Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melakukan Akumulasi Saham

Di pos sebelumnya: Akumulasi dan Distribusi Saham, saya sudah menjelaskan tentang apa itu akumulasi dan distribusi saham. Di pos ini, saya akan menjelaskan tentang strategi melakukan akumulasi saham. 

Saya pribadi terkadang juga menggunakan istilah 'akumulasi' kalau ada trader yang bertanya saham A, saham B sebaiknya dibeli atau tidak. Kalau saya melihat ada pola2 tertentu di saham tersebut, terkadang saya bisa menyarankan untuk akumulasi alias beli bertahap.

Akumulasi saham saya sarankan untuk anda lakukan kalau anda belum terlalu yakin dengan saham yang anda incar. Misalnya begini, pada saat itu IHSG lagi merah / turun. Dan anda menemukan saham di stock pick anda yang harganya sudah murah, dan sepertinya saham tersebut sudah layak untuk dibeli.

Baca juga: Panduan Mencari Stock Pick Saham Bagus. Tapi karena market saat itu masih bearish, maka bisa jadi saham anda turun lagi dari supportnya. Di sisi lain, ada kemungkinan juga saham tersebut bakalan rebound dalam jangka pendek. 

Dalam hal ini, masalahnya anda tidak pernah tahu apakah saham tersebut bakal langsung naik atau dibawa turun dulu. Kondisi seperti ini sering dialami oleh para trader. 

Maka dari itu, strategi tradingnya adalah: Lakukan akumulasi saham alias beli bertahap. Tujuannya, kalau sewaktu-waktu saham tersebut turun lagi, anda masih punya sisa kas yang banyak untuk membeli sahamnya di harga bawah (averaging down).

Jadi anda nggak gegabah memasukkan semua modal anda untuk beli saham jika anda belum yakin, sehingga modal anda nggak nyangkut. Justru anda punya amunisi banyak untuk beli saham lagi di harga bawah. 

Tapi kalau ternyata harga saham anda langsung naik, anda juga nggak ketinggalan momen, karena anda sudah membeli sahamnya, meskipun belum menggunakan semua modal anda. Dan momentum naiknya saham anda juga bisa anda manfaatkan untuk akumulasi averaging up (beli lagi saat naik). 

Jadi saat melihat arah market yang nggak pasti, namun anda menemukan saham2 yang sudah bagus buat trading, anda nggak bengong saja melihat layar monitor. Tapi anda sudah melakukan action trading, sehingga anda tidak ketinggalan momentum nantinya.     

Namun tentu strategi akumulasi saham ini bukanlah kewajiban dalam trading. Boleh-boleh saja anda langsung membeli dengan full modal, kalau anda yakin dengan saham yang anda analisa tersebut bakalan naik.

Untuk lebih jelasnya, saya beri contoh skenario akumulasi saham. Anda memiliki modal Rp10 juta dan ingin membeli saham BJTM. Saat itu katakanlah harga BJTM adalah 650. 

Anda melihat bahwa BJTM ini sudah potensi rebound, namun anda masih belum sepenuhnya yakin karena BJTM masih ada support 620. Maka, anda membeli BJTM di harga 650 sebanyak 10 lot dulu. Sisa modal sudah anda siapkan jika sewaktu2 BJTM turun, anda membeli lagi. 

Ternyata setelah itu BJTM turun sampai harga 625. Di harga 625 ini anda beli lagi sebanyak 20 lot. Kemudian BJTM naik ke 630 dan anda beli lagi sebanyak 15 lot. Sehingga harga rata2 anda jauh lebih murah daripada sebelumnya, anda tidak butuh harga terlalu tinggi untuk menjual sahamnya. 

Itulah yang dinamakan dengan akumulasi saham. Anda membeli secara bertahap sedikit demi sedikit, tidak membeli satu kali dengan full modal. Akumulasi juga bisa dilakukan dengan membeli di harga yang sama. 

Misalnya, anda beli BJTM setengah modal di 650. Lalu anda melihat bahwa BJTM sebentar lagi akan rebound, maka anda beli lagi BJTM di harga 650.  

Nah strategi akumulasi saham ini saya sarankan pada anda jika anda menemukan kondisi-kondisi trading berikut: 

1. Cari saham yang diskon dan punya potensi naik

Akumulasi saham tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jangan sampai anda menghabiskan modal anda untuk membeli saham2 yang tidak prospek secara analisa teknikal. 

Kalau anda mau mencoba akumulasi, carilah saham yang harganya memang lagi diskon dan punya potensi naik dalam jangka pendek. Karena saham yang diskon adalah saham2 yang punya potensi rebound lebih bagus ketimbang saham2 yang harganya sideways atau saham2 yang harganya sudah tinggi. 

Jadi kalaupun saham2 diskon turun, saham2 diskon ini punya peluang yang besar untuk rebound lebih cepat, sehingga anda bisa manfaatkan untuk akumulasi. 

Bagaimana cara mencari saham diskon? Anda bisa terapkan praktiknya disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon. 

2. Akumulasi hanya saya sarankan untuk trading di saham2 pilihan anda saja 

Lakukan akumulasi hanya di saham-saham pilihan. Saham pilihan adalah saham2 yang sudah terbukti bisa memberikan profit untuk anda, karena saham tersebut punya pola-pola yang layak untuk ditradingkan secara analisa teknikal. 

[Cara mencari saham pilihan, pernah saya bahas strateginya disini: Cara Screening Saham Bagus. Dengan memiliki saham-saham pilihan inilah, anda bisa mencapai profit konsisten]. 

Karena kalau saham lagi turun, dan anda beli sahamnya, kemudian sahamnya turun terussss... Anda kan juga punya keterbatasan modal. Tidak mungkin anda terus melakukan akumulasi. Ingat anda hanyalah trader ritel, bukan bandar atau Manajer Investasi (MI) yang modalnya jumbo. 

Oleh karena itu, lakukan akumulasi saham pada saham2 pilihan anda, yang anda lebih paham dengan pola teknikalnya, supaya peluang saham anda untuk rebound lebih besar. 

3. Anda belum yakin 100% dengan saham anda saat itu

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, strategi akumulasi bisa anda lakukan kalau anda belum 'sreg' 100% dengan saham anda, maka anda bisa beli bertahap.   

4. Kondisi market masih belum terlalu mendukung untuk trading 

Kondisi market yang masih bearish, tetapi anda menemukan saham2 yang polanya sudah bagus buat trading, maka anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bertahap dulu, untuk berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu saham turun lagi (karena market yang belum mendukung). 

Tapi kalau sewaktu-waktu saham anda naik dan IHSG-nya technical rebound, anda juga sudah punya sahamnya, sehingga anda punya kesempatan yang besar untuk profit.

So... Itulah strategi untuk melakukan akumulasi saham. Anda mungkin bertanya kembali: "Apakah Pak Heze juga melakukan akumulasi saham saat trading?" 

Ya, tentu saja. Walaupun tidak selalu, namun pada kondisi2 tertentu saya juga melakukan akumulasi trading (tidak langsung beli full modal). Maka dari itu, apa yang saya tulis ini juga berdasarkan pada pengalaman trading yang sudah saya jalankan sendiri. 

Sekali lagi, dalam akumulasi saham anda perlu memperhatikan beberapa poin penting.. Lakukan akumulasi di saham2 pilihan anda saja. Dan kedua, akumulasi saham tidak harus anda lakukan. Kalau anda yakin langsung membeli tanpa melakukan akumulasi, sah-sah saja.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.