Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Penyebab Potensi Saham Nyangkut

Saham nyangkut pasti dialami oleh semua trader. Istilah saham nyangkut merupakan saham yang dibeli trader tetapi kemudian harga sahamnya tidak bergerak sesuai harapan trader, di mana harga saham justru mengalami penurunan, dan trader tidak menjual rugi sahamnya (tetap hold). 

Saham nyangkut sebenarnya penyebab utamanya adalah karena trader menetapkan level cut loss atau memang trader tidak mau cut loss. Hal ini juga sudah pernah saya bahas disini: Strategi Keluar dari Saham Nyangkut

Namun pada umumnya, berdasarkan pengalaman saya dan rekan-rekan trader yang pernah berkonsultasi dengan saya, terlepas dari penyebab 'tidak melakukan cut loss', terdapat beberapa penyebab utama yang biasanya membuat trader memiliki POTENSI BESAR nyangkut di saham tertentu. Berikut penyebab potensi saham nyangkut: 

1. Membeli saham yang harganya sudah naik tinggi

Harga saham yang sudah naik tinggi, atau yang sudah berada di ujung tren naik, adalah saham yang cukup rawan bagi trader, karena biasanya saham2 seperti ini memiliki potensi untuk koreksi, apalagi jika sebelumnya saham tersebut sudah naik kencang. 

Saat trader mulai tamak dan mengejar saham2 yang sudah naik tinggi karena 'takut ketinggalan kereta', dan ternyata harga sahamnya mulai anjlok, disinilah saham trader biasanya berpotensi nyangkut. 

Warren Buffet pernah mengatakan: Be Fearful When Others Greedy dan Greedy When Others Are Fearful. Ini artinya anda harus mulai berhati-hati ketika harga saham sudah naik tinggi. Dan anda hendaknya mulai membeli saham saat harganya sudah mulai diskon. 


2. Membeli saham yang harganya masih cenderung turun 

Saham yang harganya turun atau memiliki tren turun, adalah saham yang juga berbahaya bagi trader. Memang saham yang harganya turun bisa menandakan saham tersebut diskon, namun tidak selalu. 

Kalau anda ingin membeli saham yang harganya turun, at least saham tersebut harus menunjukkan tanda-tanda sudah mulai rebound dari sisi analisis teknikal. Jika saham tersebut masih turun dan belum ada tanda2 rebound, harga saham kemungkinan besar bisa turun lebih banyak lagi. 

3. Membeli saham yang terlalu sideways 

Saham yang harganya tidak terlalu banyak volatilitas bisa menyebabkan trader nyangkut, karena ketika anda membeli sahamnya, sahamnya justru tidak bergerak naik, tapi hanya di harga itu-itu saja, bahkan bisa berada di bawah harga beli anda. 

4. Membeli saham-saham lapis tiga 

Inilah salah satu penyebab utama mengapa trader sering nyangkut: Suka beli saham gorengan. Saham gorengan adalah saham yang sering menjadi sarang bandar, dan fundamental perusahaannya rata-rata jelek, sehingga pergerakan harga sahamnya agak sulit diprediksi dengan analisis teknikal.  

Sebagai contoh, banyak trader yang nyangkut di saham gorengan CPGT. Dan sekarang harganya? Sudah jadi saham gocap dan akan terkena force delisting. Contoh lainnya, banyak juga rekan-rekan trader yang nyangkut di saham SIAP (yang fundamentalnya juga tidak bagus), dan sekarang harga sahamnya tidak diperdagangkan.

5. Hal-hal lainnya yang tidak terduga 

Seperti yang sering saya tuliskan di web Saham Gain ini, bahwa pasar saham itu bukanlah rumus pasti. Selalu ada hal-hal tidak terduga yang membuat prediksi anda meleset, walaupun 1% saja. Misalnya, anda membeli saham. Tiba-tiba perusahaan ada sentimen negatif dan harga saham turun. 

Selain itu, faktor psikologis anda juga sangat mempengaruhi pengambilan keputusan trading anda. Kalau mindset trading anda salah, saham anda bisa berpotensi nyangkut. Baca juga: Psikologis Trading Saham dan Kehidupan Sehari-hari.

Terus gimana cara agar saham kita nggak nyangkut Pak Heze? Tanya anda 

Karena saya sendiri sudah pernah mengalami saham nyangkut (dan hal ini adalah bagian dari proses juga), maka saya bisa memberikan beberapa solusi kepada anda, bagaimana agar anda bisa meminimalisir saham anda dari nyangkut. Baca: Cara Menghindari Saham Nyangkut

Tapi Bung Heze, saya sekarang punya saham nyangkut. Kalau saham saya udah terlanjur nyangkut dan nggak balik naik, terus saya harus gimana nih? Tanya anda 

Tenang... Kalau anda punya saham nyangkut, anda bisa menggunakan beberapa strategi agar anda bisa keluar dari saham nyangkut anda sekarang. Gimana solusinya? Silahkan baca pos: Strategi Keluar dari Saham Nyangkut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.