Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Investasi Saham & Analisa Laporan Keuangan

Memilih saham untuk investasi jangka panjang, harus anda lakukan dengan analisa dan pertimbangan yang matang. Investasi saham ibarat anda membeli perusahaan, bukan hanya membeli saham untuk diperjual-belikan jangka pendek. 


Jadi, kalau anda punya tujuan jadi investor saham, anda harus memahami ANALISIS FUNDAMENTAL. Analisis fundamental merupakan analisa yang mempelajari kondisi kesehatan dan inti bisnis perusahaan, serta mendalami laporan keuangan perusahaan (untuk melihat kesehatan financial). 

[Anda yang ingin belajar investasi saham plus full praktik analisa laporan keuangan untuk menganalisa perusahaan2 yang bagus untuk investasi jangka panjang, anda bisa pelajari strategi2 memilih saham untuk investasi disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman).] 

Investor saham pemula seringkali belum memahami step by step belajar analisa fundamental. Oleh karena itu, anda perlu memahami apa saja yang harus anda pelajari supaya bisa memilih saham secara mandiri untuk investasi saham. Berikut adalah poin-poin utama investasi saham yang perlu anda pahami:  

1. Mengenal perusahaan yang anda investasikan

Investasi saham ibarat anda membeli perusahaan. Jadi sebelum anda memutuskan beli saham, anda harus memahami perusahaan apa yang anda investasikan. Bagaimana cara mengenal perusahaan yang akan anda investasikan? Anda harus perhatikan hal-hal berikut:
  • Pahami produk-produk utama (lini bisnis inti) perusahaa.
  • Pahami perusahaan bergerak di sektor apa
  • Apakah produk2 perusahaan dibutuhkan masyarakat banyak?
  • Apakah produk perusahaan mudah ditemukan? 
  • Apakah perusahaan memiliki tata kelola yang baik? 
  • Apakah produk perusahaan terbukti bisa bertahan jangka panjang?
  • Apakah perusahaan melakukan inovasi2 sesuai perkembangan zaman?  
Intinya, anda harus paham dengan perusahaan yang mau anda beli. Kalau anda investasi saham, namun anda tidak paham bagaimana popularitas brand perusahaan di masyarakat misalnya, maka hal ini ibarat anda membeli barang namun anda tidak paham kegunaan barang tersebut. 

Mengenal perusahaan yang anda investasikan adalah bagian dari analisa kualitatif, yaitu analisa-analisa fundamental yang perlu anda pelajari lebih dalam tentang perusahaan itu sendiri, tanpa melihat ukuran angka seperti laporan keuangan. 

Seperti apa kriteria perusahaan yang bagus untuk investasi? Dalam hal apa perusahaan dikatakan layak investasi? Anda bisa pelajari disini: Belajar Investasi Saham Pemula - Expert. 

2. Analisis sektoral saham 

Analisa sektoral saham dilakukan dengan cara menganalisa apakah sektor perusahaan yang akan anda investasikan adalah sektor yang bagus dalam jangka panjang. Dan apakah sektor usaha tersebut dibutuhkan oleh masyarakat? 

Anda juga harus menganalisa apakah perusahaan yang akan anda investasikan di sektor tersebut adalah perusahaan yang unggul di sektor industrinya? Karena tidak semua perusahaan unggul di sektornya. 

Katakanlah perusahaan A memiliki aset sebesar Rp50 miliar dan laba bersihnya Rp1 miliar. Kemudian perusahaan B di sektor yang sama memiliki aset sebesar Rp350 miliar dan laba bersihnya sebesar Rp60 miliar. Dari segi company size, mana yang lebih bagus untuk investasi? 

"Tentu perusahaan B pak" Kata anda.

Benar. Perusahaan dengan company size lebih besar akan lebih menarik. Investor saham biasanya akan lebih tertarik perusahaan yang punya fundamental baik yang didukung dengan company size yang besar. Perusahaan yang unggul di sektornya juga punya kemampuan membagikan dividen yang lebih mumpuni.  

3. Analisis laporan keuangan

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN merupakan analisa fundamental kuantitatif yang PALING PENTING, sebelum anda memutuskan untuk membeli saham. Analisa laporan keuangan dapat memberikan informasi2 analisa fundamental: 
  • Kondisi kesehatan keuangan perusahaan
  • Kemampuan perusahaan mencetak profit
  • Ketahanan laba dalam jangka panjang 
  • Kesehatan struktur utang perusahaan
  • Informasi struktur modal 
  • Potensi kemampuan perusahaan membagikan dividen (passive income)
  • Kemampuan perusahaan meminimalkan beban dan biaya 
  • Dan masih banyak informasi lainnya 
Analisa laporan keuangan adalah analisa fundamental yang perlu anda pelajari dan perdalam paling intens, karena informasi2 di laporan keuangan dapat memberikan banyak sekali analisa yang bisa anda gunakan untuk melihat apakah perusahaan layak investasi atau tidak. 

Banyak materi yang memberikan pemaparan mengenai cara membaca laporan keuangan. Namun tidak banyak yang memberikan analisa laporan keuangan secara detail, mendalam yang dikhususkan untuk mencari saham2 bagus untuk jangka panjang. 

Jadi untuk anda yang ingin mendalami analisa laporan keuangan, bukan hanya sekedar bisa membaca laporan keuangan, namun bisa menggunakan analisa laporan keuangan untuk praktik investasi saham, anda bisa pelajari analisa-analisa full laporan keuangan disini: Ebook Analisis Fundamental SahamPelajari juga: Belajar Analisis Laporan Keuangan

4. Valuasi & harga wajar saham 

Analisa valuasi dan melihat harga wajar saham juga merupakan bagian penting dari analisa investasi saham. Terutama untuk anda yang ingin mencari saham2 yang sedang murah secara fundamental, maka analisa valuasi saham ini sangat diperlukan. 

Analisa valuasi saham sederhana bisa anda pelajari melalui analisa Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV). Anda bisa pelajari disini: Valuasi Saham: Price Earning Ratio & Price to Book Value.

ANALISIS FUNDAMENTAL MAKRO DAN MIKRO

Poin2 yang kita bahas diatas khususnya poin 1,3,4 adalah analisis investasi saham yaitu fundamental mikro, karena kita berfokus untuk mempeleajari kondisi perusahaan secara detail. 

Selain mempelajari perusahaan secara komprehensif, dalam investasi saham anda juga harus mempelajari analisa fundamental makro yaitu mempelajari kondisi ekonomi negara sebagai indikator apakah saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli saham. Kalau kita gambarkan, analisa fundamental dapat dijabarkan sebagai berikut: 
Belajar investasi saham
Analisa ini kita kenal dengan pendekatan analisis top down. Jadi di pos ini, kita sudah membahas bersama garis besar belajar investasi saham yang perlu anda lakukan, jika anda ingin membeli saham untuk jangka panjang (diatas 1 tahun). 

Belilah saham berdasarkan analisa fundamental, jika anda adalah seorang investor. Sebelum anda investasi, pahami dahulu ilmu-ilmu fundamental, supaya anda bisa menghasilkan profit maksimal jangka panjang dari investasi saham anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.