Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pasar Modal: Definisi, Manfaat, Fungsi, dan Struktur Pasar Modal

Dunia pasar modal akan semakin terus berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah perusahaan go public dan jumlah masyarakat. Bicara tentang 'pasar modal', tahukah anda apa itu pasar modal?

Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang kelebihan dana (investor) dengan pihak yang kekurangan dana (emiten) untuk memperjualbelikan sekuritas jangka pendek maupun sekuritas jangka panjang. Dan yang ditransaksikan adalah sekuritas perusahaan alias saham. 

Di pasar modal ada pembeli dan penjual dan terjadi tawar-menawar harga, tetapi barang yang diperdagangkan adalah saham. Hanya bedanya, kalau di pasar modal dengan sistem online trading saat ini kita tidak bertemu pembeli dan penjual secara langsung.  

Pasar modal akan memberikan manfaat baik bagi emiten (perusahaan) maupun bagi pelaku perdagangan saham, dalam hal ini adalah trader dan investor saham. Bagi perusahaan, perusahaan sebagai pihak yang membutuhkan dana akan melakukan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memperoleh tambahan dana yang digunakan untuk ekpansi dan membayar utang. 

Perusahaan akan mendapat dana dari hasil perdagangan saham di pasar perdana. Ketika harga yang ditawar saat penawaran pasar perdana melebihi nilai nominal atau nilai pari, maka perusahaan akan memperoleh tambahan cadangan modal disetor atau dikenal sebagai agio saham. 

Sedangkan investor sebagai pihak yang memiliki kelebihan dana akan memperoleh return berupa capital gain dan capital yield. Capital gain diperoleh ketika harga jual saham lebih tinggi dari harga belinya. Sedangkan capital yield diperoleh ketika perusahaan membagikan dividen pada pemegang saham

MANFAAT PASAR MODAL 

1. Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha dan bagi emiten sekaligus, sehingga memungkinkan alokasi sumber daya secara optimal

2. Memberikan wahan investasi bagi investor sekaligus upaya diversifikasi

3. Penyebarana kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah

4. Menciptakan lapangan pekerjaan atau profesi yang menarik 

5. Memberi kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dan prospek bagus 

6. Membina iklim keterbukaan dunia usaha. Dengan berkembangnya pasar modal, maka akan semakin banyak lapangan kerja yang berkaitan dengan pasar modal seperti pialang saham, analis saham.

Baca juga: STRUKTUR PASAR MODAL DI INDONESIA 

FUNGSI PASAR MODAL

1. Fungsi pasar modal sebagai lembaga perantara

Artinya pasar modal mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Dari sisi lender, pihak yang kelebihan dana dalam hal ini investor, mengharapkan mendapat imbalan atas dana yang diserahkan. Dari sisi borrower atau pihak yang membutuhkan dana, dalam hal ini perusahaan, dengan tersedianya dana dari luar memungkinkan mereka melakukan pendanaan atas operasi mereka. Fungsi ini disebut fungsi ekonomi pasar modal. 

2. Fungsi pasar modal untuk mendorong terciptanya alokasi dana yang efisien

Dengan adanya pasar modal maka pihak yang kelebihan dana (investor) dapat memilih alternatif investasi yang memberikan return paling optial. Fungsi ini disebut dengan fungsi keuangan pasar modal.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.