Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Trading Plan Saham yang Baik


Kalau Anda trading saham atau forex, Anda pasti sering mendengar anjuran dari para pakar, teman Anda, atau para pemberi rekomendasi saham, bahwa seorang trader dan investor harus trading mengikuti trading plan. Sayangnya, setiap kali yang saya amati, banyak orang memberikan anjuran mengikuti trading plan, tanpa memberitahu apa dan bagaimana seluk beluk trading plan dan cara membuat trading plan yang baik?

Catatan: Trading plan = Sistem trading (diterapkan ketika Anda menjalankan aktivitas trading).

Anjuran membuat trading plan itu adalah saran yangsangat baik, tetapi kalau cuma diberi anjuran tanpa ada step-by-step yang jelas, saya rasa tidak akan memberikan efek apapun pada Anda. Ibaratnya seperti ini:

Dokter memberi nasihat kepada Mirna: "Mirna, untuk hidup sehat kamu harus menjaga dan mengatur pola makan yang benar." Anjuran ini sangat baik, tetapi kalau anjurannya cuman sampai disini saja, maka anjuran dokter tidak akan banyak membantu Mirna untuk mencapai pola hidup yang sehat.

Masalahnya, menjaga dan mengatur pola makan yang benar itu yang seperti apa? Apa yang harus dimakan? Apa yang tidak boleh dimakan? Bagaimana aturan dan cara menciptakan pola makan sehat? Apakah pola makan yang benar itu adalah 4 sehat 5 sempurna? Kalau Mirna ada alergi daging ikan, berarti kan nggak bisa menerapkan 4 sehat 5 sempurna? Apakah mengatur pola makan sehat itu harus makan 3 kali sehari, atau 5 kali sehari namun dengan porsi yang lebih kecil?

Sama dengan trading plan. Jika seseorang mengajurkan Anda untuk membuat trading plan dan menjalankannya dalam trading, maka yang ingin saya tanyakan adalah: Trading plan yang baik itu trading plan yang bagaimana? Sebelum membuat trading plan, Anda sudah tahu trading plan itu maksudnya seperti apa? Anda sudah tahu trading plan itu harus dibuat seperti apa?

Mengenai bagaimana cara membuat trading plan saham yang baik dan komplit, saya akan menjabarkannya dalam ebook pasar modal. Anda bisa mendapatkan ebooknya sebanyak 2 jilid dengan total halaman: 315 halaman, disini: Buku Saham. Total 315 halaman tersebut tidak semuanya berisi trading plan, tetapi berisi belajar saham mulai pemula sampai expert dan strategi2 trading. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat review ebooknya. 

Mungkin Anda bertanya-tanya: "Mengapa kok harus diterbitkan dalam bentuk buku (ebook)?"

Cara membuat trading plan dalam ebook saya jabarkan sedetail dan se-komplit mungkin. Selain itu, dalam ebook saya juga memberikan BOCORAN pada Anda, bagaimana trading plan yang saya buat. Saya bersedia memberikan bocoran trading plan pada Anda itu adalah sesuatu yang langka (para pakar pun tidak akan memberikan bocoran trading plannya pada Anda). Oleh karena itu, saya buat panduan trading plan yang baik dalam bentuk ebook New Edition. Sekali lagi, jika Anda ingin paham membuat trading plan secara utuh dan mampu menjalankannya, Anda bisa dapatkan ebooknya disini: Buku Saham.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.