Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagus untuk Trading

Saham apa yang bagus untuk trading? Pertanyaan ini seringkali saya terima dari rekan-rekan yang sedang memilih saham-saham untuk trading. 

Kalau anda ingin tahu saham2 apa yang bagus untuk trading, di pos ini saya akan sharing beberapa kriteria agar suatu saham dapat dikatakan bagus untuk trading, berdasarkan pengalaman pribadi saya: 

1. Saham yang punya fluktuatif bagus 

Perlu anda pahami, saham yang bagus adalah saham yang bisa naik turun dengan cepat. Karena tujuan anda trading saham adalah mengincar profit dari fluktuatif saham, maka anda harus cari saham yang fluktuatifnya bagus.  

Nah, jika ada saham yang geraknya lama sekali, maka saham tersebut adalah saham yang kurang bagus untuk trading. Kalau ada saham yang naiknya lama, ada dua kemungkinan: Saham tersebut lebih cocok untuk investasi jangka panjang, atau kedua memang saham tersebut adalah saham yang jelek secara analisis teknikal. 

Di pasar saham anda pasti banyak menemukan saham2 tidur (tidak bergerak), atau saham2 yang bergerak liar hanya dalam waktu2 tertentu, tapi setelah itu sahamnya tidak aktif dalam waktu lama. Inilah contoh di mana suatu saham memiliki fluktuatif yang jelek, sehingga saham2 seperti itu kurang bagus untuk trading. 

2. Saham yang pergerakannya stabil

Saham yang bagus untuk trading adalah saham yang fluktuatif (poin 1), dengan pergerakan yang naik turun yang stabil. Jadi kalau ada saham yang fluktuatif tapi naiknya bisa 20% dalam hitungan menit, dan saham tersebut bisa turun juga sebanyak 20% dalam hitungan menit, maka saham tersebut cukup berisiko untuk trading. 

Anda yang memiliki toleransi risiko yang rendah dalam trading, ada baiknya anda menghindari saham2 yang pergerakannya seperti ini. Saham-saham yang pergerakannya liar, hanya cocok untuk anda yang punya tipikal seorang scalper. Baca juga: Cara Trading Ceapt 15 Menit - Scalping Trading. 

3. Saham yang uptrend dalam jangka panjang 

Saham yang bagus untuk trading adalah saham yang trennya naik. Karena berdasarkan pengalaman saya, ketika saham uptrend ini lagi koreksi, saham2 tersebut selalu memiliki kekuatan untuk naik lagi setelah turun. 

Hal ini berbeda dengan saham2 yang secara historis memang sudah selalu downtrend, bahkan secara historis nyaris tidak pernah uptrend. Kalau anda mau trading, manfaatkan momentum di saham2 yang punya tren naik ini. Baca juga: Panduan Memilih Saham Bagus untuk Trading. 

4. Saham yang tidak sideways dalam waktu lama 

Saham-saham yang tidak sideways terus dalam waktu lama, merupakan tipe saham yang bagus untuk trading. Karena dalam kondisi saham yang sideways, anda akan sulit mengambil keputusan buy dan take profit, karena saham hanya bergerak di rentang harga yang sama.  

Tapi... Tidak semua saham sideways adalah saham yang tidak layak trading. Di pos ini: 3 Strategi Trading di Saham Sideways, anda bisa membaca tiga strategi dan kriteria2 saham sideways untuk trading. 

Jadi keempat kriteria inilah yang bisa menjadi patokan untuk melihat apakah suatu saham bagus untuk trading atau tidak. Setelah baca pos ini, saya berharap anda sudah memiliki gambaran tentang saham-saham yang bagus untuk anda tradingkan.

Saham yang bagus untuk trading memang bisa berbeda antara trader satu dengan yang lain. Karena scalper mungkin akan lebih mengincar saham2 yang naik turun cepat, tapi sebaliknya, anda yang tidak suka risiko tinggi, anda akan menghindari saham2 tersebut. 

Maka, anda harus memiliki pemahaman tentang kriteria2 saham. Dan di pos ini, saya sudah memaparkannya.    

Sehingga, nantinya anda bisa memilah saham. Karena tipe saham itu bisa berubah sewaktu-waktu, dari likuid menjadi tidak likuid. Dari tren naik menjadi sideways dan sebagainya. Jika anda ingin mencari saham-saham spesifik apa yang bagus untuk ditradingkan, anda bisa membaca praktik-praktiknya disini: Cara Screening Saham Bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.