Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Software Saham Gratis untuk Analisa Chart

Jika anda trading saham, maka anda membutuhkan software atau aplikasi untuk analisis teknikal (chart). Salah satu kegunaan utama software saham adalah untuk melakukan analisa teknikal, yaitu analisa grafik. Analisa teknikal merupakan alat analisa utama trader saham, karena analisa chart digunakan untuk memilih saham-saham yang bagus buat trading jangka pendek.


Software saham yang seringkali digunakan biasanya adalah software saham bawaan dari sekuritas, seperti Mirae, Danareksa, Sucor, Stockbit dan lain-lain. 

Namun, mungkin tidak semua dari anda nyaman dengan tampilan software bawaan sekuritas. Dan tidak semua orang memiliki akun saham, karena mungkin anda masih dalam tahap belajar teknikal, sehingga anda belum berniat membuka akun trading di sekuritas. 

Tetapi buat anda yang belum sempat membuka software saham di sekuritas, dan tetap ingin belajar analisis teknikal, jangan khawatir. Anda masih tetap bisa menggunakan software analisa teknikal. 

Yap, ada beberapa tool software atau aplikasi saham gratis untuk analisis teknikal. Pada pos ini, saya akan membahas dua software saham gratis yang bisa anda gunakan untuk menganalisa chart, tanpa harus membayar atau membuka akun ke sekuritas terlebih dahulu. 

1. Investing 

Pada google playstore di handphone, anda bisa download aplikasinya. Namun anda bisa membuka situsnya langsung, yang bisa anda buka disini: Id.Investing.com. Seperti ini tampilannya:


Chart diatas, tampilan candlenya sudah saya ubah menjadi tampilan candlestick. Dan anda juga bisa menambahkan indikator-indikator lengkap seperti Moving Average, Stochastic, RSI, Bollinger Bands dan lain-lain: 


Anda juga bisa menambahkan garis horizontal untuk analisa support resisten, trendline, maupun analisa Fibonacci. Jadi Investing ini adalah software atau tool analisa teknikal yang sangat lengkap. 

Menu-menu untuk analisa mirip dengan software-software sekuritas pada umumnya. Yang membedakan adalah, kalau pada software gratis Investing ini, anda tidak bisa melakukan beli jual saham, dan anda tidak bisa melihat bid offer dan running trade market. 

Yang bisa anda lakukan hanyalah melakukan analisa teknikal, seperti analisa tren, candlestick, pattern, support resisten. 

2. Trading View  

Selain Investing, anda bisa memanfaatkan fasilitas software gratis Trading View. Anda bisa buka langsung situs analisa teknikal Trading View disini: Trading View Chart. Berikut adalah tampilan grafik pada menu Trading View: 


Perlu anda ketahui, tampilan Trading View ini sebenarnya mirip dengan Investing. Jadi anda bisa pilih salah satu saja. Banyak software online trading sekuritas yang mengadopsi tampilan Trading View. 

Jadi jangan heran kalau anda membuka akun di sekuritas tertentu, tampilan chart dan menu-menunya mirip dengan menu Trading View. Sama seperti Investing, Trading Vew juga menyajikan menu-menu untuk analisa teknikal seperti tampilan indikator, analisa support resisten, trendline, candle, Fibonacci dan lain-lain. 

Tampilan Trading View maupun Investing sangat ringan, sehingga mudah untuk dibuka dan digunakan. Seluruh menu untuk analisa teknikal pada kedua software ini sudah sangat lengkap, dan bisa mewakili kebutuhan trader pemula untuk mendalami analisa teknikal lebih banyak. 

Buat anda yang ingin mendalami cara membaca indikator, menganalisa time frame grafik, analisa support resisten, trendline, chart pattern menggunakan software gratis, anda bisa manfaatkan Investing dan Trading View tersebut. 

Anda bisa dapatkan full praktik analisa teknikal, untuk mendalami lebih banyak cara-cara melakukan analisa teknikal untuk memilih saham-saham bagus buat trading disini: Buku Saham.

Itulah kedua software saham gratis  yang bisa anda manfaatkan untuk analisa chart secara lengkap. Semoga bermanfaat. Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.