Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menghitung PBV dalam Laporan Keuangan

Rasio Price to Book Value (PBV) merupakan analisa fundamental yang digunakan untuk mengukur valuasi harga saham. Saya pernah pertanyaan dari rekan-rekan tentang bagaimana cara mencari nilai PBV di laporan keuangan.  

Buat anda yang sedang melakukan analisis laporan keuangan, dan ingin mencari nilai PBV di laporan keuangan, maka nilai PBV tidak akan anda temukan pada laporan keuangan perusahaan. Dengan kata lain, anda harus hitung sendiri berdasarkan rumus PBV. 

Kalau anda belum tahu interpretasi PBV dan cara menghitung PBV, anda bisa baca kembali tulisan saya disini: Analisis Fundamental Saham: Price to Book Value (PBV). 

Jadi di pos ini, kita akan menghitung PBV dalam laporan keuangan. Berikut adalah cara menghitung PBV dalam laporan keuangan: 

1. Buka laporan keuangan perusahaan

Anda bisa download laporan keuangan terlebih dahulu di situs IDX. Langkah2nya baca disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

2. Menghitung PBV dalam laporan keuangan 

PBV rumusnya adalah: Harga saham / book value per share (Jumlah ekuitas / jumlah saham beredar). 


Saya akan menggunakan contoh laporan keuangan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Untuk hitung PBV, angka yang tersedia di laporan keuangan hanyalah angka 'jumlah ekuitas' dan 'jumlah saham beredar'. Sehingga untuk menghitung PBV pertama-tama anda harus masuk ke laporan keuangan bagian laporan perubahan ekuitas. Perhatikan laporan perubahan ekuitas HMSP dibawah ini: 
Cara menghitung PBV dalam laporan keuangan
Katakanlah anda ingin mencari PBV HMSP akhir tahun 2018, maka anda bisa cari nilai total ekuitas di laporan keuangan (perhatikan tanda persegi hijau). Total ekuitas HMSP = Rp35.358.253.000.000.

Untuk mencari jumlah saham beredar, anda bisa melihat pada Laporan Posisi Keuangan --> Ekuitas --> Modal Saham (Pakai angka Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh). Berikut jumlah saham beredar HMSP di laporan keuangan:

Klik gambar untuk memperbesar

Jumlah saham beredar HMSP di laporan keuangan adalah sebesar 116.318.076.900 saham. Baca juga: Cara Mencari Jumlah Saham Beredar di Laporan Keuangan.

Untuk mencari harga saham akhir tahun 2018, anda bisa mencari di Yahoo Finance atau IDX. Baca langkah2nya disini: Cara Mencari Harga Saham di Yahoo Finance. Harga saham HMSP per 31 Desember 2018 adalah 3.710. Berikut data harga saham HMSP di Yahoo Finance: 

Untuk menghitung PBV, anda cukup ambil harga saham Close-nya. 

Kita sudah menemukan semua datanya baik dari laporan keuangan maupun Yahoo Finance untuk data harga saham. Sekarang kita akan mencari nilai PBV-nya. Rumus PBV: Harga saham / book value per share (Jumlah ekuitas / jumlah saham beredar). 

= 3.710 / (Rp35.358.253.000.000 / 116.318.076.900 saham) = 12,204 kali. 

Itulah cara menghitung PBV dalam laporan keuangan. Untuk angka ekuitas dan jumlah saham beredar, bisa anda cari di laporan keuangan. Sedangkan harga saham bisa anda cari di Yahoo Finance atau IDX, sesuai dengan kebutuhan anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.