Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Modal Kecil, Berapa Profitnya?

El Heze
Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang tertarik memulai belajar saham dan membuka rekening saham, maka secara kita sadari atau tidak, investor / trader di Indonesia banyak didominasi oleh pemula.



Kebanyakan trader saham pemula biasanya akan memulai beli saham dengan modal kecil, karena saat ini sudah banyak kemudahan2 dalam trading, salah satunya dari segi modal atau duit. 

Dengan modal dibawah Rp5 juta bahkan dibawah Rp1 juta anda sudah bisa mulai trading saham. Sekarang 1 lot adalah 100 lembar saham (kalau dulu 1 lot = 500 lembar saham), sehingga beli saham dapat lebih mudah dilakukan dengan modal kecil. 

Oleh karena itu, saya sering mendapat pertanyaan: "Bung Heze kalau saya mulai trading saham dengan modal kecil, berapa potensi profit yang akan saya dapatkan?"  

Sebelum kita masuk lebih jauh, yang dikatakan 'modal kecil' itu bisa jadi sangat subjektif. Ukuran modal bisa jadi berbeda setiap orang. Oleh karena itu, kita samakan persepsi dulu. Trading dengan modal kecil adalah trading dengan modal dibawah Rp1 juta sampai Rp3 juta. 

Tapi buat pemula, saya menyarankan anda untuk memulainya dengan modal minimal Rp1 juta, jangan kurang dari itu. Saya sudah pernah bahas juga ulasannya disini: Modal Ideal Trading Saham.  

Kalau bicara soal berapa besar profit yang bisa anda dapatkan, saya pribadi tidak menjawab dengan ukuran pasti. Mengapa? Karena setiap orang bisa mendapatkan profit yang berbeda-beda. 

Kalau trader A bisa dapat untung Rp100 ribu dengan modal Rp2 juta, belum tentu anda yang menggunakan modal Rp2 juta juga dapat untung yang sama. Ada beberapa hal yang membuat besar kecilnya profit setiap trader berbeda-beda yaitu: 

-Pengalaman trading 
-Kualitas saham yang anda beli
-Kondisi pasar saham saat itu 

Bicara soal pengalaman pribadi, saya dulu memulai trading dengan modal sekitar kurang lebih Rp3 juta. Saat itu, modal saya dalam 3 bulan berkembang menjadi Rp550.970. 

Jadi dalam 3 bulan, profit saya saat itu sekitar 18%. Setiap satu transaksi trading, 7.000 - 94.000. Dan setiap beli saham, saya mengalokasikan modal sekitar Rp500 ribu - 1 juta untuk beberapa saham (total modal yang saya pakai Rp3 juta). 

Tetapi memang saat itu saya belajar banyak di akun demo, belajar memilih saham dulu sebelum terjun di dunia trading pakai duit beneran. Selain itu, saat pertama trading, kondisi pasar saham juga lagi bullish. 

Jadi sekali lagi, hasil trading setiap trader bisa bervariasi. Anda mungkin bisa mendapatkan profit lebih besar dari saya, atau sebaliknya. Semua kembali lagi pada poin2 diatas yaitu pengalaman trading, kondisi market market dan kualitas saham yang dibeli. 

Nah, kalau seandainya IHSG saat itu bearish alias lagi anjlok, saya yakin pasti profit saya juga tidak sebesar itu. Berhubung IHSG bullish, mayoritas saham lagi naik daun, sehingga memilih saham saat itu lebih mudah.    

Namun harus diakui, kalau modal anda katakanlah 'cuma' Rp1 juta, profitnya pasti juga nggak terlalu besar. Pada pengalaman yang saya sharing tadi, profit saya juga ada yang "hanya" 7.000.  

Sekarang kita coba hitung lebih lanjut. Kalau seandainya anda berhasil dapat profit 5% dari kenaikan harga saham anda, maka profit anda adalah sebesar Rp50.000. Itu masih belum dipotong fee beli dan jual. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.

Profit 5% mungkin anda dapatkan dalam beberapa hari, tidak langsung sehari. Karena kalau anda memilih saham2 yang kualitasnya bagus (likuid), kenaikan harga sahamnya lebih smooth. Jarang2 kita menemukan saham likuid yang mudah naik 5% dalam sehari. 

Jadi dengan asumsi anda dapat profit 5% dari satu transaksi trading pakai modal Rp1 juta, maka profit anda kemungkinan berkisar antara Rp45.000-48.000 (setelah dikurangi fee). Dalam praktikknya, bisa saja anda dapat profit lebih besar atau justru lebih kecil dari itu.  

Di pos ini, anda sudah dapat gambaran berapa kira-kira profit yang bisa anda dapatkan dengan modal kecil. Pertama, tergantung dari tiga kondisi tersebut. Kedua, dengan modal kecil, nominal profitnya memang tidak terlalu besar. Yap, mungkin hanya bisa dijadikan penghasilan atau uang jajan tambahan. 

"Berarti kita pakai modal yang lebih besar saja ya Pak Heze? Biar cuannya lebih terasa? Kenapa ada trader yang bisa profit puluhan juta? Modalnya seberapa besar?" Tanya anda penasaran.  

Tidak, ingat bahwa trading dengan modal besar tidak menjamin anda pasti dapat untung. Hilangkan pikiran modal besar = untung besar. 

Secara hitung-hitungan iya, kalau modal anda gede, profitnya lebih besar. Gampangnya, kalau modal Rp1 juta anda profit 5%, maka untungnya Rp50.000. Tapi kalau modal anda Rp100 juta, anda profit 5%, maka untung anda adalah Rp5 juta.  

Namun dunia trading saham tidak semudah hitung-hitungan matematika seperti itu. Kita sudah bahas diatas tadi, ada tiga faktor yang membuat profit setiap trader itu berbeda-beda. Terutama dari segi PENGALAMAN TRADING dan SAHAM YANG ANDA PILIH (kualitas saham). 

Pengalaman trading adalah kemampuan anda untuk menganalisa saham, mengelola psikologis, analisa market dan meminimalkan kerugian (cut loss). sedangkan kualitas saham adalah kemampuan anda untuk memilih saham yang menguntungkan. 

Semua ini bisa anda dapatkan apabila anda memiliki PENGETAHUAN TRADING (analisa saham), dan anda mempraktikannya dalam trading saham secara terus menerus.  

Artinya, kalau anda pakai modal besar tetapi anda belum memiliki pengetahuan dan pengalaman trading yang mumpuni, yang ada modal besar justru akan membuat kerugian anda semakin besar. 

Trading dengan modal besar juga membutuhkan psikologis trading yang matang. Itulah kenapa untuk para trader pemula disarankan untuk mulai bertahap dengan modal kecil terlebih dahulu. 

Meskipun profitnya "hanya" terkesan seperti uang jajan tambahan, tapi disinilah anda berproses untuk belajar dan menambah pengalaman. Kalau anda sudah naik level dalam trading (bisa untung, bisa milih saham sendiri, bisa meminimalkan kerugian), barulah anda bisa menambah modal trading. 

Jadi kalau anda bertanya berapa profit yang bisa didapatkan dengan modal kecil, di pos ini anda sudah mendapatkan jawabannya. 

Untuk anda yang ingin memahami analisa saham untuk mencari saham-saham bagus, dan mendalami langsung praktik dan strategi trading saham, anda disarankan untuk mempraktikkan cara-cara memilih saham disini: Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik - Diskon 15%. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.