Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Money Management, Mindset, Method

"Pak kalau saya punya uang Rp3 juta, apa yang harus saya lakukan di saham?" Pertanyaan seperti ini sering sekali saya terima dari teman-teman yang ingin belajar saham. Di grup-grup saham, pertanyaan2 seperti ini juga sering sekali kita jumpai. 

Jika anda menerima pertanyaan seperti demikian, maka idealnya kita akan merekomendasi beli saham yang harganya murah, punya teknikal yang bagus dan terjangkau dengan modal Rp3 juta. 

Namun faktanya, mayoritas trader yang bertanya demikian ternyata nyaris belum punya pengetahuan apapun tentang saham (trading dan investasi saham). Sehingga kalau trader pemula diberikan 'kata kunci' saham apa yang sebaiknya ditradingkan dengan modal sekian, maka kemungkinan yang terjadi trader justru akan mengalami kerugian semakin besar.

Dalam praktik trading, tidak sedikit trader yang maju dengan modal uang, namun belum memiliki pengetahuan apapun tentang saham. Padahal modal utama untuk memulai bisnis saham, bukan uang, namun pengetahuan. Saya juga pernah bahas disini: Modal Utama agar Profit di Saham. 

Pengetahuan dalam trading saham, yaitu mencakup 3 M: Mindset, money management dan method. Mari kita bahas. 

1. Mindset 

Mindset adalah pengetahuan yang harus anda miliki dalam trading. Tanpa mindset yang benar, berapapun uang yang anda tanamkan di saham pasti akan habis. 

Mindset trading akan mengarahkan anda untuk trading di jalur yang benar, tidak gambling, dan bisa menyusun target-target yang realistis dalam trading dan mencetak profit, sehingga dalam jangka panjang trading anda akan berkembang jauh lebih baik.

Cara menyusun mindset yang benar dalam trading, termasuk mempelajari kesalahan2 trader yang seringkali tidak disadari, juga kita bahas praktik2nya disini: Ebook Trading Saham. Anda bisa mempelajarinya.

2. Method

Pengetahuan trading penting yang harus anda pahami adalah METODE. Metode berkaitan dengan analisis, yaitu analisis teknikal, kombinasi screening saham, pemilihan yang anda terapkan untuk trading. 

Untuk bisa mendapatkan profit dalam trading, anda harus mampu mempraktikkan dan memahami ANALISIS TEKNIKAL. Tanpa metode yang baik (analisis), anda tidak akan bisa mengetahui saham-saham mana yang memiliki potensi bagus untuk trading. 

Terkait metode dan praktik analisis teknikal dan screening saham bisa anda pelajari strategi2nya disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal dan Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Jadi sebelum anda memutuskan trading, pahami dahulu metode-metode analisis dan screening untuk memilih saham.  

3. Money management / manajemen modal (MM)

Di dalam trading anda butuh uang. Tanpa uang anda tidak akan bisa beli saham. Ukuran keberhasilan anda dalam trading juga diukur dari seberapa kemampuan anda untuk mengembangkan modal menjadi profit. 

Oleh karena itu anda butuh yang namanya manajemen modal (MM). Manajemen modal merupakan seni anda untuk mengelola diversifikasi saham, membeli saham2 yang layak untuk trading, menambah modal di saat yang tepat, dan membagi modal anda untuk trading. 

Di web Saham Gain ini, saya sudah pernah menuliskan beberapa pemahaman tentang manajemen modal. Anda bisa baca-baca beberapa pos saya disini: Manajemen Modal. 

Intinya, Berapapun uang yang anda pakai di saham, anda harus paham cara mengelolanya. Itulah konsep dari manejemen modal. Pengelolaan modal ini akan menghasilkan arah trading yang lebih baik, sehingga modal anda bisa berkembang. 

Belajar saham - Money management, mindset, method

Modal utama dalam trading saham adalah PENGETAHUAN, bukan uang. Sebanyak apapun uang yang anda punya tanpa didukung pengetahuan, pasti akan habis - Saham Gain.. 
Jadi 3M inilah yang harus anda pahami sebelum anda memutuskan trading. Pahami mindset trading yang benar (di pasar saham masih banyak trader yang mindset-nya keliru). 

Dalam trading anda juga harus belajar analisis teknikal, memilih saham yang bagus yang punya potensi naik (metode). Anda juga harus mengatur (manajemen) modal anda, agar diversifikasi anda lebih teratur. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.