Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Cepat: Cara Day Trading Saham

El Heze
Bagaimana cara dapat profit dari day trading sahamBagaimana cara jadi day trader saham? Bagaimana cara meraih profit besar dari day tradingPertanyaan2 ini cukup sering saya temukan,



Hal ini juga menunjukkan banyak trader saham yang ingin meraih profit jangka pendek (harian). Di dalam trading harian anda juga harus menggunakan strategi trading yang benar agar anda bisa meraih profit. 

Selama ini banyak trader yang ingin meraup profit dari trading harian hanya karena faktor emosi (ingin untung cepat). Sehingga, banyak faktor yang diabaikan. Inilah yang membuat mayoritas day trader melakukan gambling, karena tidak didasari dengan analisa dan strategi trading yang benar. 

Jika anda ingin menerapkan day trading saham, ada beberapa cara dan strategi yang bisa anda terapkan: 

1. Gunakan analisa simpel & analisa-analisa utama untuk trading harian 

Dalam trading harian, anda harus memilih saham yang berpotensi naik relatif cepat di hari yang sama sampai tiga harian trading. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Maka dari itu, anda harus menggunakan analisa-analisa yang simpel dan praktikal. Dengan analisa yang simpel, anda bisa menganalisa saham lebih cepat dan tidak ketinggalan momentum trading, karena dalam trading harian, anda lebih sering berhadapan dengan fluktuatif market. 

Analisa-analisa kombinasi utama untuk trading harian adalah analisa teknikal, analisa tape reading dan analisa buy sell bid offer. Dengan kombinasi2 tersebut, anda bisa menganalisa saham2 yang berpotensi naik untuk jangka waktu harian.  

Pelajari juga strategi2 dan full praktik memilih saham untuk trading harian (intraday trading) disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (281 halaman). 

Hindari analisa-analisa yang rumit, karena dalam trading harian anda harus mengambil keputusan trading lebih cepat dan tepat. Kalau anda menggunakan analisa yang terlalu banyak, anda akan bingung mengambil keputusan trading. 

2. Memasang target yang realistis (tidak gambling)  

Menetapkan target yang realistis untuk day trading sangatlah penting. Banyak anggapan bahwa day trading berarti anda harus mencetak profit puluhan persen dalam sehari. 

Target2 ini tentu tidak realistis dan menyebabkan trader melakukan kegiatan trading yang mengarah pada gambling, karena hanya didasarkan pada emosi (ingin untung cepat), bukan didasarkan pada rasionalitas. 

Dalam day trading, anda harus tetap memasang target profit yang masuk akal. Idealnya, target profit trading harian berkisar antara 1-5%, namun frekuensi trading lebih sering. Anda juga harus memilih saham2 yang pergerakannya relatif stabil, bukan hanya memilih saham2 gorengan. 

Profit 1-5% harian merupakan profit yang besar. Jika anda sudah pengalaman trading, anda pasti paham bahwa profit tersebut bukanlah profit kecil. Selain itu, trading harian bukan berarti anda harus trading setiap hari. 

Kalau kondisi saham dan market sedang kurang mendukung, tidak ada salahnya anda berhenti trading sejenak. Berikut contoh-contoh aktivitas day trading saham yang saya lakukan: 

Day trading saham ACES buy 1.280 sell 1.315. Net profit 2,28%

Day trading saham BBRI buy 2.610 sell 2.760. Net profit 5%

Day trading saham PWON buy 414 sell 428. Net profit 2,93%

Pada contoh day trading diatas, target take profit dilakukan dengan target kisaran 1-5%. Itulah contoh menetapkan target realistis untuk trading harian.  

3. Terapkan diversifikasi strategi trading 

Jika anda ingin day trading, ada baiknya anda juga menerapkan beberapa kombinasi strategi trading. Misalnya, anda membagi 50% modal anda untuk day trading, 50% sisanya untuk swing trading. 

Diversifikasi strategi trading ini juga saya terapkan, dan hasilnya lebih maksimal dibandingkan jika hanya menerapkan satu strategi trading. Pelajari juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Karena ada saat-saat di mana kondisi market sangat bagus untuk day trading. Namun ada juga saat-saat kondisi market bagus untuk diterapkan strategi buy and hold. Dengan memiliki beberapa strategi trading, anda bisa lebih fleksibel untuk memilih saham. 

4. Mulai trading dengan modal kecil 

Walaupun strategi day trading adalah strategi khusus untuk meraih trading dengan jangka waktu relatif singkat, namun day trading harus dimulai dengan modal kecil, terutama kalau anda masih baru pertama kali mencoba. 

Karena anda tetap masih harus banyak belajar. Terutama, anda harus mengelola psikologis trading. Dengan modal kecil dan trading secara bertahap, anda akan lebih tenang dan tidak terbawa emosi trading. 

Jika anda sudah bisa mengelola modal kecil katakanlah Rp2 juta, anda bisa menambah modal secara bertahap. Sehingga, dengan bertambahnya pengalaman, anda juga bisa lebih tenang menghadapi fluktuatif market. 

Terapkan keempat cara day trading saham seperti yang sudah kita ulas di pos ini. Saya pribadi juga mempraktikkan strategi2 trading harian, dan keempat cara ini saya aplikasikan dalam trading plan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.