Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham, Tapi Takut Rugi?

Saya sering sekali mendapatkan cerita-cerita dari rekan-rekan yang ingin belajar saham. Sebenarnya cukup banyak rekan-rekan yang takut memulai belajar saham karena takut dengan risiko, takut rugi, tidak berani memulai belajar saham karena melihat banyak trader2 saham yang bangkrut dan modalnya habis dari trading saham. 

Jujur saja, ketika mulai diperkenalkan saham (dulu saya mulai belajar saham karena diajak oleh teman saya, dan itu sebenarnya saya cuma iseng2 ikutan saja), saya pun juga sudah punya pikiran2 negatif seperti itu tadi. 

Tapi setelah mempelajari risiko-risiko di saham, mempelajari kenapa banyak trader saham yang bangkrut, mempelajari strategi2 trading, dan saya melihat ada peluang besar untuk mendapatkan profit yang besar, maka akhirnya saya memutuskan untuk menekuni dunia saham. Saya memulai dengan modal kecil, dan akhirnya bisa berkembang terus sampai saat ini. 

Jadi pesan pertama saya pada anda yang takut mulai belajar saham: Anda harus ACTION. Kalau anda terus takut, tidak berani melangkah, tidak berani memulai, selamanya anda tidak akan bisa mengerti tentang bisnis saham, dan potensi besar untuk meraup profit dari saham. 

Memang di saham itu pasti ada risikonya. Sebenarnya kalau kita mau jeli dan melihat lebih jauh, semua aktivitas bisnis yang anda jalankan itu juga mengandung risiko.

Sebagai contoh, anda mau buka bisnis kafe. Pasti ada risikonya. Risiko nggak BEP alias nggak balik modal, risiko sepi pengunjung dan lain2. Tapi bukan berarti ketika anda melihat risiko yang akan anda hadapi, tiba2 anda berhenti begitu saja dan tidak berusaha. Itu yang salah... 

Kembali lagi bicara saham.. Maka dari itu, untuk memulai belajar saham, actionnya juga harus dimulai dengan cara yang benar. Banyak trader yang bangkrut dan gagal dikarenakan mereka memulai dengan cara yang salah, yang akhirnya menjerumuskan trader dalam kerugian yang besar. 

Bagaimana cara-cara trading yang benar itu? Beberapa waktu lalu, saya sudah menuliska pos nya disini: Tanda-tanda Anda Salah Belajar Saham dan Cara Belajar Saham Pemula yang Benar. 

Dan anda juga harus selalu mempelajari risiko2 di saham, terutama kesalahan2 trader saham pemula dan intermediate. 

Terkait kesalahan-kesalahan trader, kenapa banyak trader yang salah melangkah, juga sudah saya bahas lengkap disini: Buku Saham Pemula - Expert, beserta cara-cara memperbaiki kesalahan trader, agar anda tidak mengulangi kesalahan2 yang sama, termasuk kesalahan2 trading saya dulu. 

Dengan belajar bertahap, memulai cara-cara belajar saham yang benar, profit dan portofolio anda pasti bisa berkembang dengan baik, dan rasa ketakutan entah takut rugi, takut risiko, takut bangkrut perlahan akan hilang. Namun semuanya itu butuh proses.

Oleh karena itu, supaya proses belajar saham yang anda lakukan bisa membuahkan hasil nantinya, tidak kacau dan lebih terarah, anda harus melakukan action dengan cara yang benar, seperti yang saya tuliskan tadi. 
Risiko pasti akan anda hadapi bukan hanya soal belajar saham. Tapi risiko bisa diminimalkan dengan cara action yang benar, bukan dengan berhenti belajar dan mencoba.  
BISNIS SAHAM ADALAH PASSION 

Pesan kedua saya untuk anda yang takut belajar saham: Bisnis saham itu sebenarnya adalah PASSION. Di awal sudah saya jelaskan awal mula saya belajar saham dan akhirnya sampai sekarang saya terus menekuni trading dan investasi saham. 

Saya akui saya memulai untuk trading saham karena saya merasa ada PASSION yang kuat. Sehingga dengan passion ini, saya ada kemauan yang kuat juga, akhirnya saya bisa menghilangkan pikiran2 negatif yang sering dikatakan orang tentang saham, dan ternyata pikiran2 jelek tentang saham itu tidak terbukti, asalkan kita action dengan cara yang benar.

Jadi buat anda yang takut memulai belajar saham, anda harus menganalisa diri anda lagi, anda ada di kategori yang mana: Apakah anda takut belajar saham karena anda hanya mendengar cerita dari Si A, Si B kalau saham itu berbahaya, saham itu judi dan sebagainya?

Atau apakah anda takut belajar saham karena memang pada dasarnya anda nggak punya passion di dunia trading dan investasi saham? 

Saran saya, kalau memang anda sekarang punya ketertarikan untuk belajar saham, atau setelah baca pos ini, semangat anda belajar saham semakin berapi-api, mulailah ACTION dengan cara yang benar, karena kemungkinan besar saham adalah passion anda. 

Jangan sia-siakan passion anda, karena dengan action yang benar, saham bisa menjadi ladang profit. Trust me, dan saya sudah membuktikannya sendiri. 

Sayang sekali kalau potensi dan passion anda untuk meraup profit di saham hilang begitu saja hanya karena anda takut memulai, hanya karena anda mendengar cerita2 negatif dari Si A, Si B.

Tapi kalau setelah baca pos ini anda tetap saja nggak ada semangat belajar saham, anda tetap takut dengan saham atau bahkan anda semakin berpikiran negatif tentang saham, maka kemungkinan besar passion anda bukan di saham. 

Dengan kata lain, abaikan dan lupakan dunia saham. Anda bisa cari bidang lain yang lebih cocok untuk anda, yang sesuai dengan karakter anda pribadi. Karena tidak semua orang punya passion yang sama, dan belajar saham itu bukanlah paksaan. 

Saya pribadi pun terkadang juga tidak cocok dengan bidang ilmu tertentu, dan setelah saya analisa, memang itu bukanlah passion saya. Jadi solusinya, ya saya memutuskan untuk tidak menekuni bidang yang tidak sesuai dengan passion, mungkin saya hanya paham "kulitnya" saja.

Itu saja yang bisa saja share pada anda di pos ini. Setelah baca pos ini, silahkan anda menganalisa, anda termasuk di kategori yang mana.. 

Salam profit... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.