Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Software untuk Trading Saham

Semua aktivitas trading saham baik beli dan jual saham. Semua aktivias menganalisa saham, memantau market, IHSG harus dilakukan melalui software trading saham. Software trading memberikan anda informasi2 seperti analisa chart, indeks IHSG, indeks-indeks luar negeri, rangkuman net buy net sell saham tertentu dan lain2. 

 
Banyak trader yang mencari software untuk trading saham. Saya beberapa kali pernah mendapat pertanyaan-pertanyaan: 

"Bung Heze, apakah bapak ada rekomendasi free software untuk analisa saham?"
"Saya ingin analisa teknikal. Software khusus apa yang bisa saya pakai untuk melihat grafik?" 

Jika anda ingin trading, maka anda harus membuka akun rekening efek di kantor sekuritas. Setelah itu, anda bisa install software online trading di situs resmi sekuritas. Yap, di software online trading sekuritas itulah anda bisa melakukan analisa saham, analisa grafik (teknikal), screening, trading dan masih banyak lainnya. 

Pelajari juga panduan membuka akun saham di kantor sekuritas pada free ebook (33 halaman) berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Dan baca juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

Jadi sebenarnya dengan software online trading yang sudah anda daftarkan di kantor sekuritas, anda sudah bisa melakukan trading dan analisa-analisa saham. Software trading dari sekuritas sudah lebih dari cukup untuk menganalisa saham, menganalisa market dan mengambil keputusan trading. 

Anda tidak membutuhkan software khusus apapun untuk bisa melakukan trading, screening saham dan analisa teknikal. Baca juga: 2 Aplikasi Screening Saham. 

Anda bisa pelajari juga strategi-strategi trading saham dan full praktik analisa teknikal untuk memilih saham2 yang bagus dan potensial, dengan analisa2 simpel disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Banyak trader saham yang ingin mencari software-software trading khusus karena trader ingin mencari:
  • Software-software yang bisa melakukan screening saham secara otomatis
  • Software trading yang bisa memberikan sinyal buy sell secara akurat
  • Software trading yang bisa memberikan sinyal saham yang paling bagus 
  • Software robot trading, supaya trader tidak perlu menganalisa saham sendiri

Namun saya ingin sharing pada anda, bahwa tidak ada software trading saham yang bisa memberikan sinyal profit yang pasti. Kalau anda berniat membeli software saham dengan harga puluhan juta yang "katanya" yang bisa memberikan sinyal profit pasti: "Saham A akan naik 5% besok berdasarkan sinyal indikator".

Maka saya sarankan jangan percaya dengan software-software tersebut. Daripada anda membuang uang puluhan juta untuk membeli software khusus yang sifatnya tidak pasti, lebih baik anda melakukan analisa saham secara mandiri dan otodidak. 

Tidak ada profit yang instan. Tidak ada profit saham yang dihasilkan dari software auto-robot. Dalam trading saham, anda harus bisa melakukan analisa saham secara mandiri. 

Karena dengan analisa saham mandiri, anda bisa mengetahui sendiri saham2 apa yang bagus, yang layak dibeli. Anda bisa tahu sendiri kondisi market seperti yang bagus untuk trading. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

Masalahnya, kalau anda nurut 100% dengan sinyal dari software trading robot, ketika kondisi market berubah, sinyal yang diberikan juga akan meleset. Tapi kalau anda menganalisa mandiri, anda bisa lebih paham kondisi market yang bagus dan tidak untuk trading. Sehingga anda bisa mengatur trading plan dan manajemen modal.  

Demikian juga dengan screening (memilih) saham. Screening saham ada baiknya dilakukan secara manual, dengan menganalisa saham2 yang bagus melalui software trading untuk dimasukkan ke dalam stock pick trading anda. 

Pelajari juga cara-cara melalukan screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. Walaupun ada software2 khusus untuk screening saham, namun screening saham manual (otodidak) harus tetap anda lakukan sendiri, supaya anda paham saham2 yang bagus buat trading.  

Kembali lagi ke software untuk trading saham. Dalam menggunakan software trading, justru saya menyarankan pada anda untuk sering-sering menggunakan software dari kantor sekuritas yang sudah anda daftarkan. Mengapa? 

Karena anda melakukan beli jual saham melalui software trading sekuritas, maka anda harus pahami menu-menunya, terutama menu chart untuk analisa, sehingga anda bisa lebih familiar dengan tampilan software trading anda. 

Buat anda yang belum buka akun saham di kantor sekuritas, anda bisa menggunakan software free untuk analisa teknikal. Misalnya, anda bisa pakai software RTI Chart. Anda bisa pakai RTI Chart di PC atau laptop (kalau anda biasa pakai smartphone, anda bisa download di Playstore).  

Jadi kalau anda ingin ingin mencari software saham untuk trading, carilah software saham yang ada analisa chart lengkap (candlestick, indikator2 umum). Jangan mencari software untuk trading saham yang bisa memberikan sinyal saham "akurat" secara otomatis. 

Anda yang belum punya software online trading, segeralah membuka akun saham di kantor sekuritas terdekat atau bisa secara online. Pelajari cara-caranya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Di software saham sekuritas, anda bisa lebih fokus untuk melakukan analisa-analisa chart seperti indikator, candlestick, chart pattern, support resisten serta memantau market saham secara real time. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.