Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Indofood

El Heze
Produk-produk konsumsi yang anda gunakan sehari-hari, sekarang anda bisa turut menjadi bagian dari kepemilikan perusahaannya. Yup, yaitu dengan membeli saham perusahaan tersebut. 

Produk yang sudah digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah produk perusahaan Indofood. Siapa yang tidak kenal dengan Indofood? Salah satu produk Indofood paling terkenal adalah produk mi instan, yang sudah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan. 

Anda yang ingin memiliki saham Indofood, anda bisa membelinya karena Indofood adalah perusahaan go public, yang artinya, sahamnya bisa dimiliki oleh masyarakat umum. Tapi bagaimana caranya supaya anda bisa punya saham Indofood? 

Berikut adalah panduan cara membeli saham Indofood

1. Buka akun di kantor sekuritas

Aktivitas trading saham harus dilakukan di software online trading saham. Agar anda bisa memiliki software trading saham dan membeli saham, maka anda harus buka akun di kantor sekuritas terlebih dahulu.  

Panduan membuka akun kantor sekuritas (baik secara offline maupun online), bisa anda download materinya free (26 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Kalau anda sudah punya akun saham di sekuritas, sekarang anda bisa download software online trading di situsa resmi sekuritas, lalu anda login menggunakan username dan password anda. Setelah itu, langkah kedua. 

2. Masuk ke menu software online trading. Pilih menu Trade --> Buy



3. Lalu muncul tampilan seperti dibawah ini: 

Cara Membeli Saham Indofood
Pertama-tama, sebelum membeli saham Indofood, perlu anda ketahui bahwa perusahaan Indofood yang go public di Indonesia ada dua yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (kode sahamnya: INDF) dan PT Indofood CBP (kode sahamnya: ICBP). 

Apa bedanya? ICBP adalah Indofood yang produksi utamanya adalah mi instan. Sedangkan INDF adalah Indofood yang produksi utamanya selain mi instan seperti sambal, bumbu masak, minyak goreng, susu dan lain-lain. 

Nah, kalau anda mau membeli Indofood yang memproduksi mi instan, maka ketikkan kode sahamnya ICBP. Sedangkan kalau anda mau beli Indofood selain produk mi instan, ketikkan kode saham INDF. 

Pada contoh gambar diatas, saya menggunakan contoh INDF (nomor 1). Setelah mengetikkan kode saham INDF, akan muncul harga saham INDF. Untuk bisa membeli sahamnya, ketikkan harga saham yang anda inginkan beserta jumlah lot-nya (nomor 2). Setelah itu, klik 'Buy' (langkah 3). 

Dengan demikian anda sudah memiliki saham Indofood. Cukup mudah caranya. 

Untuk melihat harga saham Indofood, anda bisa lihat pada antrian harga bid-offer seperti gambar diatas. Harga saham Indofood pada harga best bid adalah 7.050, dan pada harga best offer adalah 7.075. 

Kalau anda mau beli saham Indofood dan langsung ingin mendapatkan sahamnya, anda bisa membeli di harga 7.075. Kalau anda mau beli di harga lebih rendah yaitu di harga 7.050 atau dibawahnya, anda bisa antri terlebih dahulu. 

Anda yang belum paham dengan mekanisme harga saham, bid-offer, anda bisa pelajari tulisan saya disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham - Part I. 

Sedangkan minimal pembelian saham adalah 1 lot, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Jadi jika anda membeli Indofood pada harga 7.075 sebanyak 15 lot, maka uang yang anda keluarkan adalah 7.075 x 15 lot x 100 lembar = Rp10.612.500. 

Maka dari itu, anda juga harus menyesuaikan modal  yang anda miliki jika ingin membeli saham Indofood. 

3. Analisis grafik saham Indofood  

Grafik saham Indofood
Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis grafik saham Indofood, supaya anda bisa mengetahui momentum yang tepat untuk membeli saham. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara membeli saham Indofood. Anda bisa mempraktikannya.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.