Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Beli Ketika Harga Saham Tembus Resisten

Saham BWPT menjadi pusat perhatian saya ketika melihat kenaikan harga saham drastis yang didukung dengan volume besar setelah berada dalam masa sidewaysnya. Rekan2 juga banyak bertanya pada saya mengenai saham BWPT yang harganya memang sangat 'rendah'. Coba anda perhatikan grafik saham BWPT dibawah ini.














Keesokan hari, BWPT naik lagi dengan harga high 336 (perhatikan tanda persegi pada grafik), dan harga high ini adalah harga tertinggi  selama 6 bulan. Kemudian, setelah itu saham BWPT perlahan tapi pasti terkoreksi. Perhatikan tanda lingkaran diatas, harga saham BWPT tampak berusaha bertahan untuk tidak jebol di support psikologis 300.

Tapi di satu sisi, BWPT sangat sulit menembus resisten 336. Perhatikan lagi lingkaran diatas, selama beberapa hari BWPT  ini sangat alot menembus 336. BWPT sempat menyentuh 334, tetapi kemudian koreksi lagi. Saya sendiri membeli BWPT di harga 332 (ketinggian juga sebenarnya), namun pertimbangan saya tidak cut loss dulu adalah BWPT masih terus bertahan diatas 300.

Jadi, harga 336 yang anda lihat pada grafik tersebut sebenarnya adalah harga resisten psikologis. Kalau harga 336 tembus, maka kemungkinan besar BWPT akan naik lagi menguji resisten psikologis 350. Target take profit bisa dilakukan di angka 350-an. Ternyata benar, saham BWPT bisa tembus diatas 336. Perhatikan grafik BWPT dibawah.



Setrelah BWPT tembus 336, BWPT baru bisa naik kencang selama beberapa hari hingga mencapai level psikologis 350 (dengan harga high sampai pos ini ditulis 354). Jadi, sebagai konfirmasi, anda sebenarnya bisa membeli BWPT di harga 338 dan take profit di 348-350. 


Analisis ini tentunya tidak hanya digunakan untuk saham BWPT, namun anda bisa menggunakannya pada analisis saham lainnya, ketika anda menemukan pola seperti grafik saham diatas. 

Saya take profit di area 348, walaupun keesokan hari naik sampai 354, tetapi setidaknya sudah cuan. BWPT ini tidak saya hold terlalu lama, karena saham ini menurut saya masih masuk saham lapis 3, yang tidak terlalu likuid, meskipun pergerakan teknikalnya masih dapat dibaca. Baca juga: Memahami Saham Lapis Satu, Lapis Dua dan Tiga.

Jadi, salah satu jenis saham yang harus anda pantau adalah ketika harga saham terus mencoba berusaha breakout dari resisten, namun tidak turun / menahan supportnya. Saham2 seperti demikian biasanya ada peluang naik, ketika sudah menembus resistennya.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.