Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Main Saham: Realistis dalam Menentukan Target

Saya sering membaca kisah para sukses para pemain saham, baik investor maupun trader. Ternyata semua kisah sukses trader diawali dengan 'kegagalan'. Kegagalan yang saya maksud mengalami rugi dan terus jatuh bangun. 

Pemain saham yang sukses trial and error dengan terus mencoba berbagai metoda main saham ketika mereka gagal di satu metoda. Intinya, pemain saham yang sukses tidak langsung bisa mencetak keberhasilan dalam sekejap mata.  

Anda barangkali tahu trader top dunia Nicholas Darvas? Darvas mengawali karir main saham yang suram di mana beliau mengalami kerugian yang besar ketika investasi saham. Akhirnya Nicholas Darvas mengubah gaya main saham dari investasi menjadi trading. Mengubah gaya investasi menjadi trading inilah yang akhirnya menjadi tonggak awal kesuksesan dalam karir tradingnya. 

Dari kebanyakan kisah sukses pemain saham, mereka selalu mengalami proses jatuh bangun. Dihantam rugi, tidak menyerah. Bersedia belajar, dan menentukan target yang lebih realistis.

Di satu sisi, saya sering mendapat pertanyaan dari pemain saham yang memiliki keinginan kuat mendapatkan profit ratusan persen per bulan. Ternyata banyak dari mereka yang terobsesi dengan tokoh-tokoh pemain saham sukses yang bisa mendapatkan return besar.

Apakah salah? Tidak salah. Bagus jika anda terinsiprasi dengan kisah sukses pemain saham, karena hal tersebut bisa memberikan anda motivasi lebih untuk terus belajar saham. Yang salah jika anda terobsesi meraih profit besar. Nah lho?

Kalau anda baca lagi paragraf2 awal yang saya tuliskan coba camkan. Pemain saham yang sukses kebanyakan tidak memulai dari profit yang besar dan kaya mendadak. Mereka memulainya dengan: Belajar untuk tidak rugi, trial and error, dan merubah metoda main saham. Setelah mereka menemukan ritme permainannya, barulah mereka bisa mencetak profit yang besar. 

Jadi kalau pemain saham pro ketika menjadi pemula saja mengalami jatuh bangun dalam proses belajar, maka anda yang masih pemula pun juga harus bisa berpikir realistis dalam menentukan target. Baca juga: Trading Saham Bikin Kaya?

Perlu anda ingat seorang master sebelumnya juga pernah menjadi pemula. Yang membedakan mengapa mereka bisa sukses adalah mereka mau berproses dan bisa berpikir realistis. Nggak muluk-muluk mengincar profit puluhan juta per bulan. Boro-boro incar profit besar, trading saja masih amburadul. 

"Jadi apa yang harus saya lakukan Pak Heze?" Tanya anda

Yang harus anda lakukan adalah mulailah menentukan target realistis dalam main saham. Anda tidak perlu terpaku dengan profit yang bisa diraih oleh pemain saham yang sudah sukses. Anda tidak perlu membandingkan profit yang anda dapatkan dengan siapapun. 

Anda main saham dan belum profit? Tidak masalah.. Teruslah mencoba dan belajar. Temukan ritme permainan yang cocok untuk anda.  

Yang perlu anda lakukan adalah teruslah mengasah kemampuan trading anda. Belajarlah dari berbagai sumber yang menurut anda bisa membimbing anda. Menentukan target profit yang tidak realistis justru dapat menjerumuskan anda pada permainan psikologis yang salah. 

Salam profit..........

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.