Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Mengapa Anda Perlu Investasi Saham?

El Heze
Jika anda memutuskan untuk menginvestasikan modal anda, ada banyak pilihan investasi, baik jenis investasi riil (emas, tanah, properti) atau investasi tidak riil (deposito, reksadana, saham, dan lain2).

Saham adalah salah satu alternatif investasi yang bisa memberikan profit yang besar. Baik investasi saham (jangka panjang) maupun trading saham (jangka pendek) sama-sama memberikan keuntungan kepada anda. 

Instrumen investasi saham juga mulai dikenal oleh masyarakat. Di pos ini saya akan memberikan sedikit gambaran pada anda mengapa anda perlu menginvestasikan modal anda di instrumen investasi saham. 

1. Mengamankan modal anda dari inflasi

Jika anda memiliki uang Tahun 1990-an, anda hanya butuh uang Rp500 untuk membeli bahan bakar minyak per liter. Tahun 2017, anda butuh uang sekitar Rp5.000-6.000 untuk membeli bahan bakar minyak per liter. 

Nominal uang yang anda miliki tidak akan berubah ,yaitu Rp500. Akan tetapi, nilai uang tersebut akan semakin turun seiring dengan meningkatnya inflasi dari tahun ke tahun. Nah, kalau anda seumpama memiliki uang sebesar Rp50 juta tapi anda hanya menyimpan uang anda di bank, 10 tahun kemudian nilai uang anda akan turun.

Hal ini berbeda jika anda menginvestasikan modal anda ke saham. Jika anda membeli dan menyimpan saham, maka nilai uang anda mengalami peningkatan dan bukan penurunan. 

Sebagai contoh, jika anda membeli saham ITMG pada pertengahan tahun 2016 di kisaran harga 7.600, maka 1,5 tahun kemudian harga sahamnya sudah naik sampai ke level 22.800. Artinya dengan membeli saham perushaaan yang bagus, nilai uang anda semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. 


2. Pertumbuhan nilai aset dalam jangka panjang 

Seperti yang saya katakan di poin pertama mengenai saham ITMG. Hal ini menunjukkan bahwa dengan investasi saham anda bisa mendapatkan pertumbuhan nilai aset jangka panjang yang cukup signifikan. Baca juga: Waktu yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Keuntungan Saham. 

Tentunya hal ini harus anda lakukan dengan cara membeli saham2 yang memiliki fundamental yang bagus. Apabila anda membeli perusahaan2 blue chip, maka bukan hanya pertumbuhan nilai aset saja yang anda dapatkan melainkan juga dividen yang besar. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen

Itulah alasan mengapa anda perlu melakukan investasi saham. Di pos ini saya tidak mengatakan bahwa investasi saham adalah jenis investasi yang paling baik dibandingkan investasi lain. Semua orang memiliki tipikal jenis investasi yang cocok untuk diri sendiri. 

Investasi saham bukan berarti tidak ada risiko. Semua jenis investasi mengandung unsur risiko. Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham.

Salah satu risiko terbesar yang dihadapi pemodal saham adalah risiko kerugian akibat emiten yang berfundamental jelek atau saham yang tidak likuid, yang menyebabkan harga saham mengalami kejatuhan, seperti kasus SIAP, RIMO dan lain2.

Oleh karena itu, kalau anda memutuskan untuk menempatkan modal anda pada instrumen saham, baik untuk trading saham maupun investasi, anda harus memahami dengan benar analisa-analisa yang diperlukan. Anda juga bisa mendapatkan materinya disini: Ebook Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.