Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Trading Cepat Saham

El Heze

Di pasar saham, banyak trader saham yang mengincar profit untuk jangka pendek (short term). Tidak sedikit trader saham yang mengincar profit dengan time frame beli jual di hari yang sama atau dibawah 1 minggu (dibawah 5 hari bursa) saja. Itulah yang dinamakan dengan strategi intraday trading. 


Apakah anda termasuk salah satu trader yang mengincar profit jangka pendek di market? Trading cepat pada umumnya bisa dilakukan dengan dua strategi memilih saham. 

Pertama, dengan cara memilih saham-saham high risk, yaitu saham gorengan. Alasan para intraday trader memilih saham-saham gorengan adalah karena saham-saham gorengan memiliki potensi untuk naik tinggi dalam jangka waktu pendek. 

Fluktuatif yang tinggi pada saham-saham gorengan inilah yang sering dimanfaatkan oleh para trader untuk mencetak keuntungan singkat di pasar saham. Namun risiko saham-saham gorengan cukup besar, karena saham gorengan mudah terkena Auto Reject Bawah, dan patternya yang tidak stabil. 

Kedua, dengan memilih saham-saham low risk, yaitu saham-saham likuid. Pemilihan saham-saham likuid bisa diambil dari saham-saham LQ45, Kompas 100 atau saham-saham likuid lainnya yaitu saham-saham yang geraknya stabil. 

Dengan tingkat volatilitas lebih stabil, trader bisa memanfaatkan profit harian 1-3%, tetapi risikonya juga lebih terbatas. Saham-saham yang likuid, pattern-nya lebih mudah dibaca, sehingga anda bisa mentradingkan saham-saham yang sama secara berulang, dan bisa mencetak profit intraday secara berulang

Untuk para trader yang ingin mendalami analisa intraday trading plus full praktik intraday trading, untuk short term anda bisa perdalam lebih banyak Ebook Intraday & One Day Trading Saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Pada pos sebelumnya yang bisa anda baca disini: Cara Profit Trading Harian Saham, saya memaparkan intraday trading yang saya terapkan sendiri pada saham PWON. 

Saat itu, penulis membeli saham PWON pada tanggal 6 Januari di harga 442 dan sell PWON pada harga 454. Namun, setelah penulis menjual PWON, saham PWON kembali koreksi ke harga support-nya.

Hal ini membuat penulis memutuskan untuk mentradingkan kembali saham PWON untuk short term pada tangal 18 Januari, karena saya melihat PWON mengalami fluktuatif pendek di range harga berulang, tetapi pergerakannya sangat likuid. 

Penulis menerapkan strategi intraday trading. Berikut adalah rincian transaksi intraday trading pada saham PWON kedua kalinya: 

Profit intraday trading saham

*Catatan: Pos ini bukan bermaksud untuk mengajak atau merekomendasikan membeli saham tertentu. Pos ini berisi sharing contoh penerapan intraday trading riil di market, untuk saham-saham yang likuid. 

Pada tanggal 18 Januari, penulis membeli kembali saham PWON di harga 442 karena PWON balik ke support kuat 440-444 saat itu. Yap, penulis membeli PWON ini pada jam 09:01, jadi tepat saat market buka.

Penulis yakin bahwa saham PWON ada potensi naik, jadi penulis langsung haka saat opening market pada harga 442. Kemudian pada tanggal 20 Januari, penulis merealisasikan profit dengan menjual PWON di harga 454. 

Profit yang didapatkan dari intraday trading adalah sebesar 2,14% (sudah dikurangi dengan fee trading). Jangka waktu trading: 2 hari trading. 

Jadi di dalam intraday trading, anda tidak harus mengincar saham-saham gorengan. Anda bisa mengincar saham-saham likuid dengan mentargetkan profit 1-3% dalam range 1-3 harian. 

Anda juga bisa memilih atau memasukkan watchlist saham-saham spesifik pilihan anda, yang menurut anda bisa ditradingkan secara berulang jika saham tersebut sudah kembali ke harga support-nya lagi. 

Strategi intraday dengan memilih saham-saham yang risikonya rendah, akan meminimalkan potensi cut loss dalam trading cepat, karena dalam trading cepat risiko terbesar adalah risiko cut loss. 

Semakin sering anda trading, risiko cut loss, risiko nyangkut akan semakin besar juga, sehingga dalam trading harian, diperlukan pemilihan saham yang tepat, serta momentum trading yang pas.

Untuk anda yang ingin mendalami strategi-strategi lebih banyak mengenai praktik langsung memilih saham-saham yang berpotensi naik untuk trading cepat, anda bisa perdalam disini: Cara Profit Trading Harian Saham Pemula - Expert.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.