Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Tanda-tanda Anda Salah Belajar Saham

Kesalahan dalam trading saham adalah hal yang biasa terjadi. Setiap trader/ investor pasti pernah mengalami kesalahan, yaitu mengalami kerugian, salah memilih saham, salah memiih indikator.. 

Tetapi kesalahan-kesalahan trader saham ini dapat semakin diminimalkan apabila anda terus belajar, praktik, menganalisa saham, screening saham yang benar, dan mengevaluasi hasil trading anda. Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

Namun faktanya, di pasar saham banyak sekali trader yang dari awal sudah salah melangkah dalam belajar saham. Bagaimana cara agar anda bisa mengetahui apakah anda salah belajar saham, atau langkah2 anda sudah benar?  

Ada lima tanda utama anda salah belajar saham / menerapkan praktik2 trading, yaitu sebagai berikut: 

1. Anda tidak memulai dengan analisis teknikal 

Kalau anda belajar saham tidak memulai dengan mendalami dan mempraktikkan analisa teknikal, maka langkah awal anda sudah salah. Banyak trader pemula yang ingin langsung belajar bandarmologi, belajar caranya baca saham yang bisa langsung naik puluhan persen, langsung cari software2 trading yang bisa menghasilkan kekayaan dalam waktu cepat.

Inti dasar dari trading saham adalah analisa teknikal (dan analisa fundamental untuk investor). Kalau anda tidak memulai dari pemahaman dan praktik analisis teknikal, 

Sudah banyak sekali trader yang nekad membeli saham hanya dengan mengandalkan bandarmologi, pakai software2 trading khusus, hanya melihat running trade, dan tidak menghasilkan profit, karena trader mengabaikan analisa utama dalam trading, yaitu analisa teknikal. 

Perlu anda pahami bahwa analisa-analisa saham diluar analisa teknikal, sifatnya hanyalah analisa tambahan bukan analisa utama. Pelajari juga praktik2 analisa teknikal trading disini: Buku Saham

Kalau anda termasuk salah satu trader yang acuh tak acuh terhadap analisa teknikal, anda harus mengevaluasi kesalahan trading anda. 

2. Anda sudah trading beberapa tahun namun masih rugi terus 

Jika anda sudah menjalankan trading minimal 2 tahun, dan anda serius mempraktikkan analisa teknikal, idealnya anda sudah bisa mencetak profit dan meminimalkan kerugian. Idealnya, trading anda sudah bisa jauh lebih berkembang dibandingkan saat anda start. 

Tapi ternyata banyak sekali trader yang meskipun sudah trading bertahun-tahun, masih tetap rugi, bahkan kerugiannya terus bertambah besar. 

Kalau anda mengalami hal seperti, maka itu adalah tanda anda salah belajar saham. Dimana kesalahannya? 

Ada banyak sekali kemungkinan. Anda belum mendalami analisa teknikal. Anda belum memahami psikologis trading dengan baik. Anda belum menyusun trading plan. 

Jika anda masih sering rugi dalam trading, padahal anda sudah menjalani trading beberapa tahun, maka untuk membetulkan kesalahan-kesalahan trading, dan mempraktikkan analisa teknikal yang lebih maksimal, anda bisa mempelajari praktik analisa teknikal & psikologis trading disini:  Buku Saham Pemula - Expert.  

Karena seharusnya, anda yang sudah trading beberapa tahun, anda sudah bisa berada dalam level trader intermediate, bukan pemula lagi. Itu artinya, harusnya anda minimal sudah bisa mengontrol kerugian, dibandingkan saat anda pertama kali trading.  

3. Anda sudah berpikir untuk langsung jadi kaya 

Baru belajar saham tapi langsung ingin kaya raya.. Inilah tanda bahwa anda salah belajar saham. Pikiran2 untuk langsung mau kaya ini akan menghilangkan rasionalitas trader saham, sehingga trader akan cenderung sangat gegabah dalam memilih saham. 

Hal ini karena yang ada dalam pikiran hanyalah bagaimana cara langsung kaya di saham, sehingga akhirnya trader mencari saham2 yang berisiko, saham2 yang salah tanpa trader menyadarinya. Hal ini membuat trader mengalami rugi besar.

4. Anda membeli saham tanpa menganalisa

Apakah selama ini anda beli saham hanya karena melihat rumor, ikutan trader lain, ikutan rekomendasi berbayar, tanpa menganalisa sendiri sahamnya, dan anda lebih banyak rugi / nyangkut daripada profit? 

Kalau anda sering mengalami hal tersebut sampai saat ini, maka itu adalah anda salah melangkah dalam trading. Hal utama yang harus anda lakukan dalam trading adalah: Menganalisa saham secara mandiri. 

Hal ini karena setiap dari anda adalah unik. Anda memiliki sistem trading sendiri, anda memiliki tipe saham yang cocok untuk anda sendiri, anda memiliki time frame yang paling sesuai untuk anda pribadi. Maka dari itu, dalam trading saham, itulah yang harus anda temukan. 

5. Anda masih tidak mengerti cara memilih saham untuk trading 

Anda yang sudah trading beberapa tahun, namun anda masih bingung ketika berhadapan dengan pasar saham. Anda bingung bagaimana cara memilih saham yang layak untuk trading, sehingga anda selalu acak, dan asal-asalan memilih saham.

Hal ini menunjukkan bahwa anda salah dalam belajar saham. Maka dari itu, anda perlu menerapkan praktik dan analisa screening saham yang benar dan layak. Baca juga: Cara Screening Saham Bagus. 
Tanda-tanda/ "hasil" dari anda salah belajar saham secara keseluruhan dapat terlihat dari portofolio trader yang tidak berkembang
Kelima tanda ini sangat sering saya temui dalam dunia trading. Saya juga sering mendapat curhat, cerita2 dari trader yang masih sering rugi walaupun sudah trading 5 tahun, maupun trader2 pemula yang ingin langsung langsung saya dari saham. 

Nah, kalau anda merasa termasuk salah satu dari kelima poin diatas, dan portofolio anda saat ini tidak berkembang, maka anda harus melakukan evaluasi dan kembalilah ke jalur trading yang benar.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.