Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Peluang Profit di Saham Sektor Pulp & Paper

Pergerakan harga saham di sektor pulp & paper biasanya cenderung mengikuti tren harga Kraft Pulp global. Di Indonesia, INKP dan TKIM adalah perusahaan kertas yang paling besar (yang go public).


Di pos ini, kita akan bahas peluang profit di saham-saham sektor pulp & paper. Untuk saham-saham di sektor kertas, berikut adalah daftarnya: 

Namun kalau anda ingin fokus ke saham-saham yang bagus di sektor ini, maka anda bisa fokus ke INKP dan TKIM saja. Karena selain keduanya adalah market leader, INKP dan TKIM adalah saham di sektor kertas yang paling likuid, sehingga lebih responsif terhadap sentimen market. 


Bisa anda lihat pada kedua grafik diatas. Grafik diatas adalah grafik Kraft Pulp global dan dibawah adalah grafik saham INKP.

Perhatikan, pada saat tren harga pulp mengalami kenaikan, selalu diikuti dengan kenaikan tren harga saham INKP. Pada bulan Juni-September 2023 saham INKP berada dalam tren naik yang kuat, salah satunya karena sentimen kenaikan harga pulp saat itu. 

Demikian sebaliknya. Penurunan tren harga kertas secara signifikan (Oktober-Desember 2023), membuat saham-saham di sektor pulp berbalik arah menjadi bearish. 

Dalam praktikknya, pergerakan saham-saham pulp memang tidak hanya dipengaruhi oleh harga kertas global. Permintaan, sentimen nilai tukar dolar (beberapa perusahaan kertas menggunakan mata uang dolar), recovery ekonomi negara tujuan ekspor akan sangat mempengaruhi pergerakan harga sahamnya juga. 

Jadi, penurunan saham-saham di sektor pulp sejak Oktober-Desember 2023 yang anda lihat di grafik, bukan hanya disebabkan karena penurunan harga Pulp, tetapi karena memang ada penurunan kinerja dan sentimen negatif recovery ekonomi di China (merupakan salah satu tujuan eskpor kertas terbesar).

Namun, ada anomali yang cukup menarik. Sejak awal 2024, harga kertas global sebenarnya  sudah recovery. Bisa anda lihat pada tanda lingkaran hijau pada grafik pertama diatas. 

Harga kertas sekarang juga jauh lebih tinggi dibandingkan harga kertas di bulan Juni 2023, dan sudah hampir sama dengan harga puncak tertinggi pulp pada Oktober 2023. 

Tetapi tren kenaikan harga kertas tidak diikuti dengan pembalikan arah (bullish reversal) pada saham-saham pulp. Lihat perbandingan kedua tanda lingkaran hijau pada tren harga pulp dan pergerakan saham INKP diatas. 

Memang ada sedikit kenaikan saham INKP, tetapi masih belum berjalan sepadan dengan kenaikan tren kertas. 

Ini artinya, saham-saham di sektor pulp masih bergerak laggard (tertinggal). Selain itu, ada kemungkinan pelaku pasar wait and see untuk melihat kinerja kuartal 1 / 2024, karena penurunan tren INKP belakangan ini sebenarnya sudah price in dengan penurunan kinerja saham-saham pulp di tahun 2023 lalu. 

Tetapi dengan recovery tren harga kertas yang sudah hampir mencapai titik tertingginya selama 1 tahun, dan belum diikuti dengan kenaikan saham-saham di sektor kertas, justru ini adalah PELUANG YANG SANGAT MENARIK. 

Karena tren pergerakan saham-saham kertas biasanya selalu mengikuti tren pergerakan harga kertas global. Perlu diingat juga, tahun 2024 sektor kertas akan diuntungkan dengan adanya harga kertas yang lebih tinggi, dan dolar yang kuat. 

Jadi, pemulihan kinerja (laporan keuangan) berpeluang besar untuk mengangkat harga sahamnya, mengingat harga saham INKP dan TKIM sekarang masih tertinggal (laggard).

VALUASI SAHAM-SAHAM SEKTOR KERTAS

Nah, sekarang kita akan masuk ke valuasi saham-saham di sektor kertas. INKP dan TKIM memiliki valuasi yang sangat menarik dengan PER dan PBV yang masih murah. 
  • INKP. PER: 7,1x dan PBV: 0,51x.
  • TKIM. PER: 7,74x dan PBV: 0,59x.
Valuasi historis INKP dan TKIM 3 tahun (klik gambar untuk memperbesar)

Data historis valuasinya juga menarik, di mana TKIM maupun INKP sudah relatif beradadi valuasi terendahnya. Jadi peluang harga saham untuk naik masih terbuka lebar. 

ANALISA TEKNIKAL 

INKP

INKP masih menguji tren MA200. Sempat menembus sedikit diatas MA200 ke 9.100 tetapi kembali turun. Artinya, tren bullish belum terbentuk.

Support INKP di harga 8.300-8.500. Sedangkan resisten akan menguji kembali resisten 9.100, kemudian jika berhasil breakout 9.100 ada potensi menuju ke 9.500, 9.700 dan 10.000 sebagai resisten psikologis.

TKIM

TKIM belum berhasil melewati MA200 di harga 7.100, sehingga support terdekatnya di harga 6.650-6.850. Harga 6.650 adalah MA60-nya (garis biru). 

Resisten TKIM terdekat di harga 7.100-7.300. Jika berhasil menembus MA200 di kisaran 7.100-7.300, TKIM berpotensi menuju resisten kuat di area 7.600-7.800, dan resisten 8.300. 

Saat pos ini ditulis, harga saham INKP adalah 8.550 dan TKIM adalah 6.900 (tanggal 16 Maret 2024). Tetapi untuk kedua saham ini, "mainnya" agak panjang, karena kita menunggu laporan keuangan kuartal 1 2024 untuk saham ini bisa kembali bergerak dalam tren naik. Selain itu pergerakan harganya juga cenderung lambat kalau untuk jangka pendek. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.