Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham PGAS

El Heze

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) adalah salah satu perusahaan go public BUMN, yang dapat dikategorikan sebagai saham blue chip, dengan likuiditas saham yang tinggi. Perusahaan Gas Negara atau biasa disingkat PGN adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang distribusi dan transmisi gas bumi. 


PGN berperan dalam pemenuhan gas bumi domestik.  Menariknya, PGAS adalah satu-satunya perusahaan distribusi gas terbesar di Indonesia, sehingga PGAS dapat dikatakan sebagai pasar monopoli di sektornya. 

PGAS mendistribusikan kebutuhan gas untuk industri (pabrik), rumah tangga dan proyek-proyek lain. Perusahaan Gas Negara adalah perusahaan go public, sehingga sebagai masyarakat anda memiliki kesempatan untuk membeli saham perusahaan gas negara (PGAS). 

Lalu, bagaimana cara membeli saham perusahaan gas negara? Berikut adalah panduan cara membeli saham PGAS: 

1.  Membuka akun rekening efek di sekuritas 

Langkah pertama membeli saham, adalah membuka rekening efek di sekuritas, karena seluruh aktivitas beli jual saham, dilakukan melalui software online trading dari sekuritas.

Anda bisa mempelajari langsung step by step cara membuka rekening efek di sekuritas, maupun panduan membuka rekening efek secara online pada free ebook berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula

Anda bisa langsung panduan membuka rekening saham dan belajar saham pemula pada free ebook Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Login pada software trading --> pilih menu BUY 

Untuk membeli saham, anda bisa memilih menu BUY. Disini saya menggunakan contoh software online trading SPOT (Sucor Sekuritas). Berikut tampilan menu Buy pada SPOT:


3. Ketikkan kode saham, isi jumlah lot dan harga beli

Setelah anda ketik menu BUY pada software online trading, akan muncul tampilan ORDER BUY seperti pada tampilan berikut:  

Cara Beli Saham PGAS

Perhatikan nomor 1. Untuk membeli saham Perusahaan Gas Negara, ketikkan kode sahamnya, yaitu "PGAS". Setelah itu, akan muncul tampilan order book, yaitu harga antrian beli dan jual saham PGAS seperti berikut: 


Bid adalah harga permintaan beli dan offer adalah harga penawaran jual. Anda harus memahami cara membaca bid dan offer, karena bid dan offer dalam order book berguna agar anda tidak salah memasukkan order beli. Anda bisa baca cara baca bid offer disini: 
Perhatikan nomor 2. Anda bisa memasukkan harga beli (Price) yang anda inginkan. Misalnya anda ingin membeli saham PGAS pada harga 1.400, maka masukkan harga beli pada kolom Price tersebut. 

Perhatikan nomor 3. Masukkan juga Quantity alias jumlah lot yang ingin anda beli. Misalnya anda ingin membeli saham PGAS pada harga 1.400 sebanyak 10 lot. Anda tinggal ketikkan jumlah lot-nya. 

1 lot setara 100 lembar saham. Jadi jika anda membeli saham PGAS pada harga 1.400 sebanyak 10 lot, maka modal anda yang butuhkan adalah sebesar Rp1.400.000 (1.400 x 10 lot x 100 lembar saham). 

Sebelum membeli saham, anda harus sesuaikan dengan modal yang anda miliki masing-masing. 

Perhatikan nomor 4. Setelah memasukkan harga beli dan jumlah lot, anda bisa klik BUY. Dengan demikian, anda sudah dinyatakan memiliki saham PGAS. 

4. Analisis grafik saham PGAS (Analisis teknikal) 

Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis terlebih dahulu. Jika anda trader saham, perlu untuk melakukan analisis teknikal sebelum membeli saham. 

Analisa teknikal dilakukan menggunakan analisis grafik. Tujuannya adalah untuk melihat momentum beli dan jual yang tepat. Perhatikan grafik saham PGAS berikut: 


Karena tujuan anda membeli saham adalah untuk mendapatkan profit, maka anda harus melakukan analisa sebelum membeli saham, karena tidak setiap saat momentum saham bagus untuk trading.

Anda bisa perdalam lebih banyak mengenai full praktik analisis teknikal, dan cara-cara membeli saham bagus disini: Ebook Full Praktik Trading Saham Pemula - Expert. 

Itulah panduan cara membeli saham PGAS. Cara ini juga berlaku jika anda ingin membeli saham-saham yang lain. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.