Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Bank Mandiri

El Heze
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) adalah salah satu perusahaan perbankan yang cukup ternama di Indonesia. Tahukah anda bahwa PT Bank Mandiri adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?



Artinya sebagai masyarakat umum, anda punya kesempatan untuk menjadi pemegang saham perusahaan Bank Mandiri. Mungkin anda bertanya-tanya: "Bagaimana cara beli saham Bank Mandiri? Di pos ini kita akan bahas cara membeli saham Bank Mandiri. 

Berikut panduan cara membeli saham Bank Mandiri

1. Buka akun rekening efek di kantor sekuritas / online 

Untuk bisa membeli saham, anda harus membuka akun rekening di kantor sekuritas terlebih dahulu atau buka akun saham secara online. Panduan membuka rekening saham di sekuritas maupun online bisa anda pelajari langkah2nya pada free ebook (33 halaman) di web Saham Gain: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.   

Jika anda sudah memiliki akun trading saham, anda bisa langsung baca ke langkah berikutnya. 

2. Login ke software online trading --> Trade --> Buy 



Anda juga bisa tekan tombol Alt + F2 untuk tombol beli saham. Disini saya menggunakan contoh software trading dari Danareksa Sekuritas. Menu2 utama untuk beli saham setiap software sama. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software trading masing-masing. 

3. Setelah itu, muncul order buy seperti pada tampilan berikut: 
Cara membeli saham Bank Mandiri
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham Bank Mandiri, anda harus ketikkan kode sahamnya terlebih dahulu. Kode saham perusahaan Bank Mandiri adalah BMRI. Ketikkan pada kode Symbol. 

Setelah itu akan muncul tampilan harga saham Bank Mandiri yang terlihat dari harga bid (permintaan beli) dan offer (penawaran jual). Untuk lebih jelasnya lihat tanda lingkaran. Anda yang belum paham cara membaca bid offer harga saham, bisa pelajari tulisannya disini: 


Perhatikan nomor 2. Anda harus ketikkan harga saham (Price) dan jumlah lot (Lots) yang ingin anda beli. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. Belilah saham sesuai dengan jumlah modal yang anda miliki. 

Harga saham Bank Mandiri terakhir bisa anda lihat pada harga Offer yang paling atas yaitu Rp4.900 (lihat tampilan bid offer diatas untuk lebih jelasnya). 

Jika anda ingin membeli saham Bank Mandiri di harga Rp4.900 sebanyak 5 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham Bank Mandiri adalah = Rp4.900 x 5 lot x 100 lembar saham = Rp2.450.000. Ditambah dengan fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Itulah cara menghitung modal yang harus anda keluarkan untuk membeli saham Bank Mandiri. 

3. Analisis grafik saham Bank Mandiri

Membeli saham harus dilakukan dengan analisis. Salah satu analisis utama yang digunakan adalah analisis grafik (analisis teknikal). Berikut grafik saham Bank Mandiri.   
Grafik saham Bank Mandiri
Analisis grafik dilakukan untuk melihat dan menganalisa apakah saham Bank Mandiri harganya sudah bagus untuk dibeli, dan berpotensi naik atau belum. 

Pada analisis grafik, anda harus menganalisa support resisten, tren, candlestick (lihat nomor 1). Kemudian anda juga harus pelajari indikator untuk melihat sinyal beli dan jual (lihat nomor 2 pada grafik diatas). 

Pelajari juga cara-cara membaca analisa grafik untuk memilih saham bagus disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.
Itulah panduan cara membeli saham Bank Mandiri. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam profit. 

2 komentar:

  1. apakah jika sudah membeli saham Dan harga turun modal akan hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu tidak. Selama anda belum menjual saham, modal anda tidak akan hilang, dan sifatnya adalah floating / unrealized loss.

      Sewaktu-waktu jika harga saham anda naik lagi, maka floating loss bisa berkurang atau berubah jadi floatinf profit jika saham naik diatas harga beli anda.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.