Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagus untuk Trading Jangka Pendek

Kewajiban seorang trader adalah menemukan saham yang memiliki potensi naik. Mengapa? Karena tujuan anda dan saya trading adalah mencari profit sebesar-besarnya. Jadi, anda tidak boleh asal memilih saham untuk trading. 

Ketika anda membeli saham, anda harus bisa menjawab pertanyaan: Kenapa anda beli saham tersebut? Jangan sampai anda tidak tahu alasan membeli suatu saham. Hal ini bisa berakibat pada trading yang asal-asalan, sehingga hasil yang anda dapatkan juga tidak maksimal. 

Kemudian anda bertanya: "Bung Heze, kalau begitu saham apa yang bagus untuk trading jangka pendek?"

Sepengalaman menjalani trading saham, ada 2 tipe saham yang bagus untuk trading jangka pendek, yaitu sebagai berikut: 

1. Saham yang fluktuatif

Saham yang bagus adalah saham yang pergerakannya lebih fluktuatif. Hal ini dikarenakan saham yang fluktuatif, anda akan lebih mudah untuk menentukan titik support-resisten saham tersebut. Berikut contoh pola saham yang grafiknya tampak fluktuatif. 


Pada saham yang fluktuatif seperti ini, anda bisa lebih mudah menentukan level support-resisten untuk titik beli dan jual suatu saham. 

Ada banyak variasi analisis teknikal untuk menemukan saham yang potensial. Anda bisa dapatkan materinya disini: Panduan Menemukan Saham Bagus dan Potensial. 

2. Saham yang berpola

Di poin satu saya menuliskan bahwa saham yang bagus untuk trading adalah saham yang cukup fluktuatif. Ada satu lagi, yaitu saham yang memiliki pola-pola tertentu pada grafik. Jadi, bukan hanya saham fluktuatif, tapi saham yang cenderung uptrend, atau downtrend sekalipun bisa memberikan keuntungan bagi trader jangka pendek, jika memiliki pola2 yang terulang / terbentuk. 

Sebagai contoh, pola double bottom dan sebagainya. Untuk menemukan saham-saham yang memiliki pola tertentu, anda harus mempelajari banyak pola grafik maupun candlestick. Mengenai pola-pola saham, saya membahas materinya secara lengkap disni: Buku Saham.

So, kalau anda ingin mendapatkan untung dari trading, setidaknya temukanlah kedua saham yang memiliki ciri-ciri seperti yang saya sebutkan.. 

Selamat praktik... Semoga bermanfaat untuk anda.. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.