Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Keterbukaan Informasi Perusahaan Publik di IDX

El Heze

Kalau anda sedang melakukan analisis fundamental untuk melihat kinerja (track record) perusahaan, maka anda membutuhkan data-data yang valid. Data valid yang saya maksud adalah sumber informasi yang berasal langsung dari manajemen perusahaan. 


Karena dalam praktikknya, kita sering sekali menemukan berita-berita yang sifatnya hanya untuk pom-pom saham tertentu, dengan informasi-informasi yang tidak valid, sehingga informasi tersebut menjadi misleading. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perusahaan, anda harus mendapatkan sumbernya secara langsung. Anda tidak disarankan menganalisa saham hanya dengan modal membaca news. 

Selain laporan keuangan yang bisa anda jadikan sebagai sumber informasi untuk menganalisa perusahaan, anda disarankan untuk rajin membaca KETERBUKAAN INFORMASI PERUSAHAAN. 

Yap, anda bisa mencarinya langsung pada situs Idx.co.id. Berikut langkah-langkah mencari keterbukaan informasi perusahaan publik di IDX: 

1. Buka situs Idx.co.id 

2. Masuk ke bagian Berita --> Pengumuman


3. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut

 

Disinilah anda bisa melihat keterbukaan informasi perusahaan. Disini anda bukan hanya melihat laporan keuangan yang di publish oleh perusahaan. Akan tetapi, setiap adanya informasi atau fakta material, misalnya perusahaan menambah atau merubah lini bisnisnya, maka semuanya akan disampaikan dan dokumennya diupload melalui situs ini. 

Jadi, kalau ada perusahaan yang sedang booming dengan berita-berita tertentu, maka anda disarankan untuk menelaah secara langsung kebenaran berita-berita yang ada melalui keterbukaan informasi secara langsung. Anda bisa langsung menuju ke website resmi IDX.    

4. Mencari keterbukaan informasi emiten tertentu 


Namun pada situs keterbukaan informasi idx, biasanya menampilkan seluruh informasi perusahaan. Jadi setiap kali perusahaan meng-upload dokumen keterbukaan informasi, maka semuanya akan muncul disitu. 

Jadi, kalau anda ingin mencari keterbukaan informasi perusahaan tertentu secara spesifik, mungkin agak susah. Tetapi, anda bisa langsung mencarinya dengan cara ketikkan kode saham perusahaan yang ingin anda cari informasinya. 

Misalnya, perhatikan pada gambar diatas (yang saya beri tanda lingkaran hijau). Sebaga contoh, saya ingin mencari keterbukaan informasi perusahaan Indah Kiat Pulp. Maka saya  ketikkan kode sahamnya yaitu INKP. 

Maka akan muncul seluruh keterbukaan informasi yang dipublish oleh INKP. Disinilah anda bisa membaca dengan lebih detail setiap keterbukaan informasi perusahaan. 

Itulah cara mencari keterbukaan informasi perusahaan publik melalui situs IDX. Keterbukaan informasi ini berasal dari perusahaan langsung. 

Jadi dengan membaca keterbukaan informasi, anda bisa meminimalkan misleading dalam menganalisa suatu perusahaan. Karena saat ini media sering menulis berita-berita yang clickbait mengenai informasi perusahaan, hanya dengan tujuan agar banyak dibaca atau bahkan hanya untuk pom-pom saham tersebut.

Sebagai investor saham, anda bukan hanya membaca laporan keuangan. Namun rajin-rajinlah membaca keterbukaan informasi publik. Salam profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.