Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Belajar Saham untuk Level Master / Expert

Di dua pos sebelumnya: Tips Belajar Saham untuk Pemula dan Tips Belajar Saham untuk Level Intermediate (Menengah), saya sudah menjelaskan step-by-step bagaimana cara belajar saham mulai dari level pemula hingga intermediate. Nah, bagaimana jika anda sudah mulai 

Seseorang pemain saham bisa dikatakan sebagai pemain saham level master atau expert apabila anda sudah mampu: Mencetak profit konsisten, membaca kondisi market dengan baik, mampu trading berdasarkan trading plan dan stock pick, mampu mengontrol emosi dan psikologis dengan baik dan taktis. 

Perlu diingat, tidak ada trader yang sempurna. Pemain saham level expert sekalipun tetap akan pernah merasa galau dengan keputusan yang akan diambil. Jadi, apa yang saya tulis di pos ini jangan anda salah artikan bahwa pemain saham master itu adalah mereka yang tidak pernah rugi dan selalu benar. Bukan begitu maksud saya. 

Pemain saham expert pun tetap butuh BELAJAR dan memahami strategi2 trading. Mengapa demikian? Karena pasar saham itu sangat dinamis. Anda harus terus mampu menyesuaikan dinamika pasar saham dengan kemampuan trading anda. 

Kalau anda sudah pemain saham pro, berikut beberapa saran dari saya untuk pembelajaran bagi para pemain saham master / expert:

1. Membaca banyak referensi dari buku para master

Pemain saham master perlu mengasah kemampuan dengan membaca buku2 referensi yang ditujukan untuk level expert. Hal ini bisa menyangkut strategi2 trading, mempertajam psikologi, filosofi dan mindset penting dalam trading. Saya juga menyediakan buku belajar saham untuk level expert atau master. Silahkan lihat disini: Ebook Saham. 

Referensi berupa buku atau referensi lainnya tetap dibutuhkan oleh pemain saham expert. Namun, pemain saham expert sudah tidak perlu tergantung sama sekali dengan rekomendasi2 dan analis, karena jika anda sudah masuk level expert, anda pasti sudah bisa mengambil keputusan trading anda sendiri dengan baik. 

2. Mempertajam kemampuan analisis, trading dan psikologis

Ibarat pisau kalau tidak diasah maka lama-lama akan tumpul. Meskipun anda sudah master, tetapi anda tetap perlu belajar dan mengasah insting trading anda. Pemain saham master pasti sudah mengerti bagaimana cara menganalisis saham dan market, serta bisa mengontrol emosi trading dengan baik. 

Mereka hanya perlu MENGASAH-nya saja agar kemampuan dan pembelajaran yang sudah didapatkan tidak tumpul. Jadi, kalau anda pemain saham master jangan berpikir untuk bisa santai-santai dan bisa profit. Anda tetap harus mengasah kemampuan anda. 

3. Pertahankan dan kembangkan hasil yang sudah anda dapatkan 

Pemain saham master pasti sudah mampu mencetak profit konsisten per bulan. Nah, anda perlu mempertahankan hasil yang sudah anda dapatkan. Jika skill anda meningkat, anda bisa mengembangkan hasil trading yang sudah anda dapatkan. Intinya, seorang pemain saham expert hanya perlu mengembangkan dan mengasah terus-menerus kemampuan tradingnya. 

3 komentar:

  1. Bung Heze , saya nakad koleksi LPKR krn ga tahan liat MACD & Stochastic yang aduhai , pula ada support kuat banget di 635 ,tp di hari terakhir malah dpt doji , apakah ini yang membuat anda alergi dengan stock Lippo ? Mohon pencerahannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. griup Lippo pergerakan sahamnya suka menipu. Itulah mengapa saya menghindari trading di saham2 lippo. Saham lippo memang tidak seenak dulu

      Delete
  2. Hehe bener bung .. PWON lbh unggul drpd LPKR sampai pagi ini , sayang sy ga buy tempo hari .. hiks...

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.