Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menganalisa Saham Bagi Pemula

Dari sekian banyak saham di Bursa Efek, anda harus memilih beberapa saham saja (1-5 saham) untuk ditradingkan. Kalau anda sudah terbiasa trading, setidaknya anda sudah paham cara melakukan analisa saham, untuk memilah saham2 yang layak trading. 

Namun untuk trader pemula, tentu saja hal ini bisa menjadi kendala trading apabila anda tidak memahami cara menganalisa saham yang benar. 

Pemula yang masih minim pengalaman ketika dihadapkan dengan pilihan saham yang banyak. Di satu sisi, tidak semua saham punya pola2 yang bagus untuk trader pemula. 

Maka dari itu, di pos ini kita akan membahas cara menganalisa saham untuk trader pemula. Bagaimana caranya? Berikut beberapa praktik yang dapat anda terapkan untuk menganalisa saham bagi pemula 

1. Memilih saham yang cocok buat pemula 

Dari sekian banyak saham di Bursa Efek, pilihlah saham2 yang yang cocok untuk pemula. Pilihlah saham2 yang risikonya kecil, mudah dianalisa, likuiditas sahamnya bagus (banyak ditradingkan). 

Untuk pemula, strateginya anda harus mengerucutkan pilihan saham berdasarkan kriteria2 tersebut, agar anda dapat lebih to the point dalam memilih saham anda meminimalkan risiko memilih saham2 yang salah. 

Cara-cara simpel dan efektif memilih saham untuk level basic sampai expert (bisa memilih saham sendiri untuk trading), bisa anda pelajari strategi2nya disini: Cara Mudah Screening Saham Bagus. 

Di pasar saham, ada banyak sekali saham2 yang risikonya besar untuk pemula (meskipun sahamnya terlihat menggiurkan secara return dan harga yang terjangkau untuk pemula). 

Target pemula adalah menekan kerugian, bukan mendapatkan profit sebesar mungkin. Oleh karena itu, salah satu langkah yang harus anda lakukan adalah memilih saham yang benar untuk trading.  

2. Analisa teknikal yang simpel

Selalu utamakan analisa teknikal ketika anda memilih saham. Jika anda masih pemula, jangan pernah mengabaikan analisa teknikal, karena analisa teknikal adalah senjata utama trader untuk memilih saham. 

Seringkali saya temukan trader pemula yang langsung menganalisa saham hanya dengan melihat net buy, net sell, bandarmologi. Tidak masalah anda mempelajari analisa2 lain. Namun analisa teknikal adalah analisa utama yang harus anda gunakan dalam memilih saham, terutama kalau anda masih pemula. 

Gunakan analisa teknikal yang simpel, yang dapat dipraktikkan dengan mudah oleh pemula. Analisa teknikal yang simpel dapat memberikan analisa2 yang lebih akurat untuk pemula. Anda bisa baca kembali tulisan saya tentang: Analisis Teknikal yang Akurat untuk Pemula. 

3. Analisa beberapa saham saja  

Untuk pemula, saya menyarankan anda untuk menganalisa beberapa saham terlebih dahulu. Setelah anda memilih saham2 yang cocok untuk pemula (poin 1), fokuskan analisa dan membeli beberapa saham. 

Setelah anda mulai paham analisa teknikal dan cara mempraktikannya di market, anda bisa menambah jumlah / daftar saham watchlist anda. 

4. Analisa fundamental sebagai pelengkap 

Selain mempelajari analisa teknikal, anda perlu mempelajari analisa fundamental. Jika anda trader, analisa fundamental ini bisa menjadi pelengkap dan sarana untuk memilih saham2 yang bagus. Baca juga: Perlunya Analisis Fundamental untuk Trader. 

Analisa fundamental harus anda pelajari supaya selain membeli saham2 yang baik secara teknikal, anda bisa membeli saham2 yang jelas (baik dari produk2nya, kinerja, saham beredar). Saham2 yang fundamentalnya bagus, umumnya memiliki pergerakan teknikal yang baik (likuid dan banyak ditradingkan). 

5. Review portofolio 

Anda harus melakukan review trading saham anda, misalnya setiap bulan. Dengan demikian, anda bisa melihat kinerja trading anda. Apakah analisa yang anda pakai bisa meminimalkan kerugian? 

Apakah saham2 pilihan anda bisa menghasilkan profit? Kalau analisa anda cocok, anda bisa lanjutkan dan tidak perlu merubah total analisa trading anda. Namun kalau tidak cocok, anda harus evaluasi kembali trading anda. 

Intinya untuk menganalisa saham buat pemula: Anda harus selektif memilih saham (pilih saham2 yang riskonya kecil), selalu lakukan analisa teknikal dan pelajari fundamental, serta review portofolio. 

Dengan demikian, hasil trading anda akan jauh lebih baik. Langkah awal yang benar akan menentukan mindset dan karir trading and selanjutnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.