Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Alfamart

El Heze
Perusahaan minimarket yang cukup terkenal di Indonesia adalah Alfamart. Di sekitar perumahan anda, kemungkinan besar menemukan paling tidak satu minimarket tersebut. 



Perusahaan Alfamart adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT). Alfamart ternyata merupakan salah satu perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek alias go public. 

Dengan kata lain, sebagai masyarakat umum, anda juga punya kesempatan untuk bisa membeli atau menjadi kepemilikan saham Alfamart tersebut. Lalu bagaimana caranya supaya bisa menjadi bagian dari pemegang saham Alfmart? Berikut panduan cara membeli saham Alfamart?  

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Supaya anda bisa menjadi investor saham Alfmart, anda harus membeli saham melalui software online trading. Saat ini, aktivitas beli jual saham dilakukan secara online. 

Jadi anda harus membuka akun saham terlebih dahulu di kantor sekuritas. Anda juga bisa membuka rekening efek secara online. Untuk panduan membuka rekening saham, bisa anda pelajari pada free ebook yang saya terbitkan disini (33 halaman): Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula

Jika anda sudah memiliki akun rekening efek di sekuritas, anda bisa langsung pelajari langkah selanjutnya cara membeli saham Alfamart.  

2. Login ke software trading, pilih menu Trade --> Buy  


3. Kemudian akan muncul tampilan order buy seperti berikut: 

Cara membeli saham Alfamart
Untuk bisa membeli saham Alfamart, anda harus ketikkan kode sahamnya alias symbol (Lihat nomor 1). Kode saham  PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah AMRT. Setiap kode saham perusahaan terdiri dari 4 huruf. 

Setelah anda ketikkan kode saham AMRT, akan muncul tampilan antrian harga beli (bid) dan harga jual (lot) seperti yang tertera pada tanda persegi diatas. Untuk melihat harga beli saham terakhir, anda bisa lihat pada harga offer paling atas. 

Pada contoh diatas, harga beli terbaik adalah Rp725. Anda bisa pelajari juga cara-cara lengkap membaca dan memahami bid offer saham disini: 


Kemudian perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli yang diinginkan (Price) beserta jumlah lotnya (Lots). Katakanlah anda ingin membeli saham Alfamart di harga Rp725 sebanyak 33 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan saham Alfamart adalah: 

Rp725 x 33 lot x 100 lembar saham = Rp2.392.500. Jangan lupa untuk menambah fee beli. Pelajari: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. Catatan: Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot setara 100 lembar saham. 

Untuk membeli saham, minimal pembeliannya adalah 1 lot dan kelipatannya (2 lot, 3 lot, 4 lot dan seterusnya). Setelah itu, anda bisa tekan tombol BUY (Nomor 3). Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham Alfamart. Cukup mudah caranya. 

4. Analisis grafik saham Alfamart 

Setiap dari anda pasti ingin membeli saham dengan tujuan mendapatkan profit, yaitu dengan membeli saham di harga bawah dan menjual pada harga lebih tinggi / mahal. Maka dari itu, anda harus selalu melakukan analisis untuk mengetahui apakah harga saham Alfmart sudah bagus untuk dibeli atau belum. 

Saham Alfamart
Salah satu analisa penting untuk membaca dan memprediksi saham adalah dengan analisis teknikal / grafik. Anda bisa pelajari cara-cara memilih saham bagus dengan analisa chart disini: Buku Trading Saham Pemula - Expert.  

Itulah panduan cara membeli saham Alfamart. Semoga bermanfaat. Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.