuk menyimpan saham KLBF. Karena parameter kinerja fundamental KLBF jauh lebih unggul dibandingkan saham KAEF.  

Jika anda ingin menjadi trading jangka pendek, saham KAEF memiliki fluktuatif harga yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan profit jangka pendek. 

KLBF sebenarnya juga bagus untuk trading, baik untuk jangka dibawah 1 minggu (tergantung chart saat itu) ataupun untuk swing trading. 

Namun pergerakan KAEF yang lebih cepat, lebih bagus dimanfaatkan untuk meraih gain besar jangka pendek. Namun karena risikonya juga cukup besar, sehingga KAEF kurang cocok disimpan terlalu lama. 

Ingat juga bahwa secara historis KAEF pernah turun dari 3.500 ke 500 dalam waktu satu tahun. Ini menunjukkan volatilitas harganya yang sangat tinggi. 

Ketahui juga, bahwa suatu saham bisa naik puluhan persen dalam waktu singkat, bukan berarti sahamnya bagus buat investasi. Justru sebaliknya, saham2 yang sangat berfluktuatif dalam jangka pendek, umumnya kurang cocok untuk disimpan jangka panjang. 

Jadi membandingkan analisa teknikal dan analisa fundamental untuk memilih saham itu sangat diperlukan. 

Semoga analisa ringkas ini bisa memberikan pandangan pada rekan-rekan mengenai analisa fundamental dan teknikal untuk memilih saham di satu sektor, dan menjawab beberapa pertanyaan rekan-rekan tentang ulasan saham farmasi KLBF dan KAEF. SALAM PROFIT... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.