Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Waktu Terbaik untuk Screening Saham

El Heze

Screening saham merupakan tugas  pertama yang harus dilakukan trader saham, sebelum anda membeli saham. Keputusan anda untuk membeli saham ditentukan dari hasil screening saham yang sudah anda lakukan sebelumnya.  


Salah satu kesalahan terbesar trader saham adalah melewatkan proses screening saham sebelum trading, sehingga trading yang dilakukan tidak terarah dengan baik. 

Screening saham ibarat panduan anda dalam menemukan kompas trading yang benar. Di bursa saham Indonesia, ada banyak saham dan tidak semuanya bagus. Apalagi dengan banyaknya saham-saham pendatang baru yang IPO di bursa, mayoritas saham2 IPO tersebut adalah saham-saham yang pergerakannya sangat berisiko. 

Pelajari juga cara-cara screening saham bagus disini: Full Praktik Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Namun, kapan sebaiknya anda melakukan screening saham? Kapan waktu terbaik untuk melakukan screening saham? Ada beberapa versi trader yang disarankan untuk melakukan screening saham ideal: 

- Pagi hari sebelum market buka
- Closing market 

Terutama untuk trader yang ingin mencari saham-saham yang Open = Low, maka trader umumnya melakukan screening saham sebelum market buka. 

Beberapa trader suka melakukan screening saat closing market, karena harga saham sudah tidak berubah-ubah lagi, sehingga lebih mudah untuk menganalisa candlestick pattern yang terbentuk. 

Untuk para scalper, beberapa dari mereka juga melakukan screening saham pada saat live trade, karena para scalper ingin mencari saham-saham yang sedang ramai di running trade. Hal ini hanya bisa dilakukan pada saat jam bursa sedang berjalan.

WAKTU TERBAIK UNTUK SCREENING SAHAM 

Dengan banyaknya versi waktu terbaik untuk screening saham, hal ini sering membingungkan para trader. Banyak trader yang bingung sebaiknya kapan waktu terbaik untuk melakukan screening saham? 

Well, dalam praktikknya kita tidak bisa menggunakan rumus yang terlalu spesifik dalam menjawab pertanyaan ini, karena di pasar saham ada banyak case, dan semua trader memiliki kepentingan masing-masing. 

Maka dari itu, waktu screening saham terbaik memang harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda masing-masing sebagai trader saham. 

Tetapi di pos ini, mari saya berikan bocorannya. Idealnya, waktu screening saham terbaik itu dilakukan SETELAH MARKET TUTUP (after closing market), atau saat JAM ISTIRAHAT BURSA. 

Hal ini mungkin tidak terlalu berlaku untuk para scalper, karena scalper aktif mencari saham-saham yang ramai di running trade, which is itu hanya bisa dilakukan secara live trade. 

Namun untuk kebanyakan trader pada umumnya, screening paling ideal memang dianjurkan setelah closing market, atau setidaknya ketika jam istirahat bursa. Pasar saham buka mulai pukul 09.00-16.15. Maka dari itu, kalau anda ingin melakukan screening saham, anda bisa melakukan diluar jam tersebut.   

Karena pada jam di mana perdagangan bursa berhenti atau istirahat, pola-pola candle, chart tidak berubah-ubah, sehingga anda bisa menganalisa lebih objektif. 

Screening saham ketika market tutup atau istirahat juga memberikan anda lebih banyak waktu untuk berpikir dan menganalisa. Kemudian, saat market buka, barulah anda bisa mengambil keputusan berdasarkan saham-saham yang sudah anda pilih untuk dibeli. 

Sedangkan kalau anda melakukan screening tepat saat jam market buka, biasanya pikiran trader akan rentan kacau. Maksudnya kacau disini adalah anda harus memilih saham-saham untuk trading. 

Di satu sisi, anda juga mengamati pergerakan saham-saham di market. Akhirnya anda tidak bisa konsentrasi, karena anda melakukan double job tersebut. 

Jadi dianjurkan lakukan screening saham sebelum market buka (saat market tutup), di mana screening saham itu sendiri bertujuan supaya anda memiliki STOCK PICK pribadi untuk dipilih trading pada saat jam bursa buka. 

Dengan cara ini, anda bisa lebih fokus, sehingga saat jam trading anda tidak usah pilih-pilih saham satu per satu lagi, karena sudah anda lakukan sebelum market buka. 

"Apakah boleh melakukan screening saham ketika jam trading sedang berjalan?" 

Boleh saja. Namun anda harus memastikan kalau anda tetap bisa fokus. Kalau anda melakukan screening saham saat jam trading, dan hasilnya anda selalu salah memilih saham karena anda tidak fokus dan tergoda dengan fluktuatif, sebaiknya anda harus merubah pola waktu screening saham anda. 

At least kalau anda ingin trading, anda dianjurkan untuk sudah memiliki saham-saham pilihan pribadi yang mau ditradingkan menjelang jam bursa.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.