Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Perdebatan Istilah "Main Saham"

El Heze
Kalau anda baca pos-pos di Saham Gain, anda sering melihat istilah yang saya gunakan dalam dunia persahaman, yaitu "Main Saham". Saya sering menggunakan istilah main saham karena bagi saya istilah ini lebih informal, santai dan lebih gaul.

Tapi istilah main saham nampaknya kurang disukai okeh sebagian besar orang (trader maupun trader awam). Lalu dimana kontroversi istilah main saham ini?

Banyak yang bilang sih,"main saham" itu sama dengan judi. Jadi, istilah yang lebih pantas harusnya adalah "trading saham" atau "investasi saham" atau "bisnis saham". 

Kalau ada trader menggunakan istilah 'main saham', biasanya akan selalu banyak interupsi2 dan "nasihat" seperti ini: "Saham itu bisnis bukan mainan. Jangan samakan saham dengan mainan. Saham bukan buat main-main".

Ya mungkin bagi sebagian besar orang kata "main" itu konotasinya jelek. Karena yang namanya main secara psikologis itu nggak serius, cuman main-main, nggak ada unsur bisnisnya sama sekali. 

Tetapi saya pribadi kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Istilah main saham bukan berarti judi, gambling, tebak2an tanpa arah, atau bahkan main-main seperti anggapan para  pemain saham kesiangan. 

Seorang Lionel Messi main bola tidak mungkin hanya main-main nggak jelas. Pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Menjadi top scorer, menjadi pemain terbaik, mendapatkan penghasilan, memberikan manfaat untuk clubnya, memberikan yang terbaik supaya penghasilan dari main bola bisa meningkat. 

Apakah ketika anda sedang main catur anda hanya main2 saja? Apakah main catur tidak membutuhkan berpikir dan menyusun strategi? Apakah seorang Tiger Woods ketika main golf tidak membutuhkan skill, kesabaran, ketelatenan, dan latihan yang benar? 

Sama halnya dengan main saham. Apakah main saham itu hanya main2 saja? Ketika anda membeli saham anda pasti punya pertimbangan kenapa anda beli, kenapa anda jual, kenapa anda ingin hold sahamnya. 

Jadi, istilah "main saham" di website Saham Gain, maupun istilah yang sering anda dengar dari para trader sebenarnya bukanlah istilah yang mengarah pada permainan judi. Tetapi istilah main saham sebenarnya sama saja dengan ketika anda melakukan trading (baik jangka pendek, jangka menengah), dan juga investasi saham.

Kenyatannya, sebagian besar trader yang bilang kalau dirinya lagi trading saham, lagi bisnis saham dan bukan main-main dengan saham, mereka justru secara tidak langsung sedang melakukan judi / gambling.. 

Kok Pak Heze bisa mengerti? Tanya anda.. 

Banyak sekali trader yang mengatakan dirinya bisnis saham, tapi mereka tetap beli saham asal-asalan, tanpa pertimbangan, tidak pakai analisa sendiri, masih trading berdasarkan rumor. Inilah yang dinamakan dengan judi. 

Dan banyak sekali kriteria-kriteria trader dapat dikatakan sedang berjudi, yang mungkin sekarang anda lakukan, tapi anda nggak sadar. Saya pernah bahas disini: Trader Saham Masih Banyak yang Gambling.

Jadi saya pribadi fleksibel aja.. Anda mau gunakan istilah "main saham", "trading saham", "investasi saham" atau "bisnis saham" menurut saya sih bebas-bebas saja. Yang paling penting adalah: Mindset dan cara anda memperlakukan pasar saham... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.