Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Apa itu Rally Saham?

El Heze

Kalau anda membaca berita dan ulasan-ulasan market & saham, anda pasti tidak asing dengan istilah RALLY. Misalnya ada kalimat seperti ini: "Saham TLKM berpotensi melanjutkan rally jika berhasil breakout dari area 4.600". Lalu, apa yang dimaksud dengan rally saham?


Apa makna rally dalam trading saham? Apakah jika suatu saham mengalami rally, berarti sahamnya layak untuk dibeli? 

RALLY SAHAM 

Rally saham adalah kenaikan harga saham pada periode tertentu SECARA BERKELANJUTAN. Ingat kata kuncinya: "Secara berkelanjutan. 

Artinya, rally terjadi ketika saham melanjutkan kenaikan harga dari tren NAIK yang sudah terbentuk sebelumnya, sehingga harga saham berada dalam tren naik yang kuat. 

Jadi kalau ada suatu saham yang harganya naik belasan persen, tetapi tren yang terbentuk sebelumnya adalah tren turun, maka saham tersebut bukan dikategorikan sebagai saham yang sedang rally. 

Ada beberapa ciri suatu saham bisa dikatakan rally, yaitu: 
  • Ada tren naik yang terbentuk sebelumnya (bukan saham strong downtrend) 
  • Harga saham melanjutkan kenaikan harga sebelumnya (rally) 
  • Rally diikuti dengan breakout suatu saham (harga saham menembus resisten tertentu dan melanjutkan kenaikan)
Berikut adalah contoh rally yang terbentuk pada grafik saham: 

Rally Saham

Perhatikan chart saham UNTR diatas. Itulah contoh rally dalam saham. Ada tren naik yang terbentuk sebelumnya. Kemudian di dalam tren naik, saham UNTR kembali melanjutkan kenaikannya, sehingga tren naik yang terbentuk semakin kuat. 

Dengan kata lain, rally adalah kelanjutan tren naik untuk "mempertegas" tren naik atau kenaikan harga yang sudah terbentuk sebelumnya. 

Pada chart UNTR, anda bisa lihat tulisan-tulisan "RALLY". Setelah terbentuk tren naik, saham UNTR breakout lagi dan melanjutkan kenaikan harga saham. 

Itulah arti rally saham dan contoh rally di dalam grafik. Rally bukan hanya diterapkan untuk saham-saham spesifik. Namun kondisi rally juga bisa terjadi pada IHSG. Hal ini terjadi ketika IHSG sedang mengalami uptrend. 

Jadi kalau anda membaca berita-berita saham dan menemukan istilah rally, kini anda tidak bingung lagi dengan arti rally.  

STRATEGI TRADING PADA SAHAM RALLY 

Jika suatu saham sedang rally, kemungkinan besar saham tersebut sedang atau akan bergerak dalam tren naik. Karena tren rally berarti kenaikan harga saham "mempertegas" kenaikan yang sudah terbentuk sebelumnya. 

Untuk trader yang ingin membeli saham yang sedang rally, anda bisa perhatikan beberapa strategi trading berikut:

1. Terapkan strategi buy on breakout 

Anda bisa menerapkan strategi buy on breakout pada saham yang rally, karena saham-saham yang ada potensi rally biasanya menguji resisten-resisten terdekatnya. 

Apabila harga saham berhasil breakout dari resisten, maka harga saham ad potensi melanjutkan penguatan (rally). Seperti pada contoh saham UNTR diatas, di mana ketika saham UNTR berhasil menembus resisten, maka terjadi rally. 

Bagaimana praktik strategi buy on breakout untuk mencari saham-saham yang berpotensi rally? Anda bisa perdalam contoh strategi buy on breakout disini: Strategi Trading Saham: Buy On Breakout. 

2. Perhatikan volume 

Mengejar saham rally, artinya anda mengejar saham yang harganya sedang naik. Membeli saham naik juga ada risikonya, yaitu risiko harga saham turun sewaktu-waktu, karena aksi profit taking. 

Oleh karena itu, ketika anda membeli saham yang sedang rally, sebaiknya didukung dengan volume yang tinggi / kenaikan volume dibandingkan tren sebelumnya. 

Kenaikan harga saham didukung dengan kenaikan volume menunjukkan peningkatan tekanan bullish di market, atau peningkatan minat market, sehingga rally yang terbentuk akan lebih meyakinkan. 

Anda bisa pelajari hubungan volume dengan harga saham pada pos berikut: Arti Volume dalam Saham - Hubungan Volume dan Harga Saham. 

Salam Profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.