Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Ulasan Saham: Grafik Saham KRAS

El Heze
Saham PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) merupakan salah satu saham yang seringkali membuat heboh para trader saham... Apalagi kalau bukan karena fluktuatifnya yang sangat tinggi. 



KRAS terkadang harganya bisa turun puluhan persen dalam sehari, dan penurunan harga saham KRAS ini bisa terjadi selama berhari-hari. Sebaliknya, saham KRAS tiba-tiba bisa naik 20% dalam sehari. 

Inilah yang membuat para trader ingin memanfaatkan momentum untuk mendapatkan profit di saham KRAS. Tetapi di satu sisi, risiko trading di saham KRAS juga cukup besar. Anda bisa perhatikan chart KRAS berikut: 

Saham KRAS
Perhatikan KRAS bergerak dalam tren turun yang cukup tajam (tanda persegi). Saham KRAS ini sekali turun bisa sampai berhari-hari. Penurunan harga saham KRAS ini tidak lepas dari kinerja fundamentalnya yang kurang bagus, di mana KRAS mengalami rugi bersih selama bertahun-tahun, utang yang tinggi dan tata kelola perusahaan yang buruk. 

Tetapi di saat-saat tertentu harga saham KRAS bisa naik sangat cepat, seperti yang saya beri lingkaran misalnya. KRAS naik 20% lebih dalam sehari, dan "kejutan" ini juga terjadi beberapa kali pada saham KRAS. 

KRAS juga memiliki volume transaksi yang tidak terlalu tinggi (lihat bar volume pada chart diatas). KRAS memiliki bar volume yang rendah, dan volume transaksinya baru naik tinggi ketika harga sahamnya mulai naik drastis.  

Dari pergerakan chart KRAS, kita dapat menyimpulkan bahwa KRAS adalah saham yang risikonya cukup tinggi untuk trader. Yap, harga saham KRAS bisa naik cepat, tapi kenaikannya tidak bertahan lama. 

Pada halaman Rekomendasi Saham di web Saham Gain ini, saya juga pernah memberikan ulasan saham KRAS untuk trading cepat saat harga sahamnya sudah memberikan sinyal kenaikan lanjutan (tanda lingkaran).  


Benar saja, setelah KRAS dibuka diatas 270, harga saham KRAS langsung naik drastis sampai ke 326 (harga tertinggi di hari itu), namun tidak lama kemudian KRAS turun lagi dengan cepat sampai ke harga 288 (lihat tanda panah). 

Pada tanda panah diatas, terlihat adanya long upper shadow candle yang menunjukkan penurunan minat / tekanan beli yang cukup besar pada hari tersebut, setelah harga sahamnya sempat naik tinggi dalam waktu cepat. 

Walaupun dari segi likuiditas, saham KRAS masih memiliki spread yang sempit (sebesar fraksi harga), tetapi dari fluktuatif harganya, menurut saya pribadi KRAS ini bisa dikategorikan sebagai saham gorengan. Baca juga: Mengenal Spread Bid-Offer di Pasar Saham. 

Melihat pola pergerakan saham KRAS, saham KRAS ini sebenarnya lebih cocok digunaan untuk trading jangka pendek / trading cepat (scalping). Artinya, anda bisa manfaatkan kenaikan harga saham yang cepat untuk buy dan sell dalam jangka pendek. 

Atau istilahnya "hit and run" dengan strategi scalping, karena fluktuatif harga sahamnya yang sangat cepat. Namun tentu saja anda harus menganalisa sebelum trading. Jangan membeli saham hanya karena terbawa euforia market, atau beli saham hanya karena sahamnya lagi ramai dibicarakan. 

Setiap strategi trading, baik scalping ataupun strategi lainnya, ada analisa-analisa sendiri yang bisa anda gunakan untuk meraih profit dan memanfaatkan momentum.   

Anda bisa pelajari juga strategi-strategi dan full praktik membaca sinyal saham yang bagus untuk scalping trading disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

Jika anda menemukan saham seperti KRAS yang volatilitasnya sangat tinggi, plus sahamnya donwtrend dalam jangka panjang, kinerja fundamentalnya juga kurang mendukung, maka ada baiknya anda tidak menyimpan sahamnya terlalu lama. 

Kecuali kalau ada perubahan tren dan perubahan fundamental saham tersebut, yang berpengaruh terhadap harga sahamnya. 

Catatan: Analisa saham KRAS disini merupakan analisa saya pribadi, yang didasarkan pengalaman trading dan mengamati harga saham real time. Pos ini bukan bermaksud merekomendasikan anda untuk membeli saham KRAS, maupun menghindari sahamnya. 

Namun lebih kepada sharing pandangan / insight mengenai trading saham. Setiap keputusan beli jual saham harus selalu anda analisa secara otodidak, dan sesuaikan dengan trading plan anda masing-masing.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.