Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Apa Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham?

El Heze
Di pasar saham ada 2 jenis pemain saham: TRADING SAHAM dan INVESTASI SAHAM. Banyak orang yang seringkali menilai bahwa trading dan investasi itu sama. Ada pula yang menganggap bahwa trading itu judi, sedangkan investasi saham adalah lebih analitis. Benarkah pernyataan tersebut? Lalu, apa perbedaan trading saham dengan investasi saham

Agar anda dapat mengerti perbedaan trader dengan investor saham, perhatikan tabel dibawah ini. 

(Klik gambar untuk memperbesar)

Jadi, intinya seorang trader atau bisa dikatakan spekulan lebih berorientasi pada jangka pendek. Hal ini sangatlah berbeda dengan seorang investor yang memiliki prinsip membeli perusahaan. Dalam praktiknya, seorang teknikalis memang memiliki konsep yang sangat bertentangan dengan seorang trader.

Saya sendiri sering menemukan pertentangan kedua konsep tersebut. Baca juga: Pertentangan Teknikalis Vs Fundamentalist. Senjata utama trader adalah grafik, sedangkan kalau anda tanya  stochastis, doji, RSI kepada seorang investor, maka anda salah tanya orang. Anda harusnya tanyakan hal tersebut pada trader. Sebaliknya, kalau anda tanya rasio keuangan, GCG perusahaan tanyalah pada fundamentalist bukan teknikalis.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.