Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Fundamental: Memanfaatkan Laporan ICMD

Jika Anda adalah seorang fundamentalist, ingin membeli perusahaan untuk dimiliki, dan bukan ditradingkan, maka Anda harus jeli membaca laporan keuangan perusahaan. Baca juga: Inti dan Prinsip Dasar Analisis Fundamental. Baca juga: Cara Mencari Laporan Keuangan Perusahaan.

Laporan keuangan perusahaan memberikan banyak informasi perusahaan. Jika Anda memiliki hobi membaca laporan keuangan perusahaan, pada laporan keuangan emiten Tbk, Anda akan menemukan Catatan atas Laporan Keuangan (CALK). Melalui CALK, Anda bisa melihat catatan dan pengungkapan informasi tambahan di akhir laporan keuangan. CALK misalnya menjelaskan perhitungan item2 tertentu pada laporan keuangan, dan memberikan penjabaran yang lebih objektif terkait kondisi keuangan perusahaan. 

Namun, jika Anda adalah seorang fundamentalist, Anda sebenarnya tidak perlu repot2 untuk menelusuri seluruh laporan keuangan perusahaan. Saat ini, Anda bisa membaca "ringkasan" laporan keuangan. "Ringkasan" laporan keuangan itu adalah : Indonesia Capital Market Directory (ICMD). ICMD diterbitkan oleh Economic and Financial Institute Research (ECFIN)

Apa itu ICMD dan mengapa ada ICMD?

ICMD seperti yang saya tulis diatas sebenarnya lebih kearah pembuatan "ringkasan" laporan keuangan perusahaan. ICMD berisi poin2 penting yang benar2 dibutuhkan untuk analisis seorang investor. Misalnya pada ICMD memuat rasio2 keuangan, seperti DER, PER, CR. Juga memuat laporan keuangan perusahaan yang lebih dipadatkan. ICMD biasanya dibuat untuk perbandingan 3-5 tahun. Jadi, melalui ICMD Anda bisa melihat tren kinerja perusahaan dengan menganalisis perusahaan untuk beberapa tahun kebelakang - sekarang. Adanya ICMD juga memberikan kemudahan pada Anda untuk mengetahui rasio2 perusahaan tanpa harus menghitung secara manual. 

ICMD sengaja dibuat dan diperuntukkan untuk investor. Informasi2 yang ada dalam ICMD sudah diringkas sedemikian rupa untuk kepentingan analisis perusahaan bagi seorang investor. So, ICMD yang dibuat oleh ECFIN tidak dibuat asal2an atau tanpa tujuan apapun. Jika Anda ingin menjadi investor, ada baiknya Anda mencermati informasi2 penting  pada ICMD.  

Karena ICMD merupakan "ringkasan", ICMD hanya terdiri dari 3-4 halaman. Tetapi ICMD benar2 memuat informasi yang sangat dibutuhkan dan bahkan merupakan informasi2 wajib yang harus dipahami oleh investor. 

Bagaimana cara mendapatkan laporan ICMD?

Anda bisa mendapatkannya melalui situs www.idx.co.id. Langkah2 mendapatkan laporan ICMD melalui IDX adalah sebagai berikut. 

Pertama. Buka situs www.idx.co.id

Kedua. Pada menu Home, silahkan klik Perusahaan Tercatat --> Profil Perusahaan Tercatat (lihat gambar dibawah yang saya beri lingkaran).


Ketiga. Cari kode perusahaan yang Anda inginkan. Pada contoh diatas saya ketik kode saham ACES (PT Ace Hardware Indonesia Tbk). Kemudian klik --> Cari. 

Keempat. Akan muncul nama perusahaan yang Anda cari (lihat gambar yang saya beri tanda lingkaran merah. Silahkan klik perusahaan tersebut (Ace Hardware Indonesia Tbk).


Kelima. Setelah Anda klik perusahaan yang Anda cari, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah. 


Keenam. Klik Perfomance Profile untuk mendapatkan laporan ICMD. Maka, akan muncul laporan ICMD seperti gambar dibawah.


Berikut adalah tampilan halaman pertama ICMD. Bagaimana cara membaca laporan ICMD? Silahkan baca pos: Laporan ICMD untuk Investor Saham (belum terbit.. coming soon).

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.