Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Minimal Pembelian Saham BCA

Saham Bank BCA (BBCA) adalah salah satu saham yang punya kinerja fundamental sangat bagus di sektor perbankan & punya brand image yang bagus. BBCA termasuk saham blue chip bank selain tiga saham blue chip lainnya yaitu BBRI, BMRI, BBNI. 



Dan saham BBCA seringkali direkomendasikan untuk diinvestasikan jangka panjang, ataupun hold sampai jangka waktu diatas satu bulan. Saya sering dapat pertanyaan dari trader saham pemula yang ingin memulai investasi / trading saham: "Pak kalau saya mau beli saham BCA, berapa modal yang harus saya keluarkan? Apa bisa dengan modal Rp1 juta beli saham BCA?"

Buat investor / trader pemula yang mungkin masih dalam proses membuka akun rekening saham, atau anda baru berniat buka rekening saham, anda harus lihat dulu berapa harga saham BCA sekarang. 

Cara paling mudah untuk melihat harga saham BCA saat ini, bisa anda ketik langsung melalui situs Google. Anda tinggal browsing di Google dan ketikkan "Saham BBCA". Maka akan muncul harga saham BBCA terkini:

Minimal pembelian saham BCA
Pada tampilan diatas, harga saham BCA adalah Rp30.500 (tanda lingkaran). Jadi untuk menghitung minimal pembelian saham BCA adalah: 

Rp30.500 x 1 lot x 100 lembar saham = Rp3.050.000. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Lalu jangan lupa untuk menambah dengan fee beli sekuritas. Pelajari juga: Fee Beli Jual Saham dan Cara Menghitungnya. 

Jadi minimal pembelian saham BCA adalah sekitar Rp3.000.000. Jumlah ini tentu bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan naik turunnya saham BBCA di market. 

"Harga saham BCA kok mahal Pak Heze?" Tanya anda 

Sebagian trader pemula mungkin bertanya demikian. Hal ini karena memang saham BBCA termasuk salah satu saham yang cukup mahal harganya, di mana untuk dapat 1 lot saja anda perlu mengeluarkan modal sekitar Rp3 juta. 

Saham BBCA yang relatif mahal ini dikarenakan kinerja fundamental, brand image dan likuiditas saham yang baik serta perusahaan yang rajin membagikan dividen, sehingga banyak trader maupun investor yang tertarik untuk membeli saham BCA. 

Ulasan yang pernah kita analisa disini: Kenapa Saham BCA Naik Terus? Kita sudah menganalisa apa yang menyebabkan saham BCA harganya relatif naik, sehingga harganya tinggi. Salah satunya karena tipikal pelaku pasar yang lebih suka keep saham BBCA ketimbang mentradingkan harian, sehingga volatilitas harganya juga tidak terlalu tinggi. 

Di satu sisi, saham BBCA harganya juga relatif mahal. Pada umumnya, saham2 yang harganya sudah agak tinggi, volatilitasnya juga semakin kecil, kecuali kalau nanti BBCA stock split harga sahamnya mungkin akan jauh lebih fluktuatif. 

"Lalu apa solusinya kalau saya ingin investasi di saham BCA tapi modal saya hanya Rp1- 2 juta?" Tanya anda. 

Kalau modal anda baru sekitar Rp1-2 juta, tentu modal anda belum cukup beli 1 lot pun. Walaupun modal anda sudah sekitar Rp3 juta, anda juga cuma bisa beli saham BCA sebanyak 1 lot. 

Maka dari itu, anda bisa menunggu sampai modal anda mencapai modal minimal untuk bisa beli saham BBCA.  

Namun kalau anda memang benar-benar berniat investasi di saham BCA dan anda sudah memiliki modal katankanah Rp5-6 juta, anda bisa tambah modal anda, sehingga anda bisa mencapai minimal pembelian saham BCA. Tetapi anda juga harus memperhatikan manajemen modal.

Jangan sampai anda membeli saham dengan modal terlalu besar yang pada akhirnya menggnaggu psikologis anda. 

APAKAH BBCA AKAN STOCK SPLIT?   

Mengingat harga saham BBCA yang cenderung tinggi, harapannya, BBCA nantinya juga melakukan stock split, supaya harganya jauh lebih terjangkau. Tentu ada kemungkinan BBCA stock split seperti beberapa saham bank blue chip lainnya yaitu BBRI dan BMRI. 

BBRI dahulu harganya di kisaran Rp14.000-15.000 dan setelah stock split 1:5 harganya menjadi jauh lebih terjangkau, fluktuatif lebih bagus dan banyak dibeli trader maupun rekan2 investor pemula. 

Demikian juga dengan saham Unilever yang stock split sehingga dengan modal sekitar Rp1 juta, anda sudah bisa membeli sahamnya. 

Kalau modal anda masih kecil, anda bisa memilih saham2 berfundamental bagus lainnya yang bisa dijangkau dengan harga lebih rendah seperti BBRI, BMRI, TLKM dan lain2. Jika sewaktu-waktu BBCA stock split, anda bisa melakukan diversifikasi modal lebih banyak ke saham BBCA. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.