Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan dan Kerugian dari Investasi Saham

Ketika anda memutuskan untuk investasi saham, ada keuntungan dan kerugian yang akan anda peroleh dari aktivitas beli dan jual saham. Dalam investasi saham, tidak selamanya anda akan selalu untung, karena investasi saham juga mengandung unsur risiko. 

Namun investasi saham yang dilakukan dengan benar dan strategi yang tepat, akan dapat meminimalisir risiko2 kerugian di masa yang akan datang. Ingatlah bahwa dalam investasi saham, keuntungan dan risiko akan selalu berbanding lurus. 

Ketika anda menanamkan modal yang besar, maka potensi keuntungan yang anda dapatkan besar, tetapi potensi kerugian juga lebih besar jika modal yang anda gunakan semakin besar. 

Maka dari itu, di pos ini saya akan menjabarkan berbagai keuntungan dan kerugian investasi saham. Apa saja keuntungan dan kerugian investasi saham yang akan dialami oleh calon investor. Simak pembahasannya dibawah ini:

Keuntungan Investasi Saham

1. Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang anda dapatkan dari selisih harga jual - harga beli. Ketika anda membeli saham, kemudian harga saham anda naik dan anda menjual sahamnya, maka anda akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan dari selisih jual - beli ini disebut dengan capital gain. Baca juga: Pengertian Capital Gain dan Capital Loss. 

2. Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang berasal dari laba bersih perusahaan. Biasanya ketika perusahaan mampu memperoleh laba bersih selama tahun berjalan, perusahaan akan membagikan laba bersihnya kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Besarnya-kecilnya dividen yang dibagikan tergantung kebijakan perusahaan. Pada umumnya, semakin besar laba dan tingkat kemapanan perusahaan, dividen yang dibagikan kepada pemegang saham akan semakin besar juga.  

Dividen bukanlah hal yang wajib diberikan perusahaan kepada pemegang sahamnya. Menurut peraturan Bursa Efek, perusahaan yang mengalami rugi bersih, maka perusahaan tersebut tidak boleh membagikan dividen pada pemegang saham. Selain itu, perusahaan juga memiliki hak untuk tidak membagi dividen pada pemegang saham. 

Jika anda ingin melihat perusahaan2 yang rutin membagikan dividen dalam jumlah yang jumbo, anda bisa baca disini: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen 

3. Aksi korporasi lainnya (saham bonus dan right issue)

Keuntungan lainnya yang diterima investor saham adalah aksi korporasi seperti saham bonus dan right issue. Aksi2 korporasi tersebut bertujuan untuk menambah jumlah saham yang dimiliki investor. Mengenai saham bonus bisa anda baca disini: Pengertian dan Ilustrasi Saham Bonus. Sedangkan right issue bisa anda baca disini: Arti dan Ilustrasi Right Issue, dan Dampaknya Pada Harga Saham - Part I dan Arti dan Ilustrasi Right Issue, dan Dampaknya Pada Harga Saham - Part II. 

Risiko atau Kerugian Investasi Saham 

1. Capital loss

Ketika membeli saham, ada potensi kerugian yaitu capital loss. Capital loss terjadi apabila harga beli anda lebih tinggi daripada harga jual anda. Katakanlah anda membeli saham di harga Rp1.000, kemudian harga saham turun ke Rp950, maka anda mengalami capital loss sebesar Rp50 per saham. Capital loss bisa terjadi karena adanya fluktuasi harga saham. 

2. Risiko likuidasi

Perusahaan ada risiko likuidasi / bangkrut apabila perusahaan memiliki kinerja yang buruk. Kalau perusahaan terancam bangkrut, harga sahamnya pasti akan anjlok. Hal ini bisa diminimalisir dengan cara membeli perusahaan yang memiliki kinerja yang bagus. 

3. Saham terkena suspensi 

Apabila perusahaan terkena masalah (misalnya masalah keuangan atau hukum), Bursa Efek bisa mengenakan suspensi terhadap saham tersebut. Ketika saham terkena suspensi, maka anda tidak bisa menjual sahamnya sampai suspensi tersebut dibuka. Mengenai suspensi, bisa anda baca disini: Arti dan Ilustrasi Suspensi Saham.

Adanya berbagai macam keuntungan dan kerugian investasi saham ini bisa menjadi pertimbangan anda apakah anda sudah siap menanamkan modal anda pada instrumen investasi saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.