Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Amankah Membeli Saham Indonesia?

El Heze
Kalau anda lihat pergerakan IHSG sejak awal November 2016, IHSG cenderung bergerak turun. Sampai akhir Januari 2017, IHSG masih tampak cenderung flat. Tapi, yang mengejutkan IHSG sempat berhari-hari dihantam koreksi besar-besaran, dan tidak hanya terjadi sekali. Perhatikan grafik IHSG dibawah ini.


IHSG tampak downtrend tajam sampai tiga kali dalam perioda November 2016- Januari 2017 (Perhatikan tanda persegi). Apa lagi penyebabnya kalau bukan suhu politik yang memanas.

Inilah yang menyebabkan IHSG cenderung terkoreksi di akhir tahun-awal tahun baru. Padahal, seharusnya akhir tahun dan awal tahun baru, IHSG kita bisa naik. Baca juga: Masih Percayakah Anda dengan January Effect?. Tapi memang menurut pengamatan saya, para investor saham sebenarnya selalu merasa was-was ketika akan menanamkan modalnya di Indonesia. 

Hal ini menyebabkan banyak saham2 lapis satu dan lapis dua yang sulit naik. Investor cenderung lebih waspada, dan lebih baik melakukan aksi taking profit dahulu ketimbang melihat kondisi politik yang nggak jelas. Terutama, kalau isu2 politik yang banyak dimanfaatkan pihak2 tidak bertanggung jawab untuk merusak NKRI, maka investor akan sangat waspada dan ogah untuk menanamkan saham di Indonesia. 

"So, bagaimana IHSG kedepan Bung Heze? Apakah IHSG akan nyungsep karena masalah politik seperti sekarang ini?" Tanya anda

Well, kalau ditanya prediksi IHSG, saya pasti langsung melihat pada fundamental negara untuk jangka panjang. I mean, saya selalu melihat gimana kira2 prospek pembangunan infrastruktur, prospek ekonomi kita kedepan, dan bangkitnya bisnis2 di Indonesia.

Saya tetap dan selalu optimis IHSG akan naik. Walaupun demikian, saya tetap melihat risiko2 yang harus dihadapi. Baca juga: Prediksi IHSG 2017. Jadi, kalau anda tanya apakah aman beli saham di Indonesia? Saya jawab: Aman. Tapi...... 

Investor bisa kembali percaya dengan Indonesia asalkan Indonesia sudah bisa menunjukkan kondisi fundamental yang lebih baik (Tahun 2017 ini saya melihat adalah banyak sekali harapan ekonomi akan pulih). Inilah yang bisa menjadi satu2nya alasan kuat investor kembali menanamkan modal di Indonesia.

Dan tentunya, asalkan Indonesia tidak terus dibumbui dengan isu2 politik yang nggak penting dan nggak membangun Bangsa sama sekali, maka IHSG bisa melaju kencang. Oleh karena itu, supaya para investor (termasuk anda dan saya) bisa nyaman berinvestasi dan trading di saham Indonesia, kita semua juga harus turut berperan menjaga dan membangun keutuhan negara ini. Nggak perlu demo, mempermasalahkan isu2 SARA, apalagi sampai merusak fasilitas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.