Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Memilih Saham untuk Trading Cepat

El Heze

Ketika anda ingin memutuskan untuk trading cepat (beli jual saham di hari yang sama, atau keep saham hanya untuk 1-2 hari), maka trader disarankan untuk memilih saham-saham yang PERGERAKANNYA CEPAT. 


Pergerakan cepat artinya pergerakan saham tersebut memiliki fluktuatif harga yang cepat, tidak diam di tempat atau hanya naik turun 1-3 fraksi harga. Karena dalam trading cepat / harian, anda harus take profit saham dalam time frame yang singkat. 

Saham-saham yang fluktuatifnya lambat, tidak cocok untuk trading cepat, karena anda akan kesulitan untuk take profit saham tersebut dalam waktu singkat apabila pergerakan harga sahamnya hanya diam di tempat. 

Jadi untuk trading cepat, selain menganalisa indikator, analisis teknikal, anda juga harus melihat kecepatan pergerakan fluktuatif saham-saham di bursa. 

Yap, intinya pilihlah saham-saham yang pergerakannya cepat, supaya anda juga bisa meraih profit dalam time frame yang singkat. 

Lalu, bagaimana cara melihat saham-saham yang punya pergerakan cepat? Salah satu cara paling bagus adalah dengan melakukan analisa TAPE READING alias menganalisa PERGERAKAN BID OFFER suatu saham. Pelajari juga: Tape Reading Saham untuk Trading Harian.

Sederhananya, dengan tape reading anda bisa melihat kecepatan perubahan harga antrian bid offer. Dari situ, anda bisa melihat apakah saham tersebut memiliki fluktuatif yang cepat, atau hanya diam di tempat. 

Anda bisa mendalami lebih banyak full praktik cara-cara memilih saham bagus untuk trading cepat, beserta analisa-analisanya langsung disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Dalam praktikknya, seringkali kita menemukan saham-saham dengan analisa teknikal yang bagus. Misalnya, indikator MACD sudah bergerak keatas disertai munculnya histogram positif. Atau saham tersebut mantul dari support trendline-nya. 

Akan tetapi, karena pergerakan harga sahamnya sideways dan hanya bergerak naik turun pada 1-2 fraksi harga saja, maka saham-saham seperti ini sangat tidak cocok untuk trading cepat / intraday. 

Maka dari itu, untuk anda yang ingin trading cepat, selain melihat analisa-analisa teknikal, selalu perhatikan kecepatan pergerakan / perubahan harga saham pada saat jam market. 

Saham yang bergerak atau berubah dengan cepat, dan bukan saham yang turun terus secara berkepanjangan, adalah ciri-ciri saham yang bagus untuk trading cepat. Logika simpelnya, saham-saham yang pergerakannya cepat berarti saham tersebut memang diminati oleh pelaku pasar, sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk trading cepat.

Contohnya? Anda bisa lihat saham INKP berikut:  


Tape Reading Saham INKP

INKP adalah salah satu saham yang pergerakan bid offernya cepat. Dari harga 9.500 kemudian satu-dua hari sudah naik sampai 9.800, kemudian sering bergerak cepat pada range harga 10.200-10.700.

Secara teknikal, juga terlihat pola candle yang beraturan dengan tren yang naik.  Saham yang bergerak cepat, berarti memang saham tersebut banyak DIPERDAGANGKAN. Inilah contoh saham yang bagus untuk momentum intraday trading. 

PERGERAKAN SAHAM TIDAK SELAMANYA AKAN SAMA 

Tetapi perlu anda ingat juga, pergerakan saham tidak selamanya akan sama. Ada saham yang dulunya tidak banyak bergerak. Namun, sekarang sahamnya menjadi lebih likuid. 

Sebaliknya, banyak saham yang dulunya sangat bagus untuk intraday karena pergerakannya cepat, tetapi sekarang sahamnya tidak banyak bergerak lagi. 

INKP adalah contoh saham yang dulunya hanya bergerak naik turun di kisaran 7.000 tanpa banyak perubahan harga. Tetapi setelah sahamnya uptrend, dan lebih banyak pergerakan, harga sahamnya lebih fluktuatif. 

Jadi dalam intraday trading, jangan hanya bergantung pada saham yang sama secara terus-menerus. Hal ini karena fluktuatif dan tingkat atraktif suatu saham bisa berubah dari waktu ke waktu. 

Sebagai trader, anda harus menganalisa juga perubahan harga saham. Kalau saham anda dulunya sangat fluktuatif, sekarang lebih banyak diam di tempat, sebaiknya anda mencari saham lain yang lebih atraktif pergerakannya. 

CARA MELIHAT SAHAM-SAHAM YANG PERGERAKANNYA CEPAT

Melihat saham mana yang bergerak cepat, anda disarankan untuk meluangkan waktu untuk memantau pergerakan pasar saham secara real time, yaitu dengan melihat kecepatan fluktuatif harga sahamnya melalui order book (bid offer) saat market live. Contohnya seperti yang penulis terapkan sendiri:


Saya biasanya memantau beberapa saham seperti diatas, untuk melihat kecepatan perubahan harganya melalui bid offer. Anda bisa melakukan screening saham-saham berdasarkan saham LQ45 atau saham-saham di sektor yang sedang ramai / kinerjanya cenderung bagus. 

Yap, dari sinilah anda nantinya bisa menganalisa dan memilah saham-saham yang banyak diperdagangkan (pergerakannya cepat) dan saham-saham yang pergerakannya lambat, sehingga seharusnya tidak digunakan untuk trading cepat.

Para trader yang ingin mendalami cara-cara meraih profit dari trading cepat, dan tips-tips memilih saham untuk trading, anda bisa pelajari full praktikknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.