Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal yang Akurat untuk Pemula

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan pertanyaan dari rekan trader pembaca web Saham Gain ini: "Pak Heze, analisis teknikal saham apa saja harus dipelajari oleh pemula agar kita bisa melakukan eskekusi beli dan jual saham yang baik?"

Sebelum kita bahas lebih banyak, anda perlu mengetahui dahulu dasar-dasar analisis teknikal yang paling penting untuk trading saham, yaitu sebagai berikut: 

- Candlestick
- Indikator trading (untuk sinyal beli jual)
- Analisis volume (melihat likuiditas saham) 
- Membaca tren saham (trennya naik, turun / sideways)
- Menentukan titik support dan resisten saham
- Chart pattern (mempelajari pola grafik saham & psikologis pasar)

Itulah analis teknikal yang pertama harus anda pelajari untuk pemula. Sebab analisa-analisa tersebut adalah analisa yang paling utama untuk melihat apakah saham akan naik atau turun. Kalau anda nggak paham baca candlestick misalnya, maka anda tidak akan bisa melihat bagaimana psikologis, harga saham, dan kecenderungan pergerakan saham jangka pendek.  

Jadi kalau anda masih pemula, atau bahkan anda yang sudah trading beberapa tahun, saya sarankan anda pahami dengan benar analisa-analisa teknikal tersebut. Untuk analisa2 lain seperti running trader, bandarmologi itu hanyalah analisa tambahan. 

Anda bisa pelajari materi2 analisa teknikal disini: Praktik Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

Tapi yang namanya trading saham, anda tidak hanya saya sarankan untuk membaca analisa teknikal. Anda harus mempraktikannya. Tujuannya, agar anda mengetahui apakah analisa2 yang anda pelajari (secara teori), benar2 mampu menghasilkan untung (secara praktikal).

Berdasarkan pengalaman saya, analisa2 teknikal yang akurat (baik untuk pemula maupun anda yang saat ini lagi menjalankan trading) yang terbukti bisa menghasilkan profit

- Mencari saham-saham yang diskon secara analisa teknikal
- Mencari saham yang breakout 
- Analisa candlestick yang akurat untuk memprediksi saham 
- Menentukan support-resisten dan kombinasi chart pattern yang simpel & akurat
- Membaca saham2 turun yang berpotensi naik / rebound

Analisa2 teknikal inilah yang perlu anda praktikan lebih dalam untuk bisa mendapat profit di saham, baik untuk pemula maupun anda yang sudah trading. Karena dalam trading, saham2 seperti itulah yang harus anda cari.    

Semua kombinasi2 analisa teknikal yang terbukti bisa menghasilka profit, dasar / basicnya ya dari analisa2 yang saya sebutkan itu tadi (candlestick, tren, support resisten dan lain2). 

Praktik-praktik analisa teknikal yang berisi strategi trading secara langsung (praktikal) untuk menemukan saham2 yang naik, dan membaca saham2 yang akan turun, pernah saya bahas disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

Di mana pada materi2 tersebut anda akan langsung masuk pada praktik-praktik yang lebih dalam dan strategi untuk menganalisis saham secara SIMPEL, MUDAH DIPRAKTIKKAN, bukan hanya teori. 

Jadi kalau anda bertanya: Analisa teknikal apa yang pertama harus dipelajari? Anda sudah berada di jalur yang benar. Anda hanya tinggal mempraktikan apa dan bagaimana analisa teknikal bisa digunakan untuk membaca saham2 yang akan naik. 

Sebab dalam praktiknya, banyak sekali pemula yang tidak fokus untuk mau belajar analisa teknikal, tetapi justru trader pemula langsung mau langsung belajar analisa2 lain selain analisa teknikal. Bahkan banyak trader yang mau langsung untung tanpa mau belajar dan praktik.

Jadi kesimpulannya, basic2 analisa teknikal haruslah anda pahami dulu. Dalam hal ini adalah analisa grafik dan candlestick. Di dalam belajar analisa teknikal, harus anda sertai dengan praktik langsung, yaitu menganalisa dan mempelajari strategi2 trading (mencari saham-saham yang naik). 

2 komentar:

  1. saat rebound, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk breakout? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada patokan pasti. Bisa breakoutnya cuma sehari, bahkan diatas 1 minggu. Kondisi market juga berpengaruh.

      Kalau IHSG lagi jelek, sangat mungkin breakoutnya hanya terjadi sementara. Kalau IHSG bullish, saham bisa naik dengan jangka lebih panjang (terutama buat saham2 blue chip yang udah murah)

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.